window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Century SUV Debut Global, Rolls-Royce ala Jepang

Prasetyo · 6 Sep, 2023 19:02

Toyota Century SUV 2023

Toyota Century SUV 2024 akhirnya melakukan debut dunia, Rabu (06/09/2023), ini adalah versi SUV dari Toyota Century yang selama ini hanya muncul dalam wujud sedan.

Pihak Toyota menegaskan, jika setiap Century yang diproduksi, akan dibuat khusus sesuai permintaan pelanggannya melalui sistem costumisasi, bahkan hingga detil-detil bodywork maupun interior, yang semuanya akan dikerjakan oleh para pengrajin ahli terpilih.

Toyota Century SUV

Century akhirnya ada versi SUV

Yang lebih menarik lagi, Toyota Century SUV ini bukan hanya datang dengan versi standar, namun ada juga varian GRMN dengan performa mesin lebih buas, hingga tipe convertible.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Toyota Century Akan Hadir Versi SUV, Lebih Mewah dari Land Cruiser

Pakai Basis Lexus RX Terbaru

Berbeda dengan Century sedan yang menggunakan basis serupa Lexus LS, maka untuk versi SUV ini berbagi platform dengan Lexus RX dan Toyota Kluger.

Toyota Century SUV 2024

Dari belakang juga tetap terlihat mewah

Bagian gril dan lampu utama tetap ada garis kesamaan dengan versi sedan, demikian pula ketiadaan logo Toyota di mobil ini yang diganti lambang phoenix.

Karena genrenya SUV, maka Toyota mendesain garis bemper depan yang lebih kekar serta lengkung fender yang dibuat lebih tegas meksi velg berdesain jari-jari yang terlihat elegan tetap dipertahankan.

Karakter yang kuat juga terlihat pada bagian buritan dengan lampu terpisah serta bemper yang kekar, tak lupa dipadu warna kombinasi pada bagian bawah mobil membuat Century SUV sungguh terlihat ekslusif.

Baca juga: 9 Fakta Menarik Toyota C-HR, SUV Canggih yang Hilang Saat Banyak Kompetitor Bermunculan

SUV dengan Pintu Geser

Toyota Century SUV GRMN

Versi GRMN yang dibangun khusus untuk Akio Toyoda

Akses masuk dan keluar penumpang belakang Toyota Century SUV bisa lebih mudah lantaran pintu belakang dibuat model geser elektrik (electric sliding door).

Pada pilar C disematkan juga pegangan tangan, serta kebedaraan tangga elektrik yang akan keluar pada saat pintu terbuka tentu makin mempermudah untuk naik dan turun dari mobil ini.

Pada kabin, Century SUV menyediakan empat tempat duduk untuk penumpang dewasa, dengan jok baris kedua model individual yang dpaat direbahkan sepenuhnya agar penumpang bisa tidur dengan nyaman layaknya di pesawat jet pribadi.

Toyota Century SUV Interior

Jok belakang bisa direbahkan secara individual

Semua kursi di mobil ini sudah dilapis kulit premium, memiliki fitur ventilasi dan pemanas, dan juga pengaturan secara elektrik.

Untuk sistem tata suara, Toyota juga kabarnya telah menggandeng sejumlah ahli manufaktur di bidang alat musik, untuk menciptakan sistem audio yang bisa menyesuaikan dengan kepekaan pendengaran penumpang di mobil tersebut.

Jadi pada saat kondisi di luar sunyi, maka alunan lagu akan terasa lembut, sementara ketika mobil melaju di kecepatan tinggi, atau ada bising dari arah luar kendaraan, maka sistem tata suara ini akan menyesuaikan volume secara otomatis, namun tidak sampai memekakkan telinga penumpang di dalam mobil.

Baca juga: Geely Panda Hadir Lagi dalam Bentuk SUV, Dijual Bulan Depan Mulai Rp104 Jutaan

Spesifikasi Toyota Century SUV 2023

Toyota Century SUV 2023

Berbagi platform dengan Lexus RX terbaru

Tetap menggunakan platform TNGA, namun Toyota meracik ulang sistem rangka di mobil tersebut untuk kekakuan torsional dan juga peningkatan kenyamanan berkendara.

Century ini juga bukan SUV Compact, sebab panjang tubuhnya mencapai 5.205 mm, lebar 1.990 mm, dan tinggi 1.805 mm.

Untuk pintu bagasi belakang bisa dibuka tutup dengan sensor elektrik hingga sudut 75 derajat, kemudian antara ruang penumpang belakang dan kargo dipasang kaca laminasi bening supaya ketika penumpang belakang tertidur di perjalanan, tidak terganggu suara dari arah bagasi belakang.

Toyota Century SUV interior

Pengemudi juga disajikan kenikmatan berkendara

Selain itu terdapat juga mode Rear Comfort dimana sistem komputasi mobil ini bakal mendistribusikan tenaga berkendara dan pengereman sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu penumpang belakang.

Untuk mesinnya sendiri dikabarkan pakai tipe Plug-in hybrid 3.5-liter V6 yang dikombinasikan motor listrik ganda dan transmisi model CVT.

Memakai sistem pengegrak All Wheel Drive, mesin bensinnya diklaim bisa memproduksi daya puncak 262 PS dengan torsi 335 Nm, sementara dua motor listriknya bisa menghasilkan daya tambahan sebesar 182 PS dan 270 Nm serta 108 PS dan 169 Nm.

toyota century SUV PHEV

Mesinnya berjenis PHEV

Untuk Century SUV GRMN sebenarnya sudah dibuat, namun unit yang ditampilkan saat peluncuran ini khusus dirakit untuk Akio Toyoda.

Untuk harganya, Century SUV dipasarkan mulai dari 25 juta Yen atau kira-kira Rp2,59 miliar, tapi ini belum termasuk biaya pemesanan item-item khusus sesuai permintaan para pelanggannya.

Nah, orang berduit ternyata juga tidak bisa serta merta memiliki Toyota Century SUV 2023, mengingat mobil ini hanya disediakan 30 unit setiap bulannya, jauh lebih sedikit dibanding produksi Century sedan yang dibatasi 50 unit per bulan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil