window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Kehadiran BYD Seal Mencuri Perhatian Sampai Kenyamanan Honda Accord Maestro

Prasetyo · 22 Jan, 2024 10:01

top 5 autofun byd seal

Kehadiran pabrikan China, Build Your Dreams (BYD) rupanya benar-benar menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Apalagi perusahaan otomotif raksasa asal Tiongkok itu langsung memperkenalkan tiga mobil listrik sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan juga BYD Seal dan menegaskan ingin membangun pabrik perakitan di Indonesia

Menariknya, meski bukan lini produk yang diprediksi akan punya harga terjangkau, BYD Seal lebih banyak membetot minat pembaca Autofun Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya, banyak yang berkomentar jika calon pesaing Hyundai Ioniq 6 ini akan menawarkan produk yang lebih value for money, benarkah?

Semua itu memang belum teruji mengingat BYD juga belum resmi membuka jaringan penjualan dan purna jualnya serta seperti apa nanti layanan yang mereka berikan.

Kalau dari sisi produk sudah bagus, dan layanannya juga jempolan, maka bisa jadi pabrikan lain yang sudah lebih dulu menawarkan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) seperti BMW, Chery, Hyundai, Lexus, Neta, Nissan, sampai Wuling perlu menyiapkan strategi untuk melawannya.\

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Honda Stream dan CR-V RD1 yang Masih Menggoda

byd indonesia

Tiga mobil listrik BYD di Indonesia

Karena perlu diketahui, konsumen di Indonesia saat ini sudah jauh lebih maju ketimbang dekade sebelumnya.

Dengan derasnya arus informasi yang merek dapatkan cukup dari ponsel, mereka kini makin dibebaskan memilih produk yang menurut mereka terbaik dan juga memberikan pelayanan yang dianggap paling memuaskan.

Tapi Top 5 artikel Autofun sepekan kemarin bukan cuma tentang BYD, ada juga artikel mengenai ragam pilihan varian Daihatsu Sigra yang sepertinya masih menjadi mobil serba guna paling menarik di Indonesia saat ini.

Sigra memang kini bukan cuma bisa jadi kendaraan keluarga, tapi juga difungsikan alat untuk menunjang penghasilan bagi sejumlah keluarga di Indonesia.

Kita lihat saja begitu banyak taksi online yang menggunakan LCGC 7 penumpang berlogo D ini, serta ada pula beberapa lainnya yang terparkir di pinggir jalan dan dijadikan ajang menjajakan dagangan, baik makanan, minuman, pakaian, sampai mainan.

Tapi kalau mau mobil murah masih nyaman dan kental nuansa retro 90-an, Honda Accord Maestro layak untuk diperhitungkan.

Makin penasaran apa saja Top 5 artikel di Autofun selama pekan lalu? Berikut rincian lebih jelasnya.

1. Adu Spesifikasi BYD Seal Vs Hyundai Ioniq 6, Pemain Baru Bisa Lebih Unggul

byd seal indonesia

Ada 3 varian BYD Seal yang ditawarkan di Indonesia

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 kedatangan pesaing terbarunya asal Negeri Tiongkok, yakni BYD Seal.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, secara penampilan BYD Seal memiliki bentuk yang tak kalah menarik dengan pesaing terdekatnya tersebut.

Untuk pasar Tanah Air BYD Seal ditawarkan dalam tiga varian, yaitu; Dynamic RWD, Premium RWD dan juga Performance AWD.

Bicara Ioniq 6, mobil listrik asal Negeri Ginseng itu di Indonesia hanya memiliki satu varian, yakni All-Wheel Drive (AWD).

Di tipe teratas yakni BYD Seal Performance AWD, sedan empat pintu tersebut berbekal baterai dengan kapasitas 82,56 kWh.

Berdasarkan hasil tes Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP), jarak tempuh mobil listrik ini mencapai 580 kilometer.

Mendukung pengisian daya cepat DC bertegangan 150 kW, serta 11 kW AC (3 phase), dengan memanfaatkan pengisian daya cepat DC untuk mendapatkan kondisi baterai dari 30% hingga 80% memerlukan 26 menit.

Lantas bagaimana dengan Hyundai Ioniq 6? Menurut spesifikasi, mobil ini dibekali baterai berkapasitas 77,4 kWh.

Untuk jarak tempuh yang dihasilkan, pengujian yang dilakukan WLTP mobil ini sanggup berjalan hingga 519 kilometer.  

Tapi saat menggunakan metode pengisian DC ultra fast charging bertegangan 350 kW, untuk lama waktu pengecasan Ioniq 6 hanya butuh 18 menit dari kondisi 10% hingga 80%.

2. Bedah 10 Varian Daihatsu Sigra

daihatsu sigra top 5 autofun

Daihatsu SIgra sudah berubah jadi kendaraan multi guna

Ada beberapa varian Daihatsu Sigra yang disodorkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada para calon konsumennya.

Varian Daihatsu Sigra ini dijabarkan dengan cukup banyak lantaran menyesuaikan selera, kebutuhan, serta kemampuan finansial dari setiap konsumen Daihatsu.

Sedikit kilas balik tentang Sigra, mobil ini berawal dari kemunculan Daihatsu UFC Concept di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Dikembangkan dari platform Daihatsu Ayla, namun Sigra hadir dengan konfigurasi tiga baris jok penumpang.

Mobil ini pun akhirnya mulai dipasarkan secara resmi pada Agustus 2016 dan dirakit di pabrik Daihatsu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, bersama dengan Ayla, Agya, serta kembaran Sigra, Toyota Calya.

Sebagai mobil keluarga termurah di Indonesia, Daihatsu Sigra saat pertama kali hadir ditawarkan dalam varian D, M, X, dan R.

Namun per Januari 2024, berdasarkan data dari situs resmi Daihatsu Indonesia, total ada 10 varian Daihatsu Sigra yang disodorkan kepada konsumen.

Masalah harga Daihatsu Sigra, dimulai dari tipe D yang dibanderol Rp 138 juta.

Sedangkan mobil Daihatsu Sigra termahal adalah tipe R Deluxe yang harganya Rp 181,6 juta.

3. Tenaga Besar Tapi Lebih Irit BBM, Nissan X-Trail T30 Varian 2.5L Lebih Diminati dari 2.0L?

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Kehadiran BYD Seal Mencuri Perhatian Sampai Kenyamanan Honda Accord Maestro 04

nissan x-trail t30 bekas

SUV lawas yang masih tetap menawan

Nissan X-Trail T30 merupakan generasi pertama X-Trail yang dipasarkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di Tanah Air.

Debut mobil ini terjadi di  September 2000 di ajang Paris Motor Show yang kemudian mulai dijual di Jepang pada November 2000, serta selanjutnya masuk ke Indonesia tahun 2001.

Di dalam negeri, SUV asal Jepang ini hadir dengan dua pilihan jantung pacu, yakni mesin bensin berkapasitas 2.5L dan 2.0L.

Saat itu X-trail harus bersaing dengan beberapa kompetitornya sesama Jepang yaitu Suzuki Grand Vitara, Ford Escape, Mazda Tribute, Hyundai Tucson, dan Honda CR-V.

Mesin 2.0L hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan mesin 2.5L hanya tersedia dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Baik Nissan X-Trail T30 varian 2.5L maupun 2.0L yang ditawarkan, diketahui memiliki tingkat durabilitas dan performa yang cukup baik.

Meski demikian, satu dari dua varian mesin yang dijajakan tersebut hanya satu yang cenderung paling sering dilirik.

4. Kelebihan dan Kelemahan Honda Accord Maestro, Mercy E-Class Ala Jepang Era 90-an

honda accord maestro bekas

Sedan premium nyaman dimasanya

Kelebihan dan kekurangan Honda Accord Maestro patut dipahami jika Anda hendak meminang sedan Jepang yang satu ini.

Honda Accord Maestro bekas adalah sedan medium yang sampai saat ini masih banyak peminatnya, terutama mereka yang mau nostalgia ke era 90-an.

Nama Accord sudah sejak lama digunakan sebagai model sedan top of the line Honda di Indonesia.

Salah satu generasi Honda Accord yang kini kembali naik daun yaitu Accord Maestro.

Dengan segala kenyamanan dan kenyamanan terbaik yang jadi kelebihan Honda Accord Maestro, menjadikannya layak disejajarkan dengan Mercedes-Benz E-Class di era 90-an.

Apakah itu berlebihan? Tidak juga kok mengingat E-Class seri W124 punya banyak tipe.

Untuk Accord Maestro ini layak disejajarkan dengan E220 atau 230E, bahkan, Accord Maestro unggul di sisi fitur AC yang telah memakai auto climate seperti mobil keluaran baru.

5. Tunggu Regulasi yang Jelas, Mobil Listrik BYD Akan Diproduksi Sendiri di Indonesia Tanpa Pakai Nikel!

byd atto 3 indonesia

BYD mau bangun pabrik sendiri di Indonesia

Pabrikan otomotif terbesar di China, BYD sudah masuk ke pasar mobil penumpang Tanah Air, namun kini mereka semakin menegaskan bahwa ke depannya mereka juga akan langsung memproduksi mobil listrik BYD sendiri di Indonesia, tanpa bermitra dengan siapapun.

Hal ini ditegaskan langsung oleh Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, saat bertemu dengan Autofun Indonesia dan media dari Indonesia lainnya di kantor pusat BYD, Shenzhen, China.

“Jika peraturan dan regulasinya sesuai, dari sisi BYD, kami memilih untuk memproduksi mobil kami sendiri daripada berkolaborasi bisnis dengan pihak lain di Indonesia. Bahkan kami juga akan membawa rantai supplier kami untuk menjalankan rencana ini,” tegas Liu.

Sebelumnya Liu Xueliang juga sempat mengungkapkan bahwa pihak BYD sudah mendengar bahwa pemerintah Indonesia akan mengimplementasikan kebijakan insentif terkait kendaraan listrik. 

"Kami akan terus memantau implementasinya," tambahnya.

Hal ini tentu saja terkait dengan rencana investasi yang akan dilakukan BYD di Indonesia. 

"Detail tentang rencana investasi saat ini sudah ada di tangan kami. Tapi kami dipastikan, saat detail regulasi dan implementasi dari kebijakan itu diresmikan, kami akan menjadi yang pertama menyambut regulasi insentif tersebut. Kami akan mencoba yang terbaik untuk mengumumkan rencana bisnis kami di Indonesia. Kapan Investasi BYD sangat tergantung dari tingkat kepercayaan pihak pemangku kebijakan," ujar Liu.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil