window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spesifikasi dan Harga Toyota Crown Signia 2024, Ketika Crown Berubah Jadi SUV Hybrid

Prasetyo · 22 Mar, 2024 18:03

toyota crown signia 2024

Toyota Crown Signia 2024 yang resmi debut di California, Amerika Serikat (AS) pada November 2023, sepertinya menjadi babak baru bagi "keluarga" Toyota Crown.

Bagaimana tidak, sejak saat itu Crown Signia masuk kategori sebagai line-up SUV dari Toyota Crown.

Padahal hampir 70 tahun dalam sejarah Toyota, Crown selalu terkenal sebagai sedan premium yang menawarkan kenyamanan dan kemewahan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas sanggupkah Toyota Crown Signia 2024 juga menyajikan semua hal itu? Mungkin tumbuh kekhawatiran banyak pihak yang meragukannya.

Tapi Toyota menjanjikan jika model SUV maupun sedan dan Crown, akan disuguhkan dalam satu paket rasa yang serupa.

toyota crown signia 2024

Crown Signia jadi identitas baru SUV Crown

Signia pun dianggap memperlebar opsi kepada masyarakat akan sebuah Toyota Crown yang selama ini telah melegenda, namun memberikan fleksibilitas yang lebih baik dalam balutan pengalaman berkendara kualitas premium.

"Crown Signia mengambil semua atribut luar biasa dari nama besar Toyota Crown dan membentuknya menjadi paket fungsional dan canggih yang akan dipuja penggunanya. Ini adalah entri pertama dari SUV Crossover Crown, an ini menunjukkan bagaimana kami terus meningkatkan desain, kualitas premium, dan efisiensi teknologi hybrid ke arah yang lebih maju," kata David Christ, Vice President Toyota Motors North America Group, melalui keterangan resminya.

Walau sudah diperkenalkan sejak akhir 2023, namun Crown Signia baru masuk ke ruang pamer dealer-dealer resmi Toyota di AS pada Musim Panas 2024.

Lantas seperti apa spesifikasi dan harga Toyota Crown Signia di Negeri Paman Sam itu? Apakah bisa juga masuk ke Indonesia?

Baca juga: Berpotensi Masuk Indonesia, Intip Detail Varian Toyota Crown 2023

Toyota Crown Signia 2024 Punya Tampilan yang Futuristik

toyota croiwn signia 2024

Fascia depannya mirip Toyota Prius terbaru

Kalau bicara model Crown, Toyota tercatat pertama kali menjual mobil ini pada tahun 1955, namun unitnya baru sampai ke pasar AS di tahun 1958.

Meski begitu Crown sukses menjadi mobil Jepang pertama yang mendarat di Amerika.

Sebelum Signia, Toyota AS memasarkan lebih dulu Crown sedan generasi terbaru, dan mobil tersebut juga mencatat sejarah penting lantaran menjadi momen kembalinya Crown setelah 51 tahun vakum.

Nah dibandingkan generasi-generasi Crown sebelumnya, Signia punya tampilan yang jauh berbeda secara desain.

Pertama yakni jelas ia berwujud sebuah SUV bukan lagi sedan, kemudian parasnya juga lebih layak dikategorikan futuristik ketimbang luxury.

toyota crown signia 2024

Tampilan belakangnya

Untuk fascia depan, sedikit banyak mengingatkan kita pada bentuk muka dari Toyota Prius generasi terbaru.

Hal ini mungkin akibat desain lampu LED Daytime Running Light berbentuk C yang posisinya ada dekat kap mesin.

Sementara untuk bagian bemper, bentuk gril dan kisi-kisi udara mobil ini malah mirip Lexus RX hanya saja dibuat lebih ringkas.

Adapun untuk lampu utamanya ada di sisi kiri dan kanan berbentuk persegi namun sudah mengadopsi teknologi LED Projector.

Kemudian kalau kita lihat dari samping, desain mobil ini malah mirip dengan Toyota RAV4 terbaru yang penjualan di AS juga cukup tinggi.

toyota crown signia 2024

Bagian belakangnya malah mirip RAV4

Hanya saja untuk Signia pakai velg berukuran 21 inci untuk tipe teratasnya, dan ukuran 19 inci pada tipe lain.

Dari belakang, kesan mewah dari sebuah Crown juga tidak ditonjolkan terlalu glamour.

Ia tampil layaknya SUV Crossover kebanyakan, dengan lampu rem pipih yang diberi aksen sehingga terlihat menyatu sisi kiri dan kanannya.

Kemudian desain kaca belakang dan pintu bagasi juga cukup moderat.

Mungkin kalau tanpa emblem, tidak ada yang pernah sadar jika mobil ini adalah sebuah Crown.

Dimensi Toyota Crown Signia 2024
Panjang 4.930 mm
Lebar 1.880 mm
Tinggi 1.620 mm
Jarak sumbu roda 2.850 mm

Baca juga: Toyota Crown Sedan 2023 Muncul Perdana, Lebih Menarik daripada Versi Crossover

Kabinnya Tetap Kental Aura Kemewahan

toyota crown signia 2024

Interiornya tetap terlihat mewah dengan penggunaan material premium

Toyota Crown Signia dirakit di Pabrik Tsutsumi di Aichi, Jepang, dan menggunakan platform Toyota New Global Architecture K (TNGA-K) yang juga menopang Crown sedan terbaru.

Selain menawarkan ruang cukup lapang untuk 5 penumpang, platform TNGA-K membantu mencegah intrusi kebisingan ke dalam kabin dengan cara mengurangi getaran melalui kemudi, lantai, dan struktur bodi.

Guna meredam kebisingan lebih maksimal, digunakan pula kaca akustik untuk jendela depan dan samping, peredam pada dasbor, dan penutup mesin yang terbuat dari bahan penyerap akustik.

Seluruh penumpang, begitu juga sopir, disajikan jok yang nyaman dengan desain menyerupai lounge yang dibalut material kulit halus berkualitas tinggi.

Untuk pengaturan posisinya sudah disediakan 8-way electric adjustment di semua kursi, dan khusus jok depan juga dilengkapi pemanas dan ventilasi serta fungsi memori.

toyota crown signia 2024

Ruang penumpang belakang juga lega

Model setirnya masih identik dengan beberapa lingkar kemudi produk-produk terbaru dari Toyota, serta dilengkapi pula sejumlah tombol untuk pengaturan mode berkendara dan kontrol audio.

Pada konsol tengah juga terdapat wireless charger dan 3 port USB Type C, serta ruang penyimpanan yang tertutup namun bisa meletakkan gelas atau barang-barang berharga lainnya.

Di penumpang belakang juga tak kalah nyaman, karena telah disediakan kisi-kisi AC, dua cup holder, 2 port USB Type-C, serta saku di sandaran kursi depan.

Kalau membawa banyak barang, Sigia juga sudah memiliki ruang kargo bagasi yang lapang, itu pun jok baris kedua dapat dilipat 60/40 dengan panel ekstensi supaya menyediakan ruang yang lebih lapang lagi.

Pintu bagasi model Electric Tailgate yang bisa dibuka baik melalui tombol pada sisi pengemudi dan remote atau dengan sensor kaki, kemudian keberadaan atap Panoramic, adalah elemen lain yang menambah kenyamanan di ruang kabin mobil ini.

Baca juga: Toyota Crown 2023 Sudah Mendarat di Thailand, Harga Lebih Mahal dari bZ4X

Fitur Toyota Crown Signia 2024

toyota crown signia 2024

Ada banyak fitur pemnja pengemudi dan penumpang

Sebagai model premium, Toyota tentu saja sudah menjejalkan berbagai perangkat teknologi terbaik di Signia.

Mulai dari hadirnya layar sentuh 12,3 inci di tengah dasbor sebagai monitor infotainment lengkap dengan sistem Toyota Audio Multimedia.

Sistem konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto juga sudah ada, lengkap dnegan pengopasian Siri atau Google Assistant.

Kemudian pada sisi pengemudi juga disediakan Multi Information Display (MID) TFT Digital berukuran 12,3 inci yang bisa memberikan informasi akurat tentang kondisi kendaran sesuai situasi jalan saat itu.

Demi memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, Toyota juga sudah menggunakan teknologi Drive Connect untuk mengoperasikan sejumlah fungsi pada monitor head unit-nya seperti Intelligent Assistant, Cloud Navigation, dan Destination Assist.

toyota crown signia 2024

Ada fitur voice control dengan hanay mengucap "Hai Toyota"

Hal tersebut memungkinkan penumpang atau pengemudi cukup berkata "Hai Toyota" untuk mengaktifkan beberapa fitur seperti menentukan arah navigasi ke satu tujuan tertentu, mencari Tempat Menarik (restoran atau tempat rekreasi), mengubah suhu kabin, dan banyak lagi hanya melalui perintah suara.

Kalau mau mendengarkan audio atau video selama perjalanan juga Toyota telah menyebar 11 speaker premium dari JBL di seluruh ruang kabin mobil ini, termasuk Subwoofer dan Amplifier guan menghasilkan tata suara seperti ruang konser pribadi.

Jangan ragukan juga soal standar keselamatan dan keamanan di Crown Signia.

Sebab Toyota telah mengaplikasikan perangkat Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 di mobil ini dengan bantuan radar dan sejumlah sensor.

Dengan begitu, kendaraan tersebut telah memiliki sederet fitur keselamatan aktif yaitu:

  • Pre-Collision System with Pedestrian Detection
  • Lane Departure Alert with Steering Assist
  • Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control
  • Lane Tracing Assist
  • Road Sign Assist
  • Automatic High Beams
  • Proactive Driving Assist
  • Blind Spot Monitor with Rear Cross-Traffic Alert
  • Safe Exit Assist.
  • Traffic Jam Assist
  • Front-Cross Traffic Alert
  • Lane Change Assist

Tak ketinggalan, mobil ini juga sudah dilindungi oleh 8 Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Anti-lock Braking System (ABS), Smart Stop Technology (SST), dan Panoramic View Monitor.

Baca juga: 5 Mobil Toyota 1990-an di Bawah Rp65 Juta Incaran Anak Muda, Mulai Dari Starlet Sampai Crown

Performa Toyota Crown Signia

toyota crown signia 2024

Tenaga buas tapi tetap hemat BBM

Selain menggunakan platform TNGA-K, kendaraan ini juga telah dilengkapi Toyota Hybrid Electric Vehicle (HEV) with On-Demand All Wheel Drive (AWD).

Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin 2.5-liter DOHC 4 silinder yang digabung dengan dua electric motor.

Mesin tersebut diklaim sanggup menghasilkan tenaga puncak 246 PS, serta kemampuan akselerasi 0-100 km/jam hanya 7,2 detik.

Meskipun cekatan, namun konsumsi BBM Toyota Crown Signia diprediksi akan sangat irit, meskipun pihak pabrikan mengklaim mobil ini mempunyai catatan konsumsi BBM 15,3 km/liter untuk rute jalan kombinasi.

Sayangnya Toyota belum mengungkap lebih detil mengenai spesifikasi teknis mobil ini.

Harga Toyota Crown Signia

toyota- crown signia 2024

Belum resmi dijual

Lantaran saat artikel ini dibuat Signia belum resmi dijual baik untuk pasar AS, maka tidak ada rincian harga resmi dari mobil tersebut.

Tetap, dikutip dari CarandDriver, Crown Signia diperkirakan bakal dilabeli dengan harga mulai dari USD45.000 sampai USD52.000, atau kira-kira setara Rp750 jutaan sampai Rp820 jutaan.

Untuk varianya, Toyota sudah sedikti membocorkan jika Signia hadir dalam tipe XLE, dan tipe Limited sebagai varian tertingginya.

Gimana, layakkah Crown versi SUV ini ditunggu kehadirannya di Indonesia?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia