window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Avanza 2022 atau All New Mitsubishi Xpander yang Lebih Layak Ditunggu?

Prasetyo · 16 Sep, 2021 14:33

Toyota Avanza 2022

Kabar Toyota Avanza 2022 yang akan dibuka selubungnya akhir tahun ini makin kuat. Tentu bukan cuma Anda sebagai calon konsumen yang menanti, para kompetitor pun saling intip. Sebab tak bisa dipungkiri, Sang Raja akan kembali hadir setelah beberapa tahun belakangan dihajar habis-habisan oleh produk pesaing.

Rival terkuat Avanza saat ini adalah Mitsubishi Xpander. Walau datang paling buncit dibanding Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga, tapi LMPV berlambang tiga berlian itu langsung merangsek ke posisi atas. Tawaran desain modern, dipadu kenikmatan berkendara bagi pengemudi dan kenyamanan ruang penumpang belakang, sukses membuat Mitsubishi mengalihkan calon pembeli Avanza.

Toyota Avanza 2022 -1

Diyakini Avanza terbaru lahir dari mobil konsep DN Multisix

Kondisi ini pastinya bikin gerah PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemangku kebijakan diterbitkannya Avanza di Indonesia. Untuk itulah sejumlah racikan anyar sudah dipersiapkan pada Toyota Avanza 2022.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi... PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga sudah siapkan Mitubishi Xpander 2022. Gubahannya pun kami yakin tidak sekedar ganti gril, namun berstatus major facelift.

Baca juga : Ini Bocoran Daftar Varian Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022. Ada Fitur Safety Assist!

Toyota Avanza 2022 Pakai Platform Baru, Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander?

Toyota Avanza 2022 -2

Toyota pakai platform dari Daihatsu

Akhir tahun ini kami prediksi akan jadi keseruan di segmen Low MPV Indonesia. Mengingat dua pabrikan besar sudah begitu kuat digosipkan merilis masing-masing produk gacoannya. Toyota sudah siap dengan Avanza terbaru, begitu juga Mitsubishi yang siapkan Xpander anyar.

Untuk Avanza, Toyota mempersiapkan generasi terbaru ini bukan hanya sekedar perombakan desain bagian luar atau kabinnya. Namun hingga platform, mesin, sampai teknologinya pun banyak yang baru.

Disokong juga oleh Daihatsu, Avanza akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Kalau familiar dengan sebutan ini, Anda tidak salah, sebab inilah platform yang sama dengan Toyota Raize maupun Diahatsu Raize. Karena menggunakan platform baru, maka posisi mengemudi, konstruksi sasis, hingga pengendalian pasti akan terasa beda dibanding Avanza terdahulu.

Mitsubishi Xpander 2022 -1

Desain Xpander juga akan banyak berubah

Lalu bagaimana dengan Mitsubishi Xpander 2022? Aliansi dengan Nissan pun menjadi berkah buat Mitsubishi karena pasti akan ada masukan dari sesama pabrikan Jepang itu dalam proses pengembangan Xpander generasi berikutnya. Jadi rasanya Mitsubishi pun sudah menyiapkan platfrom baru juga untuk Xpander hasil kolaborasi dengan Nissan.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit?

Apa Saja yang Berubah di Eksterior dan Interior?

Lantaran kedua model adalah generasi terbaru maka rasanya akan banyak sekali perubahan yang terjadi. Avanza yang mencomot dari konsep Daihatsu DN Multisix maka diyakini pahatan tubuhnya akan jauh berbeda dibanding yang saat ini beredar. Komposisi antara Rush-Terios generasi kini dan sedikit elemen Raize-Rocky rasanya bakal tertempel di unit tersebut.

Toyota Avanza 2021

Desain Avanza seperti ini akan jauh ditinggalkan

Demikian halnya dengan Mitsubishi Xpander 2022 yang juga akan mengalami banyak rombakan. Parasnya mungkin bikin pangling namun tetap ada bahasa desain Dynamic Shied. Kami prediksi lekukan lampu depan dan bemper depan tak akan jauh berbeda dengan Mitsubishi Airtex yang tempo hari banyak diberitakan.

Lampu di bawah kap mesin rasanya akan disusun bertumpu, bagian atas fungsinya sebagai Daytime Running Light (DRL) sementara di bawahnya sebagai petunjuk saat hendak berbelok (sein). Sementara lampu utamanya tetap dipasang di bemper, namun kemungkinan akan sedikit lebih besar dan terlihat lebih penuh.

Mitsubishi Airtrex 2022

Mitsubishi Airtrex di Cina

Bentuk gril depan juga pasti akan jadi elemen yang didesain ulang. Aksen krom rasanya tetap dipakai namun dengan komposisi black gloss yang akan lebih banyak. Di bagian bawah bemper juga akan ada underguard dengan pewarnaan silver atau hitam dof.

Sementara di belakang lekuk pintu bagasi juga akan sedikit berubah. Bentuk atau kompisisi stoplamp juga akan terlihat berbeda. Demikian pula dengan lekuk bemper belakang yang kami harap pun mendapatkan revisi.

Baca juga : 5 Fakta Toyota Avanza 2022 yang Siap Meluncur Akhir Tahun 2021

Mitsubishi Xpander 2022 Juga Pakai CVT?

Mitsubishi Xpander 2022 -2

Mesin MIVEC 1.5L kemungkinan tetap dipertahankan

Mengingat masing-masing pabrikan sudah menyiapkan platform baru, maka bisa dipastikan hampir seluruh bagian dari kedua mobil didesain baru. Avanza misalnya, Toyota bakal mengusung sistem penggerak roda depan (FWD), meninggalkan sistem RWD yang selama belasan tahun sudah dipakai.

Untuk Xpander terbaru, Mitsubishi mungkin masih merasa sistem poros roda di bagian depan terbukti efektif untuk menggapai sejumlah keuntungan. Antara lain tingkat efisiensi bahan bakar yang baik. Dari segi jantung tenaganya, Mitsubishi Xpander 2022 juga rasanya tetap mempertahankan sistem terdahulu. Yakni mesin MIVEC 1.5-liter 4 silinder DOHC berdaya 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm.

Mitusbishi Xpander 2022 -3

Apakah Xpander juga akan beralih ke CVT?

Yang beda adalah Xpander akan dipasangkan transmisi CVT menggantian gearbox otomatis 4 percepatan sebelumnya. Selain demi alasan modernisasi, CVT juga selama ini terbukti mampu mereduksi konsumsi bahan bakar kendaraan. Karenanya hal serupa juga bakal diterapkan pada Toyota Avanza generasi terbaru.

Avanza Punya TSS, Xpander Tawarkan Varian Hybrid

Terakhir memprediksi soal fitur unggulan dari masing-masing pabrikan. Avanza sudah diyakini bakal dipasang Toyota Safety System (TSS). Karenanya LMPV ini bakal punya fitur yang mirip dengan Toyota Raize 1.0T TSS.

Toyota Raize Daihatsu Rocky

Fitur TSS kemungkinan cuma ada di varian tertinggi

Perangkat keselamatan seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Missoperation Control, Pre Collision System, Front Departure Alert, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring berarti juga akan ada.

Lalu bagaimana dengan di Mitsubishi Xpander terbaru? Sampai saat ini memang belum ada bocoran seperti apa tawaran perangkat cerdas di kendaraan itu. Namun yang pasti, Mitsubishi juga sudah memperhitungkan jadwal rilis Mitsubishi Xpander hybrid. Kemungkinan model bermesin bensin dan motor listirk ini akan tiba di 2023.

Kesimpulan

Toyota Avanza 2022 dan Mitsubishi Xpander 2022 memang sama-sama produk yang kini jadi bahan perbincangan. Sebab masing-masing memang sudah waktunya untuk berganti generasi. Kedua perusahaan pun menjanjikan perubahan yang masif di model barunya nanti.

Siapa yang patut Anda pilih tentu balik lagi pada keputusan pribadi masing-masing. Namun nantinya kita akan melihat juga seperti apa kebijakan banderol dari TAM dan MMKSI. Semoga saja harga Toyota Avanza 2022 dan harga Mitsubishi Xpander 2022 cukup menarik.

Baca juga : Bocoran Baru Toyota Avanza 2022, Siap Hadir Akhir Tahun, Lebih Besar dan Gagah

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil