window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah?

Yongki Sanjaya · 9 Mar, 2022 13:30

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah? 01

Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander menjadi model low MPV yang paling laris dalam beberapa tahun terakhir. Walau sudah muncul versi FWD, tapi Avanza generasi kedua masih banyak dicari mobil bekasnya. Sebagai alternatif, Mitsubishi Xpander karena masih tergolong muda juga tak kalah laris diburu.

Membandingkan keduanya, ada sedikit perbedaan dari sisi spesifikasi mesin, dimana Toyota Avanza yang paling laris justru memakai mesin 1.300 cc, bukan yang 1.500 cc. Sementara itu, Mitsubishi Xpander hanya tersedia dalam satu tipe mesin 1.500 cc.

Tipe 1.3 G ini cukup banyak dicari karena punya opsi yang paling lengkap, walau kalah dari sisi tenaga. Toyota waktu itu menyediakan opsi transmisi manual dan otomatis. Adapun Mitsubishi Xpander GLS kini menjadi tipe terbawah setelah pihak MMKSI tak lagi menjual tipe GLX. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tipe ini hadir dengan opsi transmisi manual dan otomatis, yang cuma beda di velgnya saja memakai alloy, sedangkan GLX pakai velg kaleng. 

Perbandingan Harga Toyota Avanza 1.3 G vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah? 01

Di pasaran mobil bekas, Toyota Avanza 1.3 G ini cukup mudah ditemukan baik itu versi manual atau otomatis. Untuk tipe 1.3 G matic facelift lampu LED 2020, harganya mulai Rp195.000.000, dan versi manual dijual mulai Rp165.000.000. 

Adapun untuk Xpander GLS ini relatif lebih sulit ditemukan di marketplace untuk keluaran 2020. Kami menemukan harga pasaran untuk Xpander GLS bekas yang dijual yaitu keluaran 2017-2019. Kisaran harga Mitsubishi Xpander GLS bekas 2017-2019 mirip dengan Toyota Avanza 1.3 G 2020, yaitu Rp175 juta sampai Rp185 jutaan. 

Walau lebih tua, tapi Xpander unggul soal tenaga, karena dibekali mesin 1.500 cc. Namun, bagaimana dengan fiturnya? Mari kita bandingkan keduanya. 

Perbandingan Fitur Toyota Avanza 1.3 G vs Mitsubishi Xpander GLS

Bicara soal interior, di sinilah nilai utama kelengkapan Avanza 1.3 G dan Xpander GLS. Untuk harga serendah itu, konsumen dimanjakan fitur yang cukup oke. Memang esensinya standar namun disajikan mewah. 

Adu Fitur Akomodatif Berkendara di Toyota Avanza 1.3 G, Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS?

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah? 02

Ketika diperkenalkan pertama kali pada 2017, Xpander merupakan Low MPV pertama yang sudah mendapatkan fitur tilt & telescopic. Sehingga Anda bisa mendapatkan posisi mengemudi yang sesuai pas untuk Anda. 

Pada bagian setir kemudi, Toyota Avanza di tipe G terdapat tombol fungsional yang dapat mengatur sebagian fitur interior mobil. Pengaturan setir tilt juga telah tersedia untuk menunjang posisi berkendara yang ergonomis. Melihat tampilan interior lainnya yaitu pada bagian konsol tengah mobil Avanza tipe G memiliki glove box. 

Adu Fitur Hiburan di Toyota Avanza 1.3 G vs Mitsubishi Xpander GLS

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah? 03

Untuk sarana hiburan, Toyota Avanza 1.3 G sudah didukung head unit touchscreen dengan konektivitas eksternal, disokong juga audio steering switch. Kemudian, pengaturan AC menganut rangkaian digital walau belum disediakan pengaturan suhu otomatis. 

Xpander tipe GLS juga sudah pakai audio 2DIN dengan Radio, CD, MP3, USB, dan Aux-in serta tersambung dengan 4 speakers. Kontrol audio untuk generasi pre facelift belum dapat diakses dengan tombol di palang kemudinya. Sayangnya belum touchscreen karena head unit tersebut baru tersedia di tipe Ultimate. 

Baik Xpander GLS maupun Avanza 1.3 G terdapat AC double blower mengalirkan udara dingin sampai ke area belakang kabin. Tujuannya agar semua penumpang nyaman hingga baris belakang,

Fitur Keamanan Mitsubishi Xpander GLS dan Toyota Avanza 1.3 G Masih Sederhana

Perbandingan Fitur Kenyamanan di Toyota Avanza 1.3 G 'LED' vs Mitsubishi Xpander GLS Bekas; Harga Mirip, Mana yang Berlimpah? 04

Mitsubishi Xpander GLS karena menjadi tipe bawah masih menggunakan kunci konvensional. Artinya belum keyless entry sehingga masih harus mencolok dan memutar kunci untuk menyalakan mesin. 

Untuk Toyota Avanza 1.3 G sedikit lebih canggih karena kuncinya sudah memakai fitur immobilizer. Artinya, kalau pakai kunci duplikat biasa tanpa sistem immobilizer jelas tidak bisa menyalakan mesin.

Kesimpulan

Dengan kisaran harga bekas yang mirip, kalian dihadapkan pada pilihan yang menurut kami sedikit dilematis. Avanza 1.3 G ini unggul dari sisi usia yang lebih muda dengan penampilan yang fresh karena sudah pakai headlamp LED. Sebaliknya, Xpander GLS bekas ini unggul dari sisi performa mesin karena kapasitasnya lebih besar, dengan style bongsor ala Low SUV.

Untuk kelengkapan fitur keduanya bisa dibilang Avanza lebih baik. Avanza 1.3 G sedikit lebih unggul karena sudah memakai panel ac digital, bukan model knob seperti pada Xpander GLS. Xpander juga harus mengakui keunggulan Avanza karena head unitnya yang sudah memakai layar sentuh. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil