Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut

Yongki Sanjaya · 17 Mar, 2021 18:00

Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut 01

Kalian yang masih awam mungkin bingung saat membedakan antara city car vs hatchback. Sebab keduanya hadir sebagai mobil yang tidak punya trunk alias kompartemen bagasi belakang yang besar seperti sedan. Untuk analogi sederhana, city car ini ialah Toyota Agya 2021 dan hatchback yaitu Yaris.

Baca juga:

Jangan Nanggung, Pilih New Yaris 2020 Tipe TRD CVT Biar Dapat Paket Komplit

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Inilah 6 Kelebihan Toyota Yaris Yang Jarang Diketahui Orang

New Toyota Agya 2021 Bikinan Indonesia Diekspor Hingga Afrika Selatan, Mobil Murah Bisa Laris?

Dari segi ukuran sudah kelihatan bedanya dong, karena hatchback lebih besar. Sebab, memang hatchback ini ialah versi sedan tanpa buntut sehingga lebih ringkas. Soal kenyamanan hampir tidak ada bedanya antara sedan dan hatchback karena masih satu platform. 

Lantas cuma beda ukuran doang? Bagaimana soal mesin, fitur, dan lain sebagainya? Nah, kali ini kita akan coba ulas perbandingan antara city car vs hatchback. 

City Car vs Hatchback, Beda Jenis dan Kapasitas Mesin

Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut 01

Mobil kota atau city car memiliki dapur pacu yang mungil, selaras dengan ukuran bodinya yang minimalis. Sebagai contoh mobil yang masuk ke dalam city car adalah Toyota Agya, yang hanya memiliki kapasitas mesin 1.2 liter. 

Bila dibandingkan dengan segmen mobil hatchback, dari segi mesin pun sudah berbeda dan pasti lebih besar. Misalnya saja Toyota Yaris yang mengusung mesin berkapasitas 1.5 liter. 

Sebab city car ini fungsinya sebagai mobil daily use. Aspek efisiensi bahan bakar jadi fokus utama. Sedangkan hatchback seperti Yaris didukung mesin demi mengejar aspek performa untuk fun to drive. 

City Car Si Mobil Praktis vs Hatchback yang Kaya Fitur

Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut 02

Mobil segmen hatchback biasanya memiliki fitur-fitur terkini layaknya mobil segmen menengah, sebut saja Mazda 2 yang memiliki empat buah sensor parkir lengkap dengan kamera mundur serta  blind spot monitoring system yang biasanya hanya terdapat pada mobil-mobil menengah ke atas.

Sedangkan jika berbicara mengenai fitur pada mobil city car dapat dikatakan cukup terbatas mengingat harganya pun tidak semahal hatchback, namun setidaknya fitur dasar seperti radio dan standar hiburan lainnya tetap tersedia.

New Yaris terdapat fitur New Advance Infotainment System with Smartphone Connection diaplikasikan pada seluruh tipe. Sementara itu Toyota Agya masih mengandalkan fitur seperti New Engine Start Stop Button dan New Touch Screen Head Unit. 

Harga 1 Hatchback Bisa Setara 2 City Car

Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut 03

Memang selisih harga antara city car dan hatchback bisa dibilang cukup jauh. Mari kita ambil contoh seperti Toyota Yaris yang berada di kisaran Rp248.300.000 sampai dengan Rp284.000.000. 

Coba kita bandingkan dengan Toyota Agya yang dijual di angka Rp144.900.000 sampai dengan Rp170.390.000. Artinya, dua unit Toyota Agya sama saja dengan satu unit Toyota Yaris.

Basis Body Berbeda, Hatchback Punya Kabin Lega

Perbedaan City Car vs Hatchback, Toyota Agya 2021 Si Mobil Kota Lawan Toyota Yaris Si Sedan Tanpa Buntut 04

Salah satu hal mendasar yang membedakan city car dengan hatchback adalah dimensinya. Sebenarnya jika dilihat lebih detail, hatchback memiliki kabin yang lebih luang dibandingkan dengan city car yang benar-benar kecil.

Selain itu, kalian perlu tahu kalau hatchback sejatinya memiliki basis bodi seperti sedan namun hanya tidak memiliki buntut. Dalam hal ini Toyota Yaris dibangun dari basis yang sama dengan Toyota Vios.

Nah, itulah perbedaan city car dan hatchback. Jadi jangan salah sangka lagi ya.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru