window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana?

Fariz · 23 Feb, 2022 15:30

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 01

Persaingan hangat di kelas matic retro 110-125 cc antara Honda Scoopy dengan Yamaha Fazzio
  • Beda harga gak sampai Rp 500 ribu
  • Masing-masing memiliki keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya

Kelas matic retro 110-125 cc sedang ‘panas-panasnya’ karena Honda Scoopy kedatangan kompetitor baru, yaitu Yamaha Fazzio Hybrid-Connected 2022 yang baru saja diperkenalkan di awal tahun ini.

Honda Scoopy dibanderol mulai Rp 20,475 juta hingga Rp 21,275 juta OTR DKI Jakarta, sedangkan Yamaha Fazzio punya harga jual mulai dari Rp 21,7 juta dan tipe tertingginya Rp 22 juta OTR DKI Jakarta.

Dengan begitu bisa dikatakan kalau harga jual Yamaha Fazzio saat ini sedikit lebih mahal dibanding Honda Scoopy, hanya terpaut Rp 425 ribu untuk Honda Scoopy tipe tertinggi dengan Yamaha Fazzio tipe terendah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Selisih tidak sampai Rp 500 ribu ini, apa yang disuguhkan keduanya dalam hal kelengkapan?

Sistem Penerangan Pakai LED

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 01

Scoopy pakai lampu utama LED yang menempel di tameng depan, sudah LED projector untuk lampu dekat

Baca juga: Perbandingan Performa Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Mana Lebih Kuat?

Pertama kita lihat di sektor perlampuan, baik Yamaha Fazzio maupun Honda Scoopy sudah menggunakan lampu utama LED. Fazzio meletakan lampu utama di setang dengan model reflektor elips, sisi atas untuk low beam dan sisi bawah untuk high beam.

Honda Scoopy mengadopsi setang model ‘telanjang’ yang membuat posisi lampu utamanya menempel di tameng atau bodi depan. Kesan mewah lebih ditampakan dari Scoopy, di mana ada DRL besar yang mengitari lampu utamanya.

Bahkan untuk low beam sudah dikombinasi dengan lensa projector, ini membuat pancaran cahayanya lebih fokus sehingga visibilitas saat malam hari lebih baik. Selebihnya baik lampu sein maupun rem untuk kedua motor ini masih setia menggunakan bohlam.

Spidometer Modern

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 02

Spidometer Fazzio fully digital dengan informasi lengkap

Generasi terakhir dari Honda Scoopy masih mengandalkan spidometer dengan kombinasi analog dan digital. Analog sebagai penunjuk kecepatan dan layar digital kecil berisi informasi seperti jam, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, pengingat ganti oli, fuel meter, odometer, dan tripmeter.

Baca juga: Tengok Lagi Detail Honda Scoopy 2022, Masih Bikin Penasaran!

Sedangkan Fazzio menyuguhkan spidometer full digital dengan negatif display, artinya latar berwarna gelap dan yang menyala adalah informasinya. Isi informasinya hampir serupa dengan Honda Scoopy.

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 03

Scoopy masih bertahan dengan spidometer analog dan digital

Seperti ada informasi odometer, tripmeter, fuel meter, jam, ECO indicator, dan voltase aki. Memang Yamaha Fazzio tidak memiliki informasi rata-rata bahan bakar dan pengingat penggantian oli pada spidometer, tapi itu semua bisa dilihat pemiliknya melalui smartphone.

Itu karena motor ini sudah dibekali fitur Y-Connect, salah satunya untuk melihat informasi yang sebelumnya sudah dijelaskan. Selain itu pengendara juga bisa memantau kapasitas batre smartphone, sampai notifikasi pesan atau telepon yang masuk melalui spidometer.

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 04

Adanya fitur Y-Connect memungkinkan smartphone pengendara terkoneksi dengan Fazzio

Bagasi Lega

Kedua matic retro ini sama-sama dibekali dua buah kompartemen di bawah setangnya. Kedua kompartemen kirinya mendapatkan penutup dan berisikan power outlet. Bedanya Honda Scoopy pakai power outlet dengan colokan USB Type-A, sedangkan Yamaha Fazzio pakai power outlet colokan lighter seperti mobil.

Baca juga: Simak 5 Modifikasi Favorit Honda Scoopy 2022, yang Baru Beli Coba Masuk Sini

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 05

Fazzio punya ruang bagasi di bawah jok hingga 17,8 liter

Kompartemen sebelah kanan sama-sama berada tepat di bawah knob kunci kontak, namun posisi kompartemen Yamaha Fazzio terasa sedikit lebih rendah. Kemudian di tengahnya sama-sama tedapat hook atau gantungan barang.

Bedanya gacoan Yamaha memiliki dua buah hook dengan sistem pengunci carabiner, sedangkan gantungan milik Honda Scoopy bisa dilipat sehingga bisa terlihat lebih simpel ketika sedang tidak digunakan.

Masih bicara kompartemen, di bawah jok Honda Scoopy terdapat ruang bagasi 15,4 liter yang bersanding dengan tangki bensin 4,2 liter. Sedangkan Yamaha Fazzio lebih lebih besar karena punya kapasitas bagasi 17,8 liter dengan tangki bensin 5,1 liter.

Fitur Keamanan

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 06

Smart key system pada Scoopy juga dilengkapi dengan Anti-theft system

Untuk fitur keamanan baik untuk pengendara maupun motor itu sendiri bisa terbilang mirip. Seperti sama-sama sudah dilengkapi side stand switch yang otomatis mematikan mesin ketika standar samping diturunkan.

Baca juga: Catatan Manis Yamaha Fazzio 2022, Laris Dipesan Secara Online

Kemudian ada parking brake lock juga di kedua motor ini, bedanya Honda Scoopy sudah menggunakan Combi Brake System (CBS) yang membuat rem depan ikut berfungsi walau hanya menekan handel rem kiri atau belakang.

Kedua motor ini juga sudah menggunakan smart key system atau keyless. Bedanya Yamaha Fazzio sudah keyless di semua tipe, sedangkan Honda Scoopy masih ada varian yang tanpa keyless di tipe terendah.

Perbedaan lainnya fitur pada remote keyless Honda Scoopy lebih lengkap karena tak hanya fitur answer back system, tapi juga ada anti-theft system alias alarm yang menggunakan sensor getar. Jadi beeper dan hazard akan menyala ketika sensor mendeteksi getaran.

Kaki-Kaki Kompak 12 Inci

Beda dengan Yamaha Fino yang masih menggunakan lingkar roda 14 inci, Yamaha Fazzio sudah dibekali lingkar pelek 12 inci serupa dengan Honda Scoopy. Pelek yang dipakai pun menggunakan basic dari Yamaha FreeGo.

Baca juga: Inspirasi Gaya Modifikasi Yamaha Fazzio Ala Dealer Resmi, Apik Tanpa Korbankan Garansi

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 07

Fazzio pakai lingkar roda 12 inci dengan profil ban tipis dan seragam

Namun Yamaha Fazzio pakai spesifikasi ban kembar dengan profil lebih membulat serta ceper, yaitu 110/70-12. Penggunaan ban seragam antara depan dan belakangnya ini karena jarak CVT yang pendek membuat ruang roda lebih sempit.

Sedangkan Honda Scoopy pakai spesifikasi ban yang lebih tinggi, yaitu 100/90-12 untuk depan dan 110/90-12 di belakang. Perbedaan diameter ban ini tentu mempengaruhi jarak terendah ke tanah ddari kedua matic ini.

Tamaha Fazzio pun punya jarak terendah ke tanah yang lebih rendah dibanding Honda Scoopy, yaitu 135 mm. Sedangkan Honda Scoopy menurut data spesifikasinya, punya jarak terendah ke tanah 145 mm. Beda tipis sih, hanya 10 mm.

Selebihnya kedua matic retro ini punya spesifikasi serupa. Seperti penggunaan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tunggal di belakang. Rem juga sama, pakai cakram di depan dan tipe tromol di belakang.

Baca juga: Alasan Kenapa Yamaha Fazzio 2022 Diplot Jadi Kompetitor Honda Scoopy 2022

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 08

Scoopy punya desain bodi yang membulat dengan minimnya lekukan tajam

Dimensi Pas

Punya bentuk utuh sebagai matic retro perkotaan, keduanya punya dimensi yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Artinya motor tetap nyaman dan lincah saat digunakan bermacet-macetan di perkotaan.

Menurut data spesifikasinya, kedua motor ini punya dimensi yang sangat tipis. Honda Scoopy punya panjang 1.864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1.075 mm. Sedangkan Yamaha Fazzio punya panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.125 mm.

Itu berarti keduanya hanya memiliki beda panjang 44 mm, beda lebar 2 mm, dan beda tinggi 50 mm. Berat isi keduanya juga serupa, tercatat 95 kg. Kecuali untuk Scoopy tipe Smart Key yang sedikit lebih ringan, yaitu 94 kg.

Performa Beda Tipis

Honda Scoopy 2022 menggunakan mesin generasi terbaru yang lebih compact, karena hanya menggunakan oli mesin 650 ml. Piston berdiameter 47 mm dikombinasi langkah 63,1 mm sebagai salah satu cara meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Genjot Penjualan, Yamaha Fazzio 2022 Sambangi Tempat Nongkrong Favorit Anak Muda

Intip Spesifikasi Honda Scoopy 2022 dan Yamaha Fazzio 2022, Harga Beda Tipis Mau Pilih Mana? 09

Aki memberikan daya ke SMG selama 3 detik pertama untuk membantu putaran mesin

Ini karena dengan ruang bakar yang hanya disesaki piston ukuran 47 mm, tentu membutuhkan bahan bakar yang lebih sedikit. Klaim tenaga maksimalnya 9 ps di 7.500 rpm dengan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Ada juga fitur Idling Stop System (ISS) yang fungsinya sama seperti Stop & Start System (SSS) pada Yamaha Fazzio. Blue Core Hybrid jadi teknologi mesin yang digunakan, sehingga bisa dikatakan lebih mutakhir dibanding produk Honda.

Klaim tenaga yang dihasilkan 8,4 ps di 6.500 rpm serta torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Klaim torsi Yamaha Fazzio 2022 lebih unggul sedangkan klaim tenaga Honda Scoopy sedikit lebih tinggi, namun Yamaha Fazzio bisa mencapai tenaga serta torsinya di putaran mesin yang lebih rendah.

Persaingan sengit!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });