Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama

Yongki Sanjaya · 25 Sep, 2020 18:00

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 01

Alphard dan Vellfire menjadi duo mobil keluarga mewah milik PT Toyota Astra Motor (TAM). Keduanya berada di segmen yang sama dan basis yang sama. Namun sebenarnya baik Alphard dan Vellfire memiliki perbedaan yang cukup mendasar, termasuk kemunculannya di Tanah Air.

Toyota Alphard pertama kali muncul sebagai produk Japan Domestic Market (JDM) pada 2002. Lalu, model ini masuk ke Indonesia pada 2018, dan disusul Vellfire pada 2015. MPV boxy ini hadir diposisikan untuk menggantikan 4 model MPV sekaligus, termasuk di antaranya Granvia dan Regius.

Alphard mengadopsi sasis milik Estima namun dengan dimensi bodi yang lebih besar.Pada saat itu, terdapat 2 pilihan mesin yakni 2.400 cc 4 silinder dan 3.000 cc V6 dengan konfigurasi bangku 2-2-3 dan 2-3-3. Untuk model, ada tipe G yang berarti Grand dan V yang berarti Victory sebagai flagship.

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 02

Sementara Vellfire, baru hadir kemudian pada tahun 2008 bersamaan dengan generasi kedua Alphard. Vellfire awalnya diposisikan sebagai pengganti Alphard tipe V, dengan mengusung konsep power (tenaga) dan inovasi yang menyasar level konsumen mapan tapi lebih muda ketimbang pengguna Alphard.

Membedakan Desain Toyota Alphard dan Vellfire

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 03

Bagi orang awam, membedakan keduanya tidak sulit kok. Alphard memiliki tampak depan yang begitu dominan dengan gril ekstra besar dan futuristis. Sementara Vellfire, menggunakan gril dengan ornamen bilah horizontal yang kokoh dan agresif.

Keduanya hadir dengan perbedaan karakter yang kuat dan identitas individual yang kental. Khusus untuk Alphard lebih menonjolkan kesan elegan dan nyaman dikendarai. Inilah alasan mengapa banyak pejabat negara dan petinggi perusahaan memilih Alphard untuk kendaraan harian. 

Mesin Toyota Alphard Ada Varian Hybrid

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 04

Alphard di Indonesia dilengkapi 2 opsi mesin hybrid selain mesin bensin biasa yang dipakai pada Vellfire. Untuk yang pertama adalah dapur pacu HEV berkode 2AR-FXE berkapasitas 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i.

Unit ini memiliki dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang berlabel Electric – 4WD (E-Four). Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya. Distribusi daya diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

Mesin lain dipakai di model termewah 3.5 Q yakni unit berkode 2GR-FKS mengandalkan mesin 3.456 cc V6 Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 PS pada 6.200 rpm dam torsi 36,8 kgm pada 4.700 rpm. Tenaga disalurkan sepenuhnya ke roda depan via transmisi otomatis 8-speed.

Konsep Toyota Vellfire, MPV Boxy Untuk Public Figure

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 05

Toyota Vellfire ini memang memiliki basis yang sama dengan Toyota Alphard, tetapi Toyota Vellfire memiliki penampilan yang lebih dinamis. Eksterior barunya juga menampilkan kesan mewah dan futuristik yang semakin kental.

Toyota Vellfire memiliki eksterior mewah dan elegan. Mobil ini memiliki desain yang terlihat lebih dinamis dibandingkan Toyota Alphard. Bagian depannya tampak lebih tajam berkat kehadiran dua ventilasi besar beraksen chrome. Itulah mengapa Vellfire lebih dipilih oleh kalangan artis karena desainnya yang stylish.

Interior Mewah Vellfire

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 06

Mengingat statusnya sebagai MPV premium yang dibanderol dengan harga di atas Rp1 miliaran, sudah pasti kita akan mengharapkan interior yang mewah dan nyaman dari Toyota Vellfire. Mobil ini hadir dengan kursi yang cukup lebar dan sangat empuk. Kursinya sendiri memiliki konfigurasi captain seat di baris kedua yang juga sangat nyaman digunakan. Semua kursinya tidak lupa dilapisi bahan kulit mewah berkualitas tinggi.

Interiornya menggunakan nuansa warna hitam untuk menambah kesan sporty. Selain itu, terdapat pula aksen metal pada bagian dashboard dan kursi baris kedua. Aksen metal ini kemudian dipadukan dengan motif kayu gelap yang membuat Toyota Vellfire semakin terlihat mewah dan eksklusif.

Mesin Vellfire Serupa Alphard

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 07

Toyota Vellfire adalah MPV flagship Toyota yang masuk ke pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2008 lalu. Generasi pertama Vellfire mengadopsi mesin serupa Alphard, yakni 2.400 cc 4 silinder dan 3.500 cc V6 bermodalkan teknologi Dual VVT-i, serta opsi transmisi otomatis 6-speed dan CVT. Vellfire HEV menyusul hadir di tahun 2011.

Untuk urusan spesifikasi mesin, Toyota Vellfire menggunakan mesin  2AR-FE, 4-silinder inline, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas mesin 2.494 cc atau setara dengan sekitar 2,5 liter. Mesin ini juga dipakai pada Alphard

Dengan mesinnya itu, Toyota Vellfire diklaim dapat menghasilkan tenaga yang mencapai 180 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi yang mencapai 234 Nm atau setara dengan sekitar 23,9 Kgm pada putaran mesin 4.100 rpm. Tenaga yang dihasilkannya ini kemudian disalurkan ke roda depan dengan sistem transmisi otomatis CVT. 

Kesimpulan 

Perbandingan Toyota Alphard dan Vellfire, Serupa Tapi Tidak Sama 08

Baik Alphard atau Vellfire sebenarnya dibangun dari basis yang sama, namun dengan konsep dan target berbeda. Alphard mengedepankan sisi elegan dan premium sehingga dipilih menjadi kendaraan utama kalangan pejabat tinggi. 

Sementara untuk Toyota Vellfire punya desain modis dan sporty dengan aksen dinamis. Desainnya yang glamor dinilai cocok dengan gaya hidup artis papan atas dan kalangan bersaku tebal yang butuh mobil keluarga dengan fasilitas wah.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru