window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Murah Karena Banyak Digunakan Taksi, Ini 5 Hal Menarik Toyota Vios Gen 3

Enda · 19 Okt, 2022 10:30

Toyota Vios gen 3

Dirakit di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, Toyota Vios gen 3 diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2013.

Generasi ketiga Vios untuk pasar Indonesia hadir dengan beberapa tipe, yaitu E, G dan TRD Sportivo. Dijual hingga 2017, untuk harga bekasnya mobil ini kini ditawarkan mulai dari Rp125 jutaan. Juga digunakan sebagai armada taksi dengan nama Toyota Limo, simak 5 hal menarik Toyota Vios gen 3 melalui ulasan berikut.

  • 2018 Toyota VIOS G 1.5

    Rp 195,90 Juta
    Rp 3,54 Juta
    /bulan

    83.000 km

    5 tahun

    Jakarta

  • 2015 Toyota VIOS G 1.5

    Rp 134,80 Juta
    Rp 2,44 Juta
    /bulan

    106.510 km

    8,5 tahun

    Jawa Barat

  • 2015 Toyota VIOS TRD SPORTIVO 1.5

    Rp 160,80 Juta
    Rp 2,91 Juta
    /bulan

    50.489 km

    9 tahun

    Banten

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh!

1. Fitur Lengkap Bisa Bikin Nyaman Penggunanya

Toyota Vios gen 3

Fitur Toyota Vios gen 3 terbilang komplit

Bicara soal fitur, Vios gen 3 terbilang lengkap. Di bagian luar, sedan entry-level ini sudah dilengkapi HID projector dengan auto-leveling dan foglamp untuk sistem pencahayaan utamanya. Sisi samping, pengaturan kaca spionnya sudah dilengkapi fitur retractable yang mana untuk mengatur kacanya dilakukan dari dalam.

Pada sistem hiburannya mobil ini dibekali head unit layar sentuh 7 inci yang terhubung dengan audio switch control steering. Tampilan AC nya, mobil ini mengadopsi tampilan digital dengan dual zone autoclimate. Selain itu juga didalamnya kalian bisa menjumpai adanya fitur seperti; defogger, power window, serta MID (Multi Information Display) pada panel instrumentnya yang dapat memberikan beragam informasi seperti konsumsi bahan bakar, kecepatan serta jarak tempuh. 

Mengenai fitur keselamatan, untuk struktur rangkanya Vios gen 3 menggunakan teknologi GOA (Global Outstanding Assessment) guna memberikan perlindungan lebih terhadap penggunanya ketika mengalami benturan. Selain itu juga mobil ini sudah dilengkapi dengan dual airbags, ABS + EBD, BA (Brake Assist), dan rem cakram di semua roda.

Sebagai bentuk keamanannya, mobil ini berhasil tersematkan immobilizer, engine start/stop serta kayless entry yang memudahkan pengguna saat ingin membuka dan mengunci pintu.

2. Handling Toyota Vios Gen 3 Terasa Stabil

Toyota Vios gen 3

Toyota Vios gen 3 memiliki handling yang stabil

Sebagai pesaing Honda City GM4 di segmen small sedan, Toyota Vios gen 3 memiliki handling yang stabil ketika diajak bermanuver di kecepatan tinggi. Tak hanya itu, berkat racikan suspensi serta dimensi yang pas, gejala body roll juga minim terjadi.

Sebagai informasi, untuk peredam kejutnya mobil ini menggunakan suspensi Independent MacPherson Strut di bagian depan serta Torsion Beam pada roda belakangnya. Oh iya, karakter suspensinya tersebut juga menghasilkan rasa nyaman ketika melewati jalan yang berkontur.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Limo Gen-2, Sedan Murah Penampilan Mewah

3. Keleluasan Kabin Bikin Nyaman Penggunanya

Toyota Vios gen 3

Kabin Toyota Vios gen 3 terasa luas

Dapat menampung 5 orang sekaligus, Toyota Vios gen 3 terasa nyaman digunakan berkat keleluasan kabin yang disuguhkan. Mempunyai kabin yang lebih luas, tentu membuat setiap orang yang berada didalamnya dapat melakukan berbagai macam aktivitas.

Selain memiliki kabin luas, Vios gen 3 untuk jok lebar dengan busa empuk serta memiliki sandaran yang bisa direbahkan menyesuaikan keinginan penggunanya.

Mengenai pengaturan joknya, mobil ini sudah dilengkapi dengan pengaturan sliding, folding dan high adjuster. Guna memberikan kenyaman berkendara, mobil ini hadir dengan arm rest, beberapa laci penyimpanan dan cup holder yang berfungsi untuk menyimpan barang berukruan kecil dan meletakan botol minuman saat melakukan perjalanan.

4. Irit Bahan Bakar

Toyota Vios gen 3

Mesin 1NZ-FE Toyota Vios gen 3

Seperti generasi pertama dan kedua, Toyota Vios gen 3 disematkan mesin bensin berkubikasi 1.497 cc dengan kode mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve. Melihat data pada spesifikasi, jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga hingga 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 141 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Mengenai konsumsi BBM nya, mobil ini terbilang sangat irit sehingga jangan heran apabila beberapa operator taksi ternama menggunakannya sebagai armada operasional. Seperti beberapa pengetesan yang pernah dilakukan, pengunaan dalam kotanya mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 12 km/liter, sedangkan untul pemakaian luar kotanya tembus hingga 18 km/liter.

Selain irit bahan bakar, mesin 1NZ-FE yang dipakai Vios gen 3 memiliki tingkat durabilitas tinggi serta jarang sekali bermasalah selagi sang pemiliki rutin mengganti oli secara teratur.

5. Spare Part Murah dan Melimpah di Pasaran

Toyota Vios gen 3

Suku cadang Toyota Vios gen 3 mudah ditemukan di pasaran

Di pasaran kalian tidak perlu merasa kesusahan ketika hendak mencari suku cadang mobil ini. Pasalnya untuk spare part, Vios gen 3 banyak tersebar di seluruh penjuru nusantara mulai dari yang ori hingga KW 3. Selain mudah dijumpai di pasaran, untuk harga partsnya Vios gen 3 juga lebih murah bila dibandingkan dengan rivalnya seperti Honda City, Chevrolet Lova dan Mazda 2.

Baca juga: Bekasnya Seharga Daihatsu Ayla Baru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen-3

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil