Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli

Samuel Tito · 5 Sep, 2020 18:00

Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli 01

Kebutuhan mobil premium di era modern tidak hanya didominasi oleh sedan. Untuk menampung jumlah penumpang yang lebih banyak dan kabin yang lebih lega, pabrikan mobil tersebut kemudian merilis MPV premium di kelas sedan saloon. Toyota salah satunya, raksasa otomotif asal Jepang itu, untuk pasar Indonesia telah merilis Toyota Alphard dan Vellfire. Keduanya dihadirkan dengan beberapa perbedaan sesuai segmen penggunanya.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire. Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard dan tidak beda jauh dengan Vellfire 2019.

Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja. Toyota Alphard dan Vellfire punya karakter yang berbeda meski menempati segmen yang sama. Toyota Alphard memiliki desain dengan nuansa yang lebih formal dan dinamis bagi penyelenggara negara. Sedangkan Vellfire menghadirkan kesan cool, modern dan high-tech dengan kesan yang berani.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Para pebisnis melihat MPV boxy mampu memenuhi kebutuhan mobile office. Mobil seperti ini memadukan kenyamanan dan berbagai fitur pendukung. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk melanjutkan pekerjaannya dengan santai saat berpergian.

Toyota Alphard dan Vellfire, adalah MPV yang menyediakan segala hal yang diinginkan konsumen kelas atas. Seperti, kenyamanan kabin dengan berbagai fitur yang sangat memanjakan penumpangnya. Sebagai gambaran saja, Toyota Vellfire mengisi segmen yang sejajar dengan tipe menengah di Toyota Alphard.

Selain dari desain eksterior, fitur yang terdapat pada Toyota Vellfire secara umum tidak jauh berbeda dengan Alphard. Toyota Alphard generasi ketiga memiliki ciri gril besar yang mirip dengan Crown. Kedua MPV andalan Toyota ini berbagi platform yang sama, berukuran lebih panjang 60 mm dan lebih lebar 20 mm dari generasi sebelumnya.

Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli 01

Spesifikasi Toyota Alphard vs Vellfire

Toyota Indonesia sebenarnya telah membuktikan dirinya sukses bermain di segmen MPV premium tersebut, tentu dengan produknya, Toyota Alphard dan Vellfire. Kendaraan berbadan besar itu awalnya hanya diproduksi untuk memenuhi pasar domestik Jepang. Namun seiring berjalannya waktu, Alphard dan Vellfire juga dijual ke berbagai negara Asia lainnya.

Toyota Vellfire pertama kali muncul pada tahun 2008 dengan menonjolkan desain karakter yang berani. Sebelumnya, Toyota Vellfire adalah bagian varian tertinggi dari keluarga Toyota Alphard. Tapi, sekarang dipisahkan untuk menarik segmen konsumen yang berbeda.

Vellfire didesain dengan stylist dan sentuhan hi-tech. Secara desain dan konseptual, Vellfire dirancang untuk kalangan atas yang memilih MPV boxy dan sporti. Dengan karakter agresif dan tanpa meninggalkan nuansa kemewahan. Kosmetik eksterior Aerokit pada bagian belakang dan side moulding pada bagian samping memberikan tampilan yang 'sporty'.

MPV Premium Toyota ini memiliki dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm dan jarak sumbu roda 300 cm serta Ground Clearance 16 cm. Desain Toyota Vellfire disebut-sebut mirip dengan Toyota Alphard, hal itu dikarenakan keduanya menggunakan satu platform yang sama. Namun terdapat perbedaan terutama pada bagian depan yaitu pada bagian headlamp, gril, fog lamp dan pada bagian bumper.

Toyota Vellfire menjadi simbol status sosial seseorang. Harganya yang tinggi alias super mahal dengan desain yang eksklusif, tentu membuat orang yang mengendarai Toyota Vellfire ini terlihat kaya dan mewah. Kesan futuristik terlihat dari gril perak dan lampu LED depan yang tersusun vertikal ganda. Perbedaan antara Vellfire dan Alphard terletak pada gril chrome dan metal, mobil ini terlihat sangat premium dengan logo Toyota sebagai sentuhan akhir yang manis.

Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli 02

 

Spesifikasi

Toyota Alphard 2.5 L dan Vellfire

Toyota Alphard 3.5L

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4915 x 1850 x 1895

Jarak sumbu roda (mm)

3000

Isi silinder (cc)

2494

3456

Konfigurasi mesin

AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i (2.500cc)

GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-I (3.500cc)

Konfigurasi Transmisi

7 Tingkat Percepatan Otomatis

8 Tingkat Percepatan Otomatis

Tenaga

180 PS/6,000 Rpm

 

275 PS/6,200 Rpm

Torsi

23.9 Nm/4,100 Rpm       

 

34.7 Nm/ 4,700 Rpm

Interior Mewah Toyota Alphard dan Vellfire

Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli 03

Toyota berupaya menghadirkan fitur interior berkualitas tinggi. Dengan harga mobil yang cukup mahal, desain jok dan kualitas bahan pelapis joknya dibuat dari bahan premium. Kursi kapten siap memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Tampilan interior Vellfire yang mewah juga didukung oleh ambient lighting. Vellfire juga memiliki privasi di bagian kabin yang dilengkapi dengan tirai di kaca belakang

Fasilitas infotainmentnya adalah Digital Dolby, dengan head unit layar lebar yang dikelilingi bezel chrome berwarna hitam sehingga tampilan interiornya lebih elegan. Untuk kapasitas total penumpang, mobil ini mampu menampung sebanyak 7 penumpang. Dengan ruang kaki yang sangat lega dan nyaman di kelasnya.

Lebih kerennya lagi, Toyota Vellfire juga dilengkapi fitur pengisian baterai nirkabel. Kita bisa menggunakannya hanya dengan meletakkan ponsel di dalam tempat pengisian baterai. Secara otomatis baterai ponsel akan terisi.

Menimang Keiritan Bensin Toyota Alphard Sebelum Beli 04

Mesin Toyota Alphard dan Vellfire

Toyota Vellfire hanya dibekali mesin 2.5 GA / T berkapasitas 2.494 cc dengan output tenaga sekitar 178 tenaga kuda dengan nilai torsi 234 nm. Mesinnya sama dengan yang digunakan pada Alphard 2.5 X, 2.5 G. Konsumsi bahan bakar Alphard berkisar 10-12 km / liter dan mampu menempuh jarak minimal 750-900 kilometer dengan kondisi bensin terisi penuh.

Sejak Alphard kini melebarkan segmentasinya, PT Toyota Astra Motor menambah varian 3.5 Q sebagai tipe termahal. Mesin 2GR-FE berkapasitas 3.456cc v6 24 Valve DOHC dengan teknologi dual VVT-i menghasilkan torsi yang cukup besar di putaran bawah membuat Alphard ini responsif.

Mesin 2.5 Liter Toyota Alphard

Mesin berkapasitas 2.5 liter (2.500 cc) dengan mesin seri 2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i. Mesin dengan seri 2AR-FE untuk All New Alphard Indonesia tersedia dalam tipe All New Alphard 2.5 G dan varian tipe All New Alphard 2.5 X.

Dengan mesin 2AR-FE - 2.5 Liter, tenaga maksimum yang dihasilkan 180 ps / 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23,9 Kgm / 4.100 rpm.

Mesin 3,5 Liter Toyota Alphard

Mesin berkapasitas 3.5 liter (3.500 cc) dengan mesin seri 2GR-FE, Tipe V 6 Silinder, 24 Katup, DOHC, Chain Drive dengan Dual VVT-i. Mesin dengan seri 2GR-FE untuk All New Alphard Indonesia tersedia dalam varian tipe All New Alphard 3.5 Q.

Dengan mesin 2GR-FE - 3.5 Liter, tenaga maksimal yang dihasilkan 275 ps / 6.200 rpm dengan torsi maksimal 34,7 Kgm / 4.700 rpm. Khusus untuk All New Alphard 3.5 Q menggunakan penggerak empat roda dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 9,5 kilometer / 1 liter.

Konsumsi Bensin

Toyota Alphard 2.5 Liter

Toyota Alphard 3.5 Liter

Pemakaian BBM di Tol

12 Km/Liter

9,5 Km/Liter

Pemakaian BBM Dalam Kota

10 Km/Liter

8 Km/Liter

Kesimpulan

Toyota Alphard menjelma menjadi salah satu MPV premium yang mengedepankan kenyamanan di jalanan dalam deskripsinya sebagai "mobil para eksekutif". Toyota Alphard didesain sebagai MPV Luxury dengan nuansa formal yang lebih dinamis. Sedangkan Vellfire menghadirkan nuansa yang keren, modern dan berteknologi tinggi.

Toyota Alphard sangat cocok untuk kalangan mapan yang menginginkan kamar kecil yang lebih luas dan eksklusif. Sedangkan Vellfire didesain untuk kalangan mapan yang memilih MPV Luxury yang sporty dengan karakter agresif dan mewah.

Kosmetik aerokit di bagian depan dan belakang yang dipadukan dengan side moulding di bagian samping membuat tampilan menjadi lebih sporty. Alhasil, Toyota Vellfire begitu menggoda anak muda yang sudah sukses membangun bisnis dan ingin tampil beda serta punya pengalaman berkendara yang unik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru