window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021?

Enda · 21 Okt, 2021 08:50

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 01

Fitur TSS Toyota Avanza 2022

Desas-desus kemunculan Toyota Avanza 2022 semakin santer setelah wujud trim teratasnya (Veloz) tersebar luas di jagat maya tanpa adanya sehelai kamuflase yang menyelimutinya.

Sosok Avanza 2022 sendiri dikabarkan akan diperkenalkan melalui perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD City, Tangerang, mulai dari 12-22 November mendatang.

Mengacu pada data NJKB 2021, Toyota Avanza 2022 ini akan ditawarkan dengan 5 varian, yakni 1.3 E MT, 1.3 E CVT, 1.5 G MT, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS.

Sebagai trim teratas, 1.5 G CVT TSS telah mendapatkan fitur keselamatan Advanced Driving Assistant System (ADAS) yang Toyota sendiri menamainya dengan Toyota Safety Sense (TSS). TSS sendiri merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model high—premium segmen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 01

Toyota Safety Sense

Fitur ini diketahui merupakan sistem yang telah menggabungkan antara standar antarmuka terbaru dan teknologi ini telah menjalankan berbagai algoritma berbasis visi untuk mendukung multimedia yang sifatnya real time. Teknologi ini juga sudah melakukan pemrosesan cerdas dan sudah memiliki subsistem sensor yang canggih.

Secara umum, fitur ini memiliki peranan untuk meningkatkan standar keselamatan dengan adanya bantuan perangkat yang cerdas, sehingga kecelakaan bisa dikurangi dan cedera pada penumpang bisa diminimalisir.

Ingin tahu apa saja fitur keselamatan TSS yang ada di Toyota Avanza 2022? simak terus ulasannya berikut ini.

Baca juga: Ngebet Pengen Inden? Ketahui Dulu Beda Toyota Veloz 2022 dan Generasi Sebelumnya

Toyota Avanza 2022 Mendapatkan Fitur Keselamatan TSS yang Sama Seperti Raize?

Prediksi kami, Toyota Avanza 2022 akan mendapatkan fitur keselamatan TSS yang juga diterima oleh Raize. Dimana mobil ini nantinya mendapat fitur keselamatan TSS berupa Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor serta Pedal Missoperation Control.

1. Pre-Collision System

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 02

Fitur TSS Pre-Collision System (PCS)

Cara kerja Pre-Collision System (PCS) ini mengandalkan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi sehingga dapat melakukan manuver menghindar. Bahkan, di saat genting andai tabrakan tidak mungkin dielakkan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis untuk menghindari kecelakaan.

2. Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) ini merupakan pengembangan dari fitur cruise control. ACC dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya. Memanfaatkan kamera di depan, ACC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan di depan dengan baik, termasuk membaca marka jalan. Apabila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

3. Lane Departure Alert with Steering Control

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 03

Fitur Lane Departure Alert with Steering Control (LDA)

Masih mengandalkan sensor kamera, Lane Departure Alert with Steering Control (LDA) membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning. Untuk selanjutnya memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Di titik kritis, misalnya ketika pengemudi mengalami microsleep dan mobil menjauh dari jalur, LDA akan mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal.

Fitur LDA dan ACC sangat cakap dalam menjaga pengemudi dari risiko kelelahan saat perjalanan jauh atau lama, termasuk potensi celaka akibat teralihnya perhatian. Namun, fitur tersebut tidak membuat pengguna boleh melepaskan tangan dari kemudi dan sistem akan memberikan peringatan bila pengemudi melakukannya. Jangan memaksakan diri untuk mengemudi kalau fisik lelah.

4. Rear Cross Traffic Allert & Blind Spot Monitor

Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM) berfungsi untuk mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat menggunakan sensor radar, untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara melalui konfirmasi visual. Fitur ini bekerja sebagai ‘mata’ tambahan bagi pengemudi di area blind spot atau tidak terlihat untuk menghindari kecelakaan. RCTA efektif bekerja ketika mobil berjalan mundur saat keluar area parkir sementara BSM punya andil saat mobil pindah jalur di jalan raya.

5. Pedal Missoperation Control

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 04

Fitur keselamatan Pedal Missoperation Control (PMC)

Fitur keselamatan Pedal Missoperation Control (PMC) memungkinkan pengaturan fungsi untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan penerapan pedal akselerator atau pedal gas dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang. Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan saat diyakini ada kesalahan dalam menekan pedal gas, terutama ketika pedal gas diinjak habis padahal dideteksi tidak ada kebutuhan untuk itu guna mereduksi potensi kecelakaan serius.

Mengenai fitur keselamatan standar, kemungkinan besar seluruh Toyota Avanza 2022 tipe G dilengkapi dengan fitur berupa rem dengan ABS+EBD, Dual Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. Sedangkan untuk varian Veloz memperoleh 6 Airbags (driver+passanger+side+curtain).

Baca juga: Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Sama-sama Rilis di GIIAS Mana yang Paling Menarik?

Dibandrol Mulai dari Rp362,4-Rp417,2 juta, Fitur Keselamatan Toyota Kijang Innova Terkesan Murahan

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 05

Toyota Kijang Innova mendapatkan Dual + Knee Airbags

Bicara fitur keselamatan yang ada pada Toyota Kijang Innova, mobil ini tersematkan Dual + Knee Airbags, Convenient Rear Camera, Sistem pengereman ABS dan EBD dan Isofix with Tether Anchor. Untuk pengeremannya, roda depan menggunakan ventilated disc dan drum brake pada roda belakangnya.

Oh iya, mobil ini diketahui telah mendapatkan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). VSC merupakan salah satu fitur yang memiliki fungsi penting dalam mendeteksi dan mencegah tergelincirnya mobil pada saat melaju kencang. VSC dapat mencegah roda selip dan hilangnya traksi dengan mengurangi tenaga mesin dan menerapkan gaya pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Toyota Avanza 2022 Dapat Fitur TSS, Bisa Bikin Malu Toyota Kijang Innova 2021? 06

Fitur keselamatan Hill Start Assist (HSA) pada Toyota Kijang Innova

Sementara HSA membantu pengemudi saat start dari posisi diam di jalan menanjak untuk menghindari risiko mobil bergerak turun.

Dibandrol dengan harga yang sudah tak lagi murah, seharusnya TAM bisa memberikan fitur keselamatan lebih lengkap pada Toyota Kijang Innova.

Baca juga: Apa Sih Keuntungan Mempunyai Mobil MPV Seperti Toyota Kijang Innova?

 

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil