window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Intip Spesifikasi dan Harga Dodge Hornet 2024, SUV PHEV Sebesar Corolla Cross yang Irit BBM

Prasetyo · 21 Mar, 2024 14:20

spesifikasi dodge hornet phev 2024

Spesifikasi Dodge Hornet mungkin tidak banyak yang mengetahui, lantaran mobil tersebut juga tak dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Padahal Dodge Hornet cukup menjadi perbincangan di kalangan car enthusiast luar negeri, utamanya di Amerika.

Karena boleh dibilang, Hornet merupakan SUV Compact pertama dari Dodge yang menggunakan teknologi plug-in hybrid, namun tetap tidak meninggalkan kekuatan mesin khas dari Dodge.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, meskipun berbagi teknologi dengan Alfa Romeo Tonale, namun Hornet menawarkan harga yang lebih terjangkau, sehingga bisa bersaing dengan SUV Compact pabrikan Jepang maupun Korea.

Hyundai Tucson, KIA Sportage, Mitsubishi Outlander, Mazda CX-5, dan Toyota Corolla Cross, adalah daftar rival dari Hornet.

toyota corolla cross

Rival dari Toyota Corolla Cross Hybrid

Namun pihak Dodge mengklaim, kelebihan dari Hornet adalah mampu menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan disertai dengan kompromi dalam hal konsumsi bahan bakar.

Di Negeri Paman Sam, Hornet dipasarkan oleh Dodge dalam beberapa trim varian dan juga optional untuk aksesoris eksterior dan interiornya.

Adapun harganya ada di kisaran USD42.995 hingga USD47.995, yang kalau dikonversi ke rupiah kira-kira setara dengan Rp 670 jutaan sampai Rp 750 jutaan.

Kalau dibandingkan harga SUV-SUV Jepang yang menjadi rivalnya dan sudah dijual di Indonesia, harga Dodge Hornet ini memang lebih mahal dari Toyota Corolla Cross, serta terpaut Rp2 jutaan dari Mazda CX-5 Kuro Edition AWD.

Meskipun tidak dipasarkan di Indonesia dan APM (Agen Pemegang Merek) dari Dodge juga tak ada, tapi tak ada salahnya kita kupas lebih dalam mengenai seperti apa spesifikasi Dodge Hornet 2024.

Baca juga: Chery TJ-1 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Turbo PHEV Buat Lawan Honda HR-V

SUV Compact dengan Paras yang Agresif

spesifikasi dodge hornet phev 2024

Muka sangar khas mobil Dodge masih dipertahankan

Mengusung nama besar Dodge, ternyata Hornet masih tetap bernuansa muscle car yang selama ini jadi tema desain produk-produk Dodge.

Lihat saja fascia depan mobil ini yang masih pakai lampu utama berbentuk sipit, gril hexagonal hitam dengan aksen dua strip merah, serta air intake di bagian bawahnya.

Tetapi yang unik, Dodge membentuk desain bemper depan Hornet seperti SUV berukuran kompak lainnya, yaitu ada kisi-kisi udara ukuran besar, serta lekukan pada tepi kiri dan kanan yang dihias aksen hitam.

Kita berlanjut ke tampilan samping, mobil ini juga dibentuk layaknya SUV ringkas lainnya.

spesifikasi dodge hornet 2024

Tampilan belakangnya perpaduan SUV Jepang dan Eropa

Desain kaca jendela tidak begitu besar dan mengerucut pada bagian belakang, lantas tarikan garis bodinya juga dibuat moderat, tidak terlalu kaku apalagi berotot.

Sementara untuk menemani roda ukuran 20 inch berbalut ban Michelin Pilot Sport, disematkan juga overfender tipis beraksen Black Gloss.

Adapun pada bagian belakang, desain lampunya masih mengingatkan kita pada bentuk lampu beberapa model Dogde seperti model Charger, hanya saja untuk Hornet dibuat lebih pipih.

Kemudian di area belakang juga terlihat penempatan dua lubang knalpot yang seolah ingin menonjolkan bagaimana kekuatan tenaga dari mobil tersebut.

Interior yang Cocok untuk Keluarga Modern

spesifikasi dodge hornet 2024 interior

Layout dasbornya berorientasi ke pengemudi

Kabin Hornet berukuran sama dengan Alfa Romeo Tonale, yang menyajikan interior lapang untuk pengemudi maupun penumpang depan.

Mobil ini pun juga didesain bagi mereka keluarga modern yang baru memiliki dua anak yang masih balita. 

Desain keseluruhan interiornya cukup driver oriented, dimana konsol tengah dan sistem infotainment sedikit condong ke arah pengemudi dan tuas transmisi posisinya sedikit tinggi. 

Hornet juga menggunakan setir yang sama dengan Alfa Romeo, meski dengan logo Dodge di tengahnya. 

spesifikasi dodge hornet 2024

Ada beberapa opsi material pelapis jok yang berbeda

Semua joknya diberi pelapis kulit hitam dengan jahitan merah, namun pada jok depan sudah dibekali fitur pemanas dan ventilasi.

Pada bagian tengah sudah tersemat juga layar sentuh infotainment berukuran 10,3 inci yang sudah dibekali sistem operasi Uconnect 5, konektifitas Android Auto dan Amazon Alexa, serta tersambung dengan 14 speaker Harman Kardon.

Sementara di sisi pengemudi juga sudah ada meter cluster digital 12,3 inci, yang menampilkan seluruh informasi kendaraan secara lengkap.

Kesan mewah dari kabin mobil ini makin lengkap dengan adanya electric sunroof.

Baca juga: Range Rover Sport 2023 Resmi Rilis di Indonesia, Ada Opsi PHEV Harga Setara 7 Innova Zenix Hybrid

Spesifikasi Dodge Hornet dengan Mesin PHEV

spesifikasi dodge hornet 2024 mesin

Mesin 1.3-liter PHEV

Seperti yang sudah kami singgung di awal tulisan ini, Hornet merupakan mobil Plug-in Hybrid pertama dari Dodge.

Sumber tenaganya berasal dari mesin bensin 1.3-liter 4 silinder Turbocharged yang dikombinasikan dua motor listrik dan baterai berkapasitas 12,0 kWh.

Paket tersebut mampu menghasilkan tenaga gabungan sebesar 292 PS dan torsi 519 Nm, namun tetap hemat bahan bakar.

Dikutip dari CarandDriver, dalam pengujian pada rute kombinasi, Konsumsi BBM Dodge Hornet tercatat sekitar 12 km/liter.

Sementara itu, baterai yang terpasang memungkinkan mobil bisa melaju sejauh 51 km sebelum akhirnya mesin bensin otomatis aktif kembali.

Mobil ini juga memiliki kemampuan pengisian daya regeneratif, namun jika membutuhkan charger, maka baterainya dapat diisi dengan waktu lebih kurang 2,5 jam ke kondisi 80%.

Fitur Keselamatan

spesifikasi dodge hornet 2024 fitur

Sudah dibekali ADAS

Spesifikasi Dodge Hornet 2024 memang bukan cuma jumawa dari segi teknis mesin, namun pihak pabrikan juga mementingkan pula tentang keselamatan seluruh penumpang di dalamnya.

Mobil ini sudah dibekali perangkat Active Driving Assist, yang antara lain terdiri dari Lane Centering Control, Cornering Control, Adaptive Cruise Control, Forward Collision Warning with Full Stop, Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, dan Lane Keep Assist.

Selain itu ada juga 360 Surround View Camera, Traffic Sign Recognition, Intelligent Speed Assist, Drowsy Driver Detection, serta Front Park Sensor.

Baca juga: Toyota Harrier PHEV 2022 Diluncurkan di Jepang, SUV Mewah Bertenaga Buas Tapi Tetap Irit BBM

Spesifikasi Dodge Hornet PHEV 2024
Dimensi
Panjang 4.528 mm
Lebar 1.841 mm
Tinggi 1.600 mm
Jarak sumbu roda 2.636 mm
Jarak ke tanah 155 mm
Ukuran roda 235/40 R20
Kapasitas tangki BBM 42 liter
Mesin
Tipe mesin 1.3L SOHC PHEV
Isi silinder 1.300 cc
Jumlah silinder  4
Daya maksimum 179 PS
Torsi maksimum 270 Nm
Jumlah motor listrik 2
Daya motor listrik 45 PS
  123 PS
Torsi motor listrik 53 Nm
  249 Nm
Kapasitas baterai 12 kWh

Kesimpulan

Setelah kita kupas mengenai spesifikasi Dodge Hornet tadi, meskipun tidak tersedia secara resmi di Indonesia, namun mobil ini memang sanggup menarik perhatian pecinta mobil di luar negeri, khususnya di Amerika.

Sebagai SUV Compact pertama dari Dodge yang mengadopsi teknologi plug-in hybrid tanpa mengorbankan kekuatan mesin khas Dodge, Hornet juga menawarkan harga yang lebih terjangkau untuk bersaing dengan SUV Compact dari pabrikan Jepang dan Korea.

Desain luar Hornet menampilkan estetika yang agresif dengan elemen-elemen khas Dodge, seperti fascia depan yang sporty. 

Desain samping dan belakangnya menunjukkan nuansa SUV kompak dengan sentuhan modern, dilengkapi dengan roda 20 inci dan detail-detail lainnya yang menonjolkan kekuatan mobil.

Interior Hornet menawarkan ruang lapang untuk pengemudi dan penumpang depan, dengan fitur-fitur modern dan kenyamanan yang cocok untuk keluarga modern. 

Sistem infotainment yang canggih, layar sentuh berukuran besar, serta fitur-fitur keselamatan seperti Active Driving Assist, 360 Surround View Camera, dan Intelligent Speed Assist menjadikan Hornet sebagai pilihan menarik bagi mereka yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. 

Sementara itu mesin plug-in hybridnya memberikan kombinasi tenaga yang kuat dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, menjadikannya pilihan menarik di pasar SUV Compact.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia