Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Sama-sama Rilis di GIIAS Mana yang Paling Menarik?

Prasetyo · 18 Okt, 2021 17:07

Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander Facelift, Sama-sama Rilis di GIIAS Mana yang Paling Menarik? 01

Pekan lalu sepertinya perang kelas LMPV baru sudah dimulai. Meskipun belum resmi dirilis, namun sudah dua produsen ibarat telah saling perang urat syaraf. Awalnya Mitsubishi Xpander facelift lebih dulu yang foto-fotonya bocor karena sedang terlihat di jalanan. Kemudian disusul Toyota Veloz 2022 yang juga kemudian terungkap tanpa sehelai stiker kamufalse sedikit pun.

Antara Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander facelift pun kabarnya sama-sama melantai di ajang GIIAS 2021 12-22 November mendatang. Itu berarti pameran yang dihelat di ICE BSD City, Tangerang akan bakal berubah jadi medan pertempuran untuk menentukan siapa yang paling banyak memikat perhatian pengunjung. Tentu semuanya akan berpedoman pada banyaknya SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang mampu diraup selama berjalannya pameran.

Buat Anda sendiri, mumpung GIIAS masih dihelat kurang dari sebulan lagi, berikut ini akan kami ulas sedikit mengenai perbandingan kedua mobil tersebut. Antara Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander facelift, sebenarnya mana sih yang lebih menarik?

Baca juga : Intip Lebih Dekat Toyota Veloz 2022 Jelang Peluncuran, Mending Ini Apa Rush?

Tampilan Toyota Veloz Terbaru Berubah Total

Toyota Veloz 2022 -1

Bagian muka mirip Raize dan Corolla Cross

Kalau melihat secara fisik, penampilan antara Toyota Veloz 2022 atau Mitsubishi Xpander facelift 2021 jelas jauh berbeda. Mitsubishi harus mengakui kalau Toyota berhasil membuat desain keluarga Avanza ini benar-benar bikin pangling.

Toyota Vleoz 2022 -2

Dari samping mirip Rush dan pakai velg lebar

Jika dilihat, wajahnya mirip Toyota Raize tapi ada sedikit sentuhan Corolla Cross. Ini berkat gril trapezoidal dengan model diamond cut yang terpasang. Lampu utamanya juga lebih pipih dan lebih menyiku serta sepertinya ada tambahan Daytime Running Light (DRL) di bagian bawahnya.

Toyota Veloz 2022 -3

Bagian belakang Veloz 2022

Dari samping Veloz 2022 juga tawarkan banyak ubahan. Ada garis tegas yang menghubungkan lampu depan hingga lampu belakangnya. Pilar D dibuat landai seperti pada Toyota Rush. Dibagian atap ada tambahan roof rail, serta desain velg yang kini diameternya lebih besar (17 inci) dan pakai jumlah baut 5.

Mitsubishi Xpander facelift 2021 -1

Bocoran Xpander facelift

Semenara itu desain Mitsubishi Xpander facelift 2021 masih banyak sentuhan dari model sebelumnya. Mungkin ini karena Xpander hanya melakukan minor change, beda dengan Veloz yang datang sebagai generasi baru (all new).

Mitsubishi Xpander facelift 2021 -2

Dari samping terlihat desain velg yang berbeda

Meski begitu bukan berarti Xpander juga tak ada perubahan. Lihat saja desian gril depannya yang kini lebih banyak pakai aksen hitam. Kemudian bentuk lampu utama dan foglamp juga berbeda dari Xpander sekarang.

Mitsubishi Xpander facelift 2021 -3

Perhatikan bentuk bemper belakang dan lampu stopnya

Baca juga : Begini Ubahan di Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Tambah Keren Apa Biasa Aja?

Hal yang berubah lainnya di Xpander faclift adalah desain velg yang kini terlihat lebih futuristik. Namun sepertinya diameter yang digunakan tetap sama. Lantas di bagian belakang juga akan ada perubahan pada lampu stop serta bemper dan diffuser.

Mana yang Fiturnya Lebih lengkap?

Toyota Veloz 2022 -4

Kabin depan Veloz terbaru

Untuk membandingkan fitur antara Toyota Veloz 2022 dengan Mitsubishi Xpander facelift sebenarnya memang lebih sahih kalau kita mendapatkan informasi resmi dari masing-masing produsen. Tapi karena kedua mobil ini belum dirilis, maka coba kita terka saja apa yang akan ada di Veloz dan Xpander terbaru.

Mitsubishi Xpander Facelift 2021 -4

Kokpit Xpander facelift kemungkinan tidak banyak berubah dari ini

Pada Veloz, Toyota sudah lesakkan teknologi LED untuk lampu depan. Kemudin untuk membuka kunci pintu dari luar juga sudah ada keyless entry. Lantas untuk menghidupkan serta mematikan mesin, juga sudah pakai tombol Start/Stop. Ketiga fitur-fitur ini pun sebenarnya juga sudah lama hadir di Xpander varian teratas. Jadi bukan hal yang spesial bagi Mitsubishi.

Toyota Veloz 2022 -5

Ada monitor tambahan buat penumpang belakang Veloz

Tapi tentu Toyota tak mau cuma andalkan itu saja. Dari foto-foto yang bocor memperlihatkan kalau Veloz akan pakai headunit 9 inci dengan model floating berdiri tegak di atas dasbor. Ini mirip dengan model headunit yang terdapat di Raize. Lantas kalau diperhatikan, ada tombol Electric Parking Brake dan Auto Hold di konsol tengah Veloz 2022. Kedua fitur ini kemungkinan belum ada di Xpander facelift.

Mitsubishi Xpander facelift 2021 -5

Xpander belum Adaptive Cruise Control

Lalu, fitur Toyota Veloz 2022 juga kabarnya akan dilengkapi Adaptive Cruise Control, wireless charger, roof monitor untuk penumpang belakang, sampai LED ambient light di konsol tengah. Fitur-fitur tadi kemungkinan juga belum ada di Xpander facelift.

Baca juga : Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar?

Mesin Setara, Sama-sama Pakai CVT

Toyota Veloz 2022 -6

Veloz pakai platform DNGA

Terakhir kita akan bandingkan dari sisi spesifikasi teknis. Kedua mobil ini juga punya peta kekuatan yang serupa. Kabarnya, Avanza dan Veloz 2022 akan pakai mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1.5-liter dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin itu dianggap cocok karena sistem pengerak pada Avanza juga berubah jadi FWD tidak seperti generasi sebelumnya yang berpenggerak roda belakang (RWD). Selain itu, baik Avanza 2022 atau Velos 2022 akan sama-sama menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mitsubishi Xpander facelift 2021 -6

Xpander juga kabarnya akan pakai CVT

Lalu bagiamana dengan Mitsubishi? Kabarnya Xpander tetap akan pakai mesin sebelumnya yakni MIVEC 1.5-liter 4 silinder DOHC berdaya 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm. Namun kencang beredar kabar, Xpander pun akan berubah menggunakan transmisi CVT untuk varian maticnya. Selain demi alasan modernisasi, CVT dipadukan sistem FWD juga selama ini terbukti mampu mereduksi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Kesimpulan

Antara Toyota Veloz 2022 vs Mitsubishi Xpander facelift memang punya spesifikasi teknis yang mirip. Fitur-fitur yang diusungnya juga hampir serupa meski sepertinya Veloz lebih lengkap. Tapi Toyota coba menawarkan tampilan Veloz yang berubah total dibanding sebelumnya. Mungkin demi membuat populasinya terus meroket karena selama ini sudah cukup sering diganggu Xpander.

Wajar sih mengingat status Toyota Avanza dan Veloz adalah generasi baru sehingga semuanya berubah. Sementara Xpander hanya alami facelift alias minor change.

Baca juga : Mending Booking All New Honda BR-V Sekarang Apa Tunggu Toyota Avanza 2022 Sebentar Lagi?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru