window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Raize di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Fender Apron Penopang Suspensi

Adit · 11 Mar, 2022 10:00

Toyota Raize di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Fender Apron Penopang Suspensi 01

Toyota Raize 2022
  • Toyota Raize di Indonesia kena recall karena masalah fender apron.
  • Toyota mendapat kasus kerusakan fender apron setelah satu pengguna melaporkan kerusakan.
  • Recall Toyota Raize ini tidak terdampak pada semua unit produksi di Indonesia.

Toyota Raize di Indonesia bakal mendapat recall imbas masalah fender apron. Informasi ini terkuak melalui salah satu penggunanya kemudian mengunggahnya di media sosial. Kabar mengenai recall, disebarkan melalui salah satu tenaga penjual Toyota ke salah satu konsumen. 

Berikut kutipan isi pesan tersebut:

"Menginformasikan kepada Bapak/Ibu pemilik mobil jenis Toyota Raize, periode November 2020-Oktober 2021. Mohon maaf, sebagai komitmen Toyota untuk memberikan kualitas produk terbaik saat ini, kami sedang melakukan program recall pemeriksaan dan atau perbaikan febder apron depan pada mobil Bapak/Ibu sebagai langkah preventif untuk memastikan kendaraan dalam kondisi optimal sesuai ketentuan warranty."

Toyota Raize di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Fender Apron Penopang Suspensi 02

Tangkapan layar berisi percakapan perihal recall Toyota Razie

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Toyota Raize 1.000 Cc Turbo dengan Toyota Raize 1.200 Cc

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Di sana juga tertulis bahwa proses pergantian komponen fender apron, yang bentuknya sebagai penopang suspensi depan pada sisi kiri dan kanan mobil. Bagian ini bisa terlihat setelah kap mesin dibuka. 

Kemudian tengok pada bagian pangkal ruang mesin, ada semacam mangkuk untuk menambatkan komponen suspensi Toyota Raize. Dijelaskan pula proses pergantiannya gratis dan membutuhkan waktu 7-8 jam pengerjaan. 

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra saat dikonfirmasi AutoFun Indonesia secara tersirat mengonfirmasi hal tersebut. Namun dirinya akan menjawab detail pada sesi pers konferensi yang akan digelar pada siang ini, Jumat (11/03/2022). 

Toyota Raize di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Fender Apron Penopang Suspensi 01

Posisi komponen yang mendapat masalah sehingga Toyota Raize harus di-recall

Pun demikian halnya dengan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, yang akan mengumumkannya dalam waktu dekat. "Untuk detail nanti kami informasikan selanjutnya," katanya. 

Baca Juga: Punya Uang Rp250 Juta, Mending Beli Toyota Raize 2021 Atau Toyota Avanza 2021?

Pengelasan yang Tidak Sempurna

Salah seorang sumber kami mengatakan, recall dilakukan karena TAM mendapat laporan soal kerusakan komponen tersebut. "Jadi ada kasus Raize menghantam lubang dan retak pada penahan suspensi, akibat tidak sempurnanya pengelasan," katanya. 

Toyota Raize di Indonesia Kena Recall, Ada Masalah Fender Apron Penopang Suspensi 02

Fender apron Toyota Raize yang mengalami kerusakan setelah menghantam lubang

Jelasnya tidak semua model atau Toyota Raize buatan Astra Daihatsu yang akan di-recall. Ini sesuai pernyataan dari kutipan percakapan di atas. "Ada beberapa nomor rangka yang akan di-recall, ada gun las robot pabrikan yang belum sempurna ngelasnya," lanjutnya. 

Dijadwalkan pengumuman recall Toyota Raize Indonesia akan dilakukan pada Jumat 11 Maret 2022. Baik Toyota Raize dan Daihatsu Rocky merupakan produk yang dibuat di pabrik ADM di Karawang Plant dan meluncur pada 30 April 2021 lalu.

Toyota Raize selain diproduksi untuk memenuhi konsumen domestik, juga diekspor ke luar negeri ke Brunei Darussalam, Bahama, Bahrain, Barbados, Bolivia, Kamboja, Chili, Timor Timur, Ekuador, Guatemala, Jamaika, Kuwait, Oman, Filipina, Qatar, Vietnam, Uruguay, hingga Arab Saudi. 

Baca Juga: Lewat Patimban, Toyota Rush, Avanza, dan Raize Buatan Indonesia Mendunia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil