window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon!

Fariz · 11 Mei, 2022 10:30

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 01

Yamaha Fazzio bisa angkut dua buah galon dengan mudah
  • Perbedaan ruang bagasi antara Yamaha Fazzio dengan Honda Scoopy
  • Masing-masing memiliki 3 ruang penyimpanan

Selain lebih mudah dikendarai karena tidak perlu mengganti gigi transmisi, sepertinya banyak yang setuju juga kalau kelebihan dari motor matic adalah memiliki ruang penyimpanan yang lebih lega dibanding tipe bebek atau sport.

Bahkan ruang penyimpanan yang disuguhkan tidak hanya di bawah jok, tapi juga di bawah setang dengan ragam fitur pendukung. Biasanya di dalam kompartemen tersebut juga ada power outlet untuk mengisi daya smartphone.

Untuk di kelas matic retro 110-125 cc ada Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022 yang masih ‘hangat’ diperbincangkan. Pasalnya Fazzio 2022 digadang-gadang bertugas menjegal dominasi jagoan Honda tersebut.

Lantas dari kedua matic retro ini, mana yang memiliki ruang bagasi lega dan bisa menampung banyak akomodasi pengendaranya? Mari kita bandingkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Mana Paling Fleksibel Bawa Barang, Yamaha Fazzio 2022 atau Honda Scoopy 2022?

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 01

Scoopy punya bagasi yang dalam, namun tidak terlalu lebar

Bagasi Bawah Jok

Ruang penyimpanan paling utama tentu ada di bawah jok, sebagai motor matic dengan mesin yang berada di belakang bisa membuat ruang di bawah jok lebih lega jika dibandingkan dengan motor bebek atau sport.

Namun besarnya ruang bagasi di bawah jok juga berbanding dengan desain bodi serta rangka. Artinya bagasi bisa lega jika rangka dan bodi punya desain lebar, tapi semua itu harus tetap proporsional dengan bentuk keseluruhan motor agar tetap enak dipandang.

Di bawah jok Honda Scoopy terdapat ruang bagasi 15,4 liter yang bersanding dengan tangki bensin 4,2 liter. Sedangkan Yamaha Fazzio lebih lebih besar karena punya kapasitas bagasi 17,8 liter dengan tangki bensin 5,1 liter.

Meski kapasitasnya lebih luas Yamaha Fazzio, tapi ternyata bagasi Honda Scoopy lebih dalam dan ada cekungan pada papan jok. Akhirnya bagasi Honda Scoopy lebih mudah menelan helm, tapi tipe batok yang kecil seperti helm Bogo.

Baca juga: Beda, Ternyata Honda Scoopy 2022 di Kamboja Pakai Pelek 14 Inci Mirip Genio!

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 02

Helm dengan batok yang tidak terlalu besar baru bisa masuk di bagasi Fazzio

Sedangkan Yamaha Fazzio punya bagasi yang luas tapi tidak terlalu dalam, papan jok juga tidak ada cekungan seperti Scoopy. Ini membuat tidak semua helm bisa masuk ke ruang bagasinya.

Helm yang bisa masuk ke dalam bagasi Yamaha Fazzio harus helm yang memiliki desain batok yang tidak terlalu besar, seperti helm bawaan motor. Karena kalau pakai helm biasa, meski batoknya masuk ke dalam bagasi tapi jok tidak bisa tertutup karena terganjal helm.

Kompartemen Depan

Di bawah kedua setang matic retro ini sama-sama dilengkapi dua buah ruang penyimpanan, yang kiri pun sama-sama dilengkapi dengan penutup beserta kunci simpel agar tidak mudah terbuka.

Di dalam kompartemen kiri juga sama-sama dibekali power outlet yang cukup berguna untuk mengisi daya smartphone. Bedanya Honda Scoopy pakai power outlet dengan colokan USB Type-A, sedangkan Yamaha Fazzio pakai tipe lighter seperti mobil.

Baca juga: Harga Yamaha Fazzio 2022 Naik Jadi Segini Imbas Perubahan PPn

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 03

Kunci kontak Fazzio cukup mengganjal laci kanan ketika botol air minum dimasukan

Ruang kompartemen kiri milik Yamaha Fazzio bisa dibilang sempit, karena power outlet cukup memakan ruang tersebut. Jadi jika smartphone sudah masuk, hanya tersisa sedikit ruang untuk menyimpan barang lain.

Kompartemen yang dimiliki Honda Scoopy desainnya lebih dalam, jadi saat menaruh smartphone masih tersisa ruang cukup banyak untuk menaruh barang lain. Menaruh smartphone juga jadi lebih fleksibel.

Kedua motor ini memiliki laci sebelah kanan yang berdekatan dengan kunci kontak. Untuk Yamaha Fazzio letaknya lebih ke bawah dan sudut kunci kontak cukup menonjol, jadi mengganjal saat memasukan botol air mineral.

Untuk Honda Scoopy terasa lebih leluasa, karena kunci kontak tidak sampai ‘memakan’ jalur masuk penyimpanan. Momen mengeluarkan dan memasukan botol air mineral juga lebih mudah.

Baca juga: Segini Catatan Konsumsi BBM Yamaha Fazzio Dipakai Touring Komunitas, Irit?

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 04

Kompartemen kiri Scoopy lebih dalam

Dek Luas & Gantungan Barang

Di sisi ini, dimenangi oleh Yamaha Fazzio. Ini karena punya dek kaki yang lebih luas jika dibandingkan dengan Honda Scoopy. Galon air dan kardus air mineral pun dapat masuk dengan mudah.

Ini karena mesin Yamaha Fazzio lebih pendek, terutama di sektor CVT. Jadi posisi mesin yang lebih mundur, tidak sampai membuat wheelbase matic retro ini terkesan ‘melar’ dan berimbas pada dek yang lebih luas.

Yamaha Fazzio juga dilengkapi gantungan barang ganda. Satu di bawah setang dan satu lagi ada di bawah jok sisi depan, mirip seperti Mio terdahulu. Gantungannya juga dilengkapi pengunci, jadi tidak perlu khawatir barang lepas.

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 05

Dek kaki Fazzio lebih luas dibanding Scoopy

Untuk Honda Scoopy ruang kaki pengendara tidak begitu luas, apalagi ada tonjolan bodi yang isinya merupakan rangka utama. Makanya membawa barang berdimensi besar jadi tidak terlalu leluasa.

Baca juga: Tiga Brand Lokal Garap Modifikasi Yamaha Fazzio 2022, Bawa Ciri Khas Masing-Masing

Adu Akomodasi Honda Scoopy 2022 VS Yamaha Fazzio 2022, Bisa Muat Jas Hujan Hingga Galon! 06

Ada tulang tengah yang cukup menonjol pada ruang dek kaki Scoopy

Gantungan barang yang digunakan Honda Scoopy berbahan plastik dengan model lipat. Artinya jika sedang tidak digunakan, gantungan bisa dilipat dan terlihat rata dengan bodi, jadi lebih rapi.

Jadi, pilih yang mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });