window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Selain Tenaga yang Menciut, Ini Hal yang Disayangkan dari All New Toyota Vios 2023

Enda · 14 Okt, 2022 08:30

Kekurangan Toyota Vios 2023

Pekan ini pasar otomotif Tanah Air sedang diramaikan dengan kehadiran All New Toyota Vios 2023. Sebagai sedan entry-level yang berhadapan langsung dengan Honda City dan Mazda 2, generasi keempat Vios terlihat lebih memukau dibandingkan dengan model sebelumnya berkat desain yang diterimanya.

Tak hanya desain, mobil ini juga semakin nyaman digunakan berkat fitur baru yang disematkan, serta penggunaan platform baru DNGA-B. Untuk diketahui, struktur rangka yang juga digunakan pada Avanza terbaru ini menjanjikan space atau area kabin lebih luas untuk memberikan keleluasaan bergerak kepada penumpang, serta meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain itu platform ini juga lebih ringan dan ringkas sehingga mampu mengurangi bobot kendaraan yang berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Bermain di segmen small sedan dengan punya banyak keistimewaan, berikut beberapa hal yang cukup disayangkan dari All New Toyota Vios 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: All New Toyota Vios 2023 Pakai Mesin Setara Veloz, Apakah Lebih Baik dari Generasi Sebelumnya?

Pakai Mesin Avanza, Tenaga All New Toyota Vios 2023 Lebih Kecil Dibandingkan Generasi Sebelumnya

 

Kekurangan Toyota Vios 2023

Mesin 2NR-VE

Bagi kalian yang belum tahu, generasi ketiga Toyota Vios yang diluncurkan pada 1 November 2016 dibekali mesin 2NR-FE dengan kubikasi 1.496 cc. Jantung pacu berteknologikan Dual VVT-i 4-silinder segaris 16 valve DOHC nya sanggup meletupkan tenaga hingga 107 PS di 6.000 rpm. Selain itu, mesin yang sama persis digunakan pada Sienta ini mampu menghasilkan torsi sebesar 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Bicara All New Toyota Vios 2023, untuk jantung mekanisnya mobil ini dibenamkan mesin 2NR-VE yang saat ini dipakai oleh Avanza dan juga Xenia. Memiliki kapasitas 1.496 cc dengan teknologi Dual VVT-i 4-silinder segaris 16 valve DOHC, di atas kertas mesin yang digunakan pada Vios generasi keempat mampu memeras tenaga 106 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsinya mencapai 138 Nm di angka 4.200 rpm.

Sedikit menarik kesimpulan, All New Toyota Vios 2023 untuk tenaga lebih rendah 1 PS serta torsi yang menciut 2 Nm dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Meskipun sama-sama memakai kode NR, mesin 2NR-VE tidak dibuat oleh Toyota. Jantung pacu ini diproduksi langsung oleh Daihatsu dengan menggunakan bahan material blok mesin dari karbon steel campuran besi dan baja.

Kekurangan Toyota Vios 2023

Mesin 2NR-FE

Berbeda dengan mesin 2NR-FE, dapur pacu ini diproduksi secara khusus oleh Toyota memakai bahan material yang semuanya dibuat dari alumunium.

Seperti yang kita tahu, aluminium sendiri sangat ringan sehingga sangat efektif untuk membuat beberapa komponen kendaraan. Bahan ini menjadi pilihan berkat sifatnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan logam lain seperti baja dan tembaga.

Sebagai informasi, generasi ketiga Vios produksi tahun 2016 dan Vios 2023 sama-sama dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan Continous Variable Transmissions (CVT) with Sport Sequential Shiftmatic Mode.  Khusus transmisi CVT sendiri telah mengadopsi fitur Eco/Sport Drive Mode dan dilengkapi paddle shift.

Perbandingan Mesin Toyota Vios 2NR-VE dan 2NR-FE
Keterangan 2NR-VE 2NR-FE
Kapasitas 1.496 cc Dual VVT-i DOHC 1.496 cc Dual VVT-i DOHC
Tenaga 106 PS @6.000 rpm 107 PS @6.000 rpm
Torsi 138 Nm @4.200 rpm 140 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT Manual 5-percepatan dan CVT

Baca juga: Sama-sama 1.500 Cc, Harga Toyota Vios 2023 Jadi Paling Mahal Dibanding Honda City dan Mazda 2 Sedan

Jumlah Airbags All New Toyota Vios 2023 Lebih Sedikit

Kekurangan Toyota Vios 2023

Toyota Vios generasi ketiga memiliki 7 airbags

Berbeda dengan generasi ketiga yang dirakit di pabrik kedua PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, untuk model anyarnya Vios 2023 didatangkan secara utuh dari Thailand sebagai negara pembuatnya.

Bicara model facelift generasi ketiga Toyota Vios, sedan kompak ini mendapatkan fitur keselamatan yang terbilang lengkap. Seperti yang bisa kalian temukan didalamnya, model ini telah dilengkapi dengan 7 buah kantung udara, yang mencakup; SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), dan SRS Knee Airbags sebagai tingkat perlindungan utamanya.

Selain itu, ada juga Vehicle Stabilly Control (VSC), Brake Assist (BA), Traction Control (TRAC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Anti Lock Braking System (ABS) dan Smart Stop Technology (SST). Untuk mengecek besarannya tekanan angin pada ban, mobil ini juga tersematkan Tire Pressure Monitor System (TPMS).

Bicara tentang sistem pengereman, pabrikan melengkapinya dengan ABS (Anti Lock Breaking System) di yang dikombinasikan dengan EBD ( Electronic Breaking Distribution dan BA atau (Brake Assist). Ada juga fitur Hill-Start Asisst (HSA) yang dapat mencegah mobil mundur secara seketika disaat berada posisi jalan yang miring.

Kekurangan Toyota Vios 2023

Toyota Vios 2023 dilengkapi fitur TSS

Mengetahui fitur keselamatan pada All New Toyota Vios 2023, mobil ini sudah dilengkapi dengan Brake Assist (BA) serta Electric Parking Brake (EPB). Untuk kantung udaranya, Vios baru lebih sedikit dibanding model sebelumnya yang tercatat hanya memiliki 6 airbags yang tersebar di beberapa bagian, guna memberikan keamanan serta keselamatan lebih terhadap penggunanya ketika mengalami benturan cukup kencang.

Meski memiliki jumlah kantung udara tak sebanyak generasi sebelumnya, Vios 2023 sudah menggunakan rem cakram di semua roda untuk varian teratas. Selain itu juga ada ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabiliy Control (VSC), Traction Control, parking sensor dan rear camera.

Bukan cuma itu, pabrikan juga melengkapinya dengan fitur ADAS yang dinamai Toyota Safety Sense (TSS) berupa; Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffict Alert (RCTA), Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Front Departure Alert (FDA), Auto High Beam (AHB), Adaptive Cruise Control, (ACC) dan Lane Departure Prevention (LDP).

Sebagai tambahan, varian termahalnya didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna mobil ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Baca juga: 5 Hal Menarik All New Toyota Vios 2023, Jadi Sedan Entry-Level Ternyaman di Kelasnya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil