window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran?

Yongki Sanjaya · 15 Agu, 2023 15:30

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 01

Brand asal China, Maxus, turut meramaikan ajang GIIAS 2023 dengan memperkenalkan MPV premium mereka yaitu Mifa 9. Dengan ukuran yang mirip seperti Toyota Alphard/Vellfire, Mifa 9 hadir sebagai kendaraan premium berpenggerak elektrik.

Tentu ini suatu gebrakan untuk level MPV mewah, karena belum ada merek lain yang menawarkan produk mereka pada level harga di atas Rp1 miliar. PT Indomobil Wahana Trada selaku Agen Pemegang Merek (APM) menawarkan satu varian MIFA 9 Premium yang akan dipasarkan dengan harga Rp. 1,425 Miliar (on-the-road Jabodetabek).

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Alphard 2022 Pakai Gril dan Logo Baru, Lebih Keren atau Jadi Aneh?

Jangan Sampai Dianggap Kembar, Ini Kelebihan Lexus LM350 Dibanding Toyota Alphard

Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana MPV Mahal yang Paling Unggul?

Harga segitu bahkan sedikit lebih mahal ketimbang Toyota Vellfire 2.5 G A/T (Premium Color) (Spot Order) yaitu Rp1.402.900.000. Lantas apakah brand China ini menyediakan banyak fitur menarik ketimbang Vellfire yang sudah cukup kawakan di kalangan berduit Indonesia?

Berikut ini perbandingan antara kedua MPV premium tersebut. Check this out!

Maxus Mifa 9, MPV Premium Full Elektrik yang Laris di China

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 01

Kemajuan industri otomotif China yang kini begitu kuat dengan kendaraan elektrifikasi salah satunya disebabkan karena sentimen masa lalu terhadap Jepang. Orang China ingin supaya mereka bisa cukup maju dan melebihi kemampuan Jepang di industri otomotif.

Lebih lanjut, rasa nasionalisme masyarakat China pun mendorong mereka lebih memilih produk bikinan negaranya sendiri. Untuk konsumen pengguna MPV premium, maka Maxus Mifa 9 ini cukup banyak dipilih.

Mobil ini memiliki dimensi 5.270 x 2.000 x 1.840 mm, dengan jarak sumbu roda 3.200 mm, dan ground clearance: 140 mm. Aksen kemewahan hadir melalui Panoramic Sunroof ganda, serta sistem elektrik untuk membuka pintu geser dan pintu belakang.

Interior Maxus Mifa 9 Super Mewah, Serasa Limousine

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 02

Nilai jual utama Mifa 9 terdapat pada Captain Seat mewah di baris kedua. Kursinya dilengkapi dengan 2 pengaturan head rest dan empat pengaturan sandaran kursi yang dilengkapi dengan lumbar support. 

Bukan itu saja, terdapat fitur pemanas dan ventilasi, 8-mode pemijatan, dan leg rest serta foot rest yang dapat diatur jaraknya. 

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 03

Setiap kursi dilengkapi layar sentuh di ujung sandarannya sehingga penumpang dapat mengatur suhu AC, jendela, sun roof, lampu plafon, ambient light, secara individu hanya dengan satu sentuhan.

Beralih ke sisi depan, dashboard MIFA 9 dilengkapi dengan layar meter cluster berukuran 7 inci dan layar LED multimedia berukuran 12,3 inci yang menyajikan informasi dan infotainment yang sangat lengkap. Head unitnya mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, hingga Streaming Media Rearview Mirror.

Performa Maxus Mifa 9 Cukup Mengesankan

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 04

Maxus menciptakan Mifa 9 sebagai MPV premium full elektrik. Mobil ini didukung motor listrik Permanent Magnet Synchronous dengan tenaga puncak hingga 245hp dan torsi maksimal 350 Nm.

Untuk penyimpanan daya terdapat baterai Lithium-ion berkapaitas 90 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 520 km dari kondisi penuh (berdasarkan metoda WLTP). 

Pengisian baterai dengan DC Quick Charge (120 kWh) dari 30% hingga 80% dalam kisaran 30 menit. Pengisian baterai dengan Normal Charge (11 kWh) dari 5% hingga 100% dalam kisaran 8,5 jam.

Fitur Keselamatan Mutakhir

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 05

China kini telah menjadi salah satu negara dengan standar keselamatan kendaraan yang baik. Pada Mifa 9 ini contohnya, telah mendapatkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang lengkap. Terdapat 6 Airbag, termasuk curtain airbags untuk perlindungan penumpang.

Sistem pengeremannya cukup canggih karena memiliki Anti-Lock Brake System (ABS) berikut Electronic Brake force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA),  Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC), hingga Traction Control System (TCS)

Berikut daftar fitur keselamatan yang dimilikinya:

  • Electronic Parking Brake (EPB)
  • Auto Vehicle Hold (AVH)Hill Start Assist System (HAS)
  • Intelligent High-Beam Control (IHC)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Follow Me Home Light 
  • Tire Pressure Monitor System (TPMS)
  • Driver Monitor System (DMS)
  • Forward Collision Warning (FCW) dan Autonomous Emergency Braking (AEB)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Traffic Jam Assist (TJA)
  • Lane Keep Assist (LKA)
  • Emergency Lane Keeping Assist (ELK)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Blind Spot Monitoring (LCA/ BSD/ RCTA/ DOW)

Toyota Vellfire, MPV Para Konglomerat Indonesia

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 06

Setelah membahas sosok Mifa 9, kali ini kita akan mengulas rivalnya dari brand Jepang yaitu Toyota Vellfire. Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hadir dengan tampilan futuristik dan modern, didukung fitur-fitur premium yang sangat fungsional. 

Vellfire 2023 memiliki dimensi yang cukup besar dengan panjang 4.930 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm, serta jarak poros roda (wheelbase) sekitar 3.000 mm.

Vellfire dan Alphard di Indonesia mengalami update desain terkini pada 3 Juni 2021. Desain body Vellfire secara keseluruhan tidak terlalu banyak aksen yang berlebihan, ini yang membuatnya terlihat sederhana namun tetap terasa eksklusif dan mewah.  

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 07

Vellfire mendapat perubahan dengan New Front and Rear Aerokit Design sehingga tampak gagah dan stylish. Bentuk headlamp dan grille bagian depan dengan aksen krom tegas yang membentuk lekukan-lekukan aerodinamis dan memunculkan kesan sporty. 

Mobil ini menggunakan sistem Electric Sliding Door sehingga memudahkan akses para penumpang untuk masuk dan keluar mobil dengan nyaman.

Interior yang Prestisius

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 08

Interiornya pun sangat memesona dengan balutan warna hitam di seluruh bagian interior. Kursi penumpang di baris kedua mengusung konsep captain seat yang fleksibel dengan sandaran tangan yang nyaman. Pada sisi atap terdapat panoramic sunroof yang bisa digunakan saat butuh udara segar. 

Terdapat fitur Rear Seat Entertainment pada 13 inch LCD monitor dengan koneksi HDMI dan phone mirroring untuk hiburan kursi belakang. layar yang mendukung HDMI Connection. Tersedia juga Head Unit 9 inch yang terintegrasi dengan berbagai menu entertainment system dan Phone Mirroring.  Teknologi Digital Dolby dalam head unit dapat menghasilkan kualitas suara yang baik.

Performa Cukup Oke

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 09

Vellfire 2023 dibekali dengan mesin 2AR-FE kapasitas 2.494 cc berteknologi DOHC Dual VVT-i, 4 silinder in-line, 16 katup yang dilengkapi dengan transmisi otomatis CVT. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 180 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 234 Nm per 4.100 rpm. 

Fitur Keselamatan Cukup Lengkap

Harga Maxus Mifa 9 Lebih Mahal Rp22 Juta Dari Toyota Vellfire, Apakah Fiturnya Jor-joran? 10

Untuk fitur keselamatan standar, terdapat fitur Airbags yang berfungsi untuk melindungi seluruh penumpang dari cedera parah saat terjadi kecelakaan. Vellfire juga didukung Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Bicara fitur keselamatannya, Vellfire juga memiliki Adaptive Cruise Control sebagai bagian dari Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah ada sejak model sebelumnya. TSS pada Vellfire terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih mahal, Maxus Mifa 9 juga lebih Jor-joran soal fitur maupun spesifikasi yang ditawarkan. Interiornya begitu mewah dan premium, karena di China memang menjadi mobil kelas atas.

Kelemahan dari Mifa 9 hanyalah pada reputasi namanya yang belum teruji sebagaimana Vellfire yang merupakan varian sporty dari Toyota Alphard. Tentunya, Indomobil harus bekerja keras agar masyarakat terpikat beralih memamai MPV premium elektrik pada sosok Mifa 9 ini. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil