window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir

Yongki Sanjaya · 13 Mei, 2020 16:00

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 01


Jakarta - Toyota Alphard dan Toyota Vellfire kembali mendapat sentuhan baru di awal tahun 2020 ini. Toyota menyematkan sejumlah fitur baru dari sisi keselamatan dan entertainment.
Kedua MPV premium ini didukung Toyota Safety Sense yang menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi yang makin lengkap seperti PCS, LDA, DRCC dan AHB. Sementara untuk kenyamanan lebih, keduanya kini juga didukung oleh fitur entertainment yang dilengkapi layar yang lebih lebar.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alphard pertama kali secara resmi dipasarkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) di Indonesia pada tahun 2008. Pada tahun 2015, Toyota melakukan penyegaran menyeluruh pada Alphard, Vellfire dan merilis Toyota Alphard HEV (Hybrid Electrified Vehicle) yang menambah jajaran line-up MPV Luxury ini.

New Alphard dan New Vellfire kini mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi. Radar akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan. fitur Pre-Collision System (PCS) ini secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga resiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Masih seputar fitur keselamatan, Alphard dan Vellfire didukung fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Radar akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. 

Oleh sistem komputer, kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan. Mobil bisa melakukan pengereman secara otomatis jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 01

“Faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama. Toyota secara terus menerus melakukan improvement agar pelanggan tidak hanya merasakan kemewahan tapi juga perlindungan keselamatan yang makin optimal. Di awal tahun ini, kami memulainya dengan melakukan penyegaran pada Toyota Alphard dan Vellfire,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Deretan Fitur Keselamatan Terbaru di Toyota Alphard dan Toyota Vellfire

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 02

Berikut ini beberapa update fitur keselamatan lainnya yang tersedia di Toyota Alphard dan Vellfire:

  • Fitur Lane Departure Alert (LDA) akan sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan akibat keluar jalur. Secara otomatis fitur ini akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.
  • Fitur Automatic High Beam (AHB) sangat membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh. Lampu akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS) akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah.
  • Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS). Semula ICS hanya menggunakan 6 titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang.

Fitur ICS akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Fitur Kenyamanan Mewah di Toyota Alphard dan Vellfire 

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 03

Toyota melakukan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE). Jika sebelumnya AHU menggunakan layar monitor dengan lebar 8 inchi, kini menggunakan layar 9 inchi untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV. Sementara itu, varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inchi. 

Sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inchi, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inchi.

Makin canggih lagi, terdapat fitur Inside Rear View Mirror. New Toyota Alphard dan New Vellfire kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya yang menggunakan teknologi Full Digital Mirror.

Makin Istimewa, Toyota Alphard Kini Didukung Fitur Keselamatan Mutakhir 04

Meski masuk di segmen yang sama, Alphard dan Vellfire memiliki karakter yang sangat berbeda. Alphard tampil dengan desain dengan nuansa mewah, anggun dan formal. 
Vellfire menonjolkan modern, dan high tech dengan kesan berani dan sporty.

Segmentasinya ditujukan kepada kalangan pengusaha atau selebriti yang tidak terlalu terikat dengan desain formal namun butuh kemewahan MPV. 

"Berbagai improvement ini kami hadirkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan yang lebih tinggi," kata Anton.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil