window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota Yaris Discontinue di Filipina Akibat Makin Kalah Pamor, Indonesia Akan Lakukan Hal yang Sama?

Prasetyo · 16 Nov, 2023 10:02

Toyota Yaris Discontinue di Filipina Akibat Makin Kalah Pamor, Indonesia Akan Lakukan Hal yang Sama? 01

Toyota Yaris discontinue dan tak lagi ada di daftar menu model situs resmi Toyota, namun hal ini terjadi di Filipina.

Ya, Toyota Yaris 2023 kabarnya akan segera memasuki masa purna bakti lantaran Toyota sedang mulai menghentikan penjualan model ini.

Tapi kondisi tersebut baru terjadi di Filipina yang juga masih menjual Yaris dengan model serupa seperti di Indonesia dan Malaysia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk kiprah di Tanah Air sendiri, boleh dibilang Yaris yang saat ini masih dijual oleh Toyota di seluruh jaringan dealer resmi mereka se-Indonesia adalah model yang paling lama bertahan.

toyota yaris 2023

Yaris GR Sport yang sata ini masih dijual di Indonesia

Pasalnya Yaris hatchback tersebut masih menggunakan platform dan mesin yang serupa dengan Yaris yang diproduksi pada 2014 silam.

Meskipun tentu saja Toyota beberapa kali melakukan rombakan pada ekstetika eksterior dan interiornya, termasuk penambahan fitur keselamatan dan entertainment.

Bahkan untuk Yaris GR Sport yang kini bisa Anda beli unit barunya, sejatinya sudah diluncurkan sejak 2021 dan mendapatkan dua kali update fitur walau tanpa merubah wujudnya.

Baca juga: Penerus Starlet, Intip Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

Toyota Yaris Discontinue di Filipina

toyota yaris 2023

Tampilan Yaris hatchback di Filipina

Jika Yaris tak mendapat ubahan nyaris 10 tahun, kondisi berbeda terjadi pada versi sedannya yaitu Toyota Vios.

Vios yang memakai platform, mesin, serta fitur-fitur turunan dari Yaris, malah sudah mendapatkan all new model yang kini mulai menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture)

Tapi kabar terbaru datang dari Filipina, ketika Autoindustriya melaporkan jika Toyota sudah menghapus model Yaris hatchback di situs resmi Toyota Motor Philippines (TMP).

toyota yaris 2023

Hatchback Toyot di Filipina kini hanay Wigo, kembaran Agya

Bahkan ketika dikonfirmasi, satu juru bicara pihak TMP menyatakan jika Yaris hatchback tidak dijual lagi di jaringan dealer Toyota di negara tersebut.

Kondisi ini membuat satu-satunya nama Yaris di situs TMP adalah Yaris Cross yang merupakan SUV crossover berbasis platform DNGA dari Daihatsu.

Baca juga: Update Harga Toyota Yaris 2023, Lebih Murah dari Honda City Hatchback Membawa Beragam Keunggulan

Permintaan SUV yang Tinggi Jadi Pemicunya

toyota yaris cross 2023

Toyota Filipina lebih memilih Yaris Cross

Yaris hatchback mulai distop penjualannya tentu punya alasan tersendiri meski mobil ini cukup populer di Filipina.

Meski pihak TMP tidak menyebutkan apa alasan tersebut, tetapi prediksi jika pembeli mobil baru saat ini trennya menunjukkan permintaan yang lebih besar terhadap model-model dengan kemampuan fleksibilitas berkendara yang lebih baik.

Alhasil model seperti crossover atau SUV, bahkan MPV, lebih banyak dipilih ketimbang hatchback dan sedan.

Prediksi lainnya mengarah pada keputusan TMP untuk menghentikan penjualan Yaris hatchback lantaran mau memacu lebih banyak penjualan Yaris Cross baik varian hybrid maupun non hybrid.

Baca juga: Toyota Yaris 2023 Facelift (Lagi), Harganya Terus Naik

Toyota Yaris DNGA Jadi Gantinya?

toyota yaris 2023

Yaris terbaru di Thailand

Tanpa Yaris, berarti saat ini Toyota Filipina tak memiliki varian hatchback kecuali All New Wigo yang merupakan kembaran dari All New Agya di Indonesia, itu pun hanya disediakan tiga varian tanpa ada opsi tipe GR Sport.

Sementara segmen hatchback di negara tersebut masih diisi oleh beberapa kompetitor Toyota, seperti Honda City hatchback, Suzuki Swift, dan Mazda 2.

Kemungkinan besar pasar Filipina akan kembali kedatangan Yaris hatchback seperti yang sudah diluncurkan di Thailand beberapa waktu lalu.

toyota ayris 2023

Mungkin saja akan masuk Filipina, Malaysia, kemudian Indonesia

Yaris 2023 tercatat meluncur di Thailand pada Maret lalu, meskipun cuma berstatus minor change, namun tampilannya lebih agresif dibanding Yaris versi Filipina maupun Indonesia.

Baik dari tampilan depan maupun belakang, Yaris spek Thailand ini dibuat dengan lebih banyak sudut-sudut lancip.

Dan kabar terbaru, sama seperti Vios, Yaris generasi berikutnya untuk pasar Asia Tenggara juga akan menggunakan platofrm DNGA serta fitur TSS (Toyota Safety Sense).

toyota yaris 2023

Tampilan belakang Yaris di Thailand

Namun sepertinya All New Yaris maupun Yaris spek Thailand ini tidak dalam waktu dekat masuk ke Filipina.

Apakah PT Toyota Astra Motor (TAM) juga akan melakukan discontinue untuk Yaris hatchback? 

@garasi.autofun Rival dalam satu segmen, kalian tim Yaris atau Jazz? #mobilbekas #bekasberkualitas #mobilseken #reviewmobilbekas #reviewmobil #tipsmobilbekas #tipsmobil ♬ 80s science fictional synth wave(163281) - Dream Age

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil