window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik All New Toyota Vios 2023, Jadi Sedan Entry-Level Ternyaman di Kelasnya?

Enda · 13 Okt, 2022 14:30

All New Toyota Vios 2023

Tampil lebih elegan dan powerful mengusung gaya bahasa desain ala fastback, All New Toyota Vios 2023 resmi diluncurkan di Indonesia, Rabu (12/10).

Sebagai generasi keempat Vios yang dikembangkan menggunakan platform baru, sedan entry-level yang didatangkan dari Negeri Gajah Putih tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih lengkap. Untuk variannya sendiri Vios terbaru ditawarkan dalam tiga tipe, yakni 1.5 E MT, 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT.

Mendapatkan ubahan yang radikal, berikut 5 hal menarik seputar All New Toyota Vios 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Beda Mesin dengan Thailand, All New Toyota Vios 2023 Versi Indonesia Diklaim Makin Irit BBM

1. Eksterior Ala Mobil Fastback

All New Toyota Vios 2023

Eksterior All New Toyota Vios 2023

Menganut gaya bahasa desain fastback, All New Toyota Vios 2023 terlihat semakin futuristik, elegant sekaligus powerful. Pada bagian fascia, sedan ini mendapatkan grill trapezoidal dengan garis horizontal yang dibagi menjadi beberapa bilah berukuran besar.

Tepat di bawah bonnetnya yang berotot dan lebar terdapat grill dengan bentuk pipih yang seolah dibuat terhubung dengan kedua lampu utamanya yang telah menganut teknologi LED.

Bagian samping Vios 2023, mobil ini mendapatkan lekukan garis tegas pada pinggang yang ditarik dari lampu depan hingga stoplamp di belakang. Untuk atapnya mobil ini terlihat lebih aerodinamis sekaligus sporty dengan atap yang dibuat turun melandai mulai dari pilar B hingga D nya. Menyoal lingkar roda, mobil ini menggunakan velg berukuran 16 dan 17 inci dengan bentuk atraktif berkat desain yang ditampilkan serta penggunaan warna dual-tone.

Pada desain buritannya Vios 2023 terlihat simpel dan modern dengan sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang. 

2. Interior Menggunakan Material Soft Touch yang Mewah dan Nyaman Digunakan

All New Toyota Vios 2023

Interior All New Toyota Vios 2023

Interior All New Toyota Vios 2023 didominasi dengan penggunaan warna hitam yang terlihat begitu mewah dan nyaman digunakan. Pada dashboard sendiri dibungkus dengan material kulit berbahan soft touch yang juga bisa kalian jumpai pada door trim.

Masih dengan penggunaan bahan soft touch, material ini juga dipakai di panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah khusus untuk tipe G, yang membuatnya terlihat seperti medium sedan. 

Baca juga: Tak Lagi Buatan Indonesia, Ini yang Berubah dari All New Toyota Vios

3. Pakai Platform Avanza, Ruang Kabin Vios 2023 Jadi Lebih Lega

All New Toyota Vios 2023

All New Toyota Vios 2023 gunakan platform DNGA-B

All New Toyota Vios 2023 dibangun menggunakan platform DNGA-B yang juga dipakai di generasi ketiga Avanza. Platform canggih ini menjanjikan space atau area kabin lebih luas untuk memberikan keleluasaan bergerak kepada penumpang dan meningkatkan kenyamanan berkendara, selain ringan dan ringkas.

Di atas kertas, mobil ini memiliki panjang 4.410 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm. Untuk jarak sumbu roda sendiri mencapai 2.620 mm. Dengan platform baru, dibandingkan dengan model sebelumnya generasi keempat Vios lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm. Untuk wheelbase sendiri mempunyai jarak antara sumbu roda depan dan belakang lebih panjang 70 mm.

4. Fitur Unggulan Semakin Lengkap

All New Toyota Vios 2023

Head unit 9 inci dengan smartphone connection

Mengetahui fitur unggulan yang ada didalamnya, untuk semua varian All New Toyota Vios dibekali dengan head unit layar sentuh 9 inci model floating yang mendukung format smartphone connection melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP).

Guna memudahkan pengemudi saat ingin menjalankan fitur yang ada pada sistem hiburannya, pada lingkar kemudi berhasil disematkan switch control steering yang juga tersambung dengan pusat informasi berkendara.

Khusus varian 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT, untuk panel instrumentnya menggunakan layar TFT 7 inci dengan tampilan full digital. Berbeda dengan tipe 1.5 E MT, bentuknya masih menggunakan analog baik tachomoter dan speedometernya, serta MID di tengah.

Selain itu, All New Toyota Vios 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT juga dibekali dengan fitur ECO/Power Mode yang bisa dipilih menyesuaikan keinginan berkendara. Selain itu juga kedua varian ini mendapatkan fitur paddle shift, tilt & telescopic steering, Electric Parking Brake (EPB), auto hold, dan rear parking camera.

Lebih lengkap Vios 1.5 G TSS CVT mendapatkan tambahan air purifier yang berfungsi untuk menyaring udara kotor atau bakteri sebelum udara bersih kembali disalurkan di ke kabin.

5. All New Toyota Vios Dilengkapi Fitur Keselamatan TSS

All New Toyota Vios 2023

Tipe tertinggi All New Toyota Vios 2023 tersematkan fitur TSS

All New Toyota Vios 1.5 E MT menggunakan rem cakram di depan dan tromol di bagian belakang. Sedangkan 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT dipadukan dengan rem cakram di semua roda.

Sebagai bentuk perlindungan, mobil ini dilengkapi struktur bodi yang mampu melindungi penumpang dari efek tabrakan, ABS, EBD, dual airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabiliy Control (VSC), serta parking sensor untuk semua variannya.

Khusus tipe 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT memperoleh tambahan fitur berupa rear camera, blind spot monitoring, serta Rear Cross-Traffict Alert (RCTA). Sebagai tipe paling atas, 1.5 G SS CVT sudah dilengkapi Traction Control yang berfungsi untuk mengatur distribusi tenaga ke roda depan supaya tidak mudah selip sehingga dapat dikendalikan dengan baik.

Selain itu juga ada Brake Assist (BA) dan 6 airbags yang tersebar di beberapa bagian guna memberikan keamanan serta keselamatan lebih terhadap penggunanya ketika mengalami benturan cukup kencang.

Tidak behernti sampai di situ, varian atas All New Toyota Vios 2023 dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS yang terkandung didalamnya terdiri atas 9 fitur safety yang diantaranya; Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), Front Departure Alert (FDA), Auto High Beam (AHB), Adaptive Cruise Control, (ACC) dan Lane Departure Prevention (LDP).

Sebagai informasi, tipe 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna mobil ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

Baca juga: Ada 3 Tipe, Ini Perbedaan Fitur All New Toyota Vios 2023 Pada Setiap Variannya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil