Nama Besar Toyota, Membuat Toyota Rush Jadi Juara SUV Terlaris di Indonesia 2020

Dhoni · 18 Jan 2021 22:00

Bicara dari sudut pandang manapun, nilai ekonomis masih menjadi bagian penting dalam memilih produk, terlebih dalam pembelian sebuah mobil. Perang teknologi dan harga mewarnai segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang saat ini memang cukup ketat terjadi antar pabrikan besar mobil dari Jepang. Toyota Rush sebagai salah satu wakil Toyota masih terlalu tangguh disaingi dalam penjualannya.

Toyota Rush menjadi SUV terlaris 2020

Bahkan Toyota Rush berhasil menggungguli penjualan dari mobil – mobil yang masuk dalam segmen SUV seperti Daihatsu Terios, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner maupun Honda HR-V.

Penjualan SUV tahun 2020
Merek & tipe Penjualan
Toyota Rush 29.361 unit
Honda HR-V 13.021 unit
Daihatsu Terios 12.361 unit
Toyota Fortuner 11.352 unit
Mitsubishi Pajero 9.344 unit

SUV Terlaris Sepanjang 2020

Untuk periode Januari – Desember 2020, Toyota Rush berhasil memimpin penjualan untuk segmen SUV, bahkan sulit terkejar oleh pesaingnya, termasuk Daihatsu Terios sebagai saudara kembarnya. Ditawarkan dengan harga Rp 249 juta hingga 271 juta, Toyota Rush berhasil terjual sebanyak 29.361 unit mobil.

Toyota Rush ditawarkan seharga Rp 249 juta hingga 271 juta

Toyota Rush hadir dengan pilihan empat varian berbeda, namun masih tetap menggunakan mesin 2NR-VE,DOHC, Dual VVT-i , 4 silinder dengan sistem penggerak roda belakang.

Pesaing terdekat Toyota Rush untuk segmen SUV yang sesuai hasil penjualan sepanjang tahun 2020 (sumber Gaikindo) ditempati oleh Honda HR-V. Dengan penjualan mencapai 13.021 unit, Honda HR-V menjadi tulang punggung kedua setelah Honda Brio untuk penjualan Honda di Indonesia. Dari sektor harga yang ditawarkan, Honda HR-V dibanderol Rp 303 juta hingga Rp 424 juta. Tentu saja harga tersebut lebih tinggi dari Toyota Rush.

Daihatsu Terios usung paltform sama dengan Toyota Rush

Sementara Daihatsu Terios dengan mengusung platform maupun mesin yang sama dengan Toyota Rush tetapi Daihatsu Terios yang lebih murah dengan harga mulai dari Rp 212 juta hingga Rp 266 juta. Untuk penjualan sepanjang tahun 2020, Daihatsu Terios menempati urutan ketiga dengan jumlah 12.361 unit mobil.

Mesin 2NR-VE,DOHC, Dual VVT-i yang juga digunakan pada Daihatsu Terios

Untuk peringkat keempat dalam penjualan mobil pada segmen SUV sepanjang tahun 2020 ditempati oleh Toyota Fortuner. Perbandingan harga yang ditawarkan Toyota Fortuner, yakni Rp 550 juta hingga Rp 710 juta memang tergolong lebih tinggi dari Toyota Rush. Namun dapat dikatakan, Toyota Fortuner memiliki pasar segmen SUV tersendiri dan telah terjual sebanyak 11.352 unit.

Toyota RUsh dapat menampung 7 orang tetapi baris ketiga dianggap kurang nyaman bagi penumpang dewasa

Toyota Rush dengan kapasitas penumpang mencapai 7 orang juga berhasil mengungguli Mitsubishi Pajero. Tercatat Mitsubishi Pajero terjual sebanyak 9.344 unit mobil. Serupa dengan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero juga memiliki pasar SUV tersendiri. Begitu pula dengan urusan harga, perbedaan antara Mitsubishi Pajero dan Toyota Rush cukup jauh.

Keunggulan Toyota Rush

Dengan perbedaan harga yang lebih murah, ternyata tidak berpengaruh pada Toyota Rush. Terbukti dengan Daihatsu Terios yang memiliki banyak kesamaan dengan Toyota Rush tetapi banderol harga lebih ekonomis. Namun tetap belum dapat menyaingi maupun mengalahkan penjualan Toyota Rush untuk sepanjang tahun 2020.

Untuk fitur pada Toyota Rush teranyar telah tersedia meliputi Anti lock Braking System, EBD, Brake Assist, Sensor Parking, Uphill & Downhill Assist control, Vehicle Stability Control System dan rearview camera.

Berbagai fitur jadi andalan Toyota Rush untuk bersaing pada segmen SUV

Namun soal fitur memang bukan faktor penentu keunggulan Toyota Rush sebagai SUV terlaris. Salah satu hal yang menjadikannya unggul adalah citra merek Toyota yang melekat pada tubuh Rush. Nama besar Toyota menjadi salah satu faktor penentu yang menjadikan mobil ini dapat mempertahankan nilai jual kembalinya tetap tinggi. Nilai depresiasi yang kecil membuatnya banyak dibeli orang.

Belum lagi soal layanan purna jual Toyota yang begitu luas, membuat konsumen semakin yakin dalam memboyong mobil ini ke dalam garasi. Tak heran jika Toyota Rush dapat berada pada peringkat ke-5 daftar mobil terlaris di Indonesia tahun 2020.  

Komentar

Mobil Terbaru