window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Intip Spesifikasi Keeway GT270, Pantas jadi Lawan Honda Forza dan Yamaha XMax?

Ary · 4 Mei, 2021 14:00

Meski belum terlalu populer, identitas Keeway kepalang melekat dengan motor-motor bertampang cruiser-nya. Namun, mereka juga tidak menutup mata akan dominasi pasar skutik sekarang ini. Hal tersebut pun dibuktikan melalui peluncuran Keeway GT270. Dengan harapan, keberadaannya bisa menjadi opsi selain Honda Forza maupun Yamaha XMax. 

Keeway GT270 2021

Keeway GT270 2021 datang sebagai penantang baru Honda Forza dan Yamaha XMax.

Desain Khas Skutik Gambot

Desain skutik gambot layaknya sang kompetitor sudah jelas diamininya. Perawakan nan atletis pun diterangkan via suguhan desain yang sarat tekukan garis tegas. Wajahnya atraktif, lantaran menggunakan empat titik penerangan utama dengan daytime running light (DRL) jenis LED. Sementara lampu sein, berada di panel bodi terpisah seperti penyajian pada Yamaha XMax. 

Idealnya skutik besar, Keeway GT270 juga sudah dipasangi windshield. Hanya saja, penahan angin ini bersifat 'mati' alias tak bisa disetel ketinggiannya - berbeda dengan Yamaha XMax maupun Honda Forza. Meski begitu, penempatannya cukup aerodinamis (landai) sekaligus sporty. Kesan itu lantas mengalir ke ranah penopang bokong hingga buritan. Tengok saja desain lampu belakang yang minimalis ini. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Berpenampilan Mirip Harley-Davidson, Harga Keeway V250Fi 2020 Mulai Dari Rp 56,6 Juta

Spesifikasi Keeway GT270 2021

Keeway GT270 sudah menggunakan suspensi tabung.
Sumber foto: Superbikemag.com

Dilengkapi Suspensi Belakang Tabung

Beranjak ke kaki-kaki, Keeway GT270 dibekali dengan suspensi belakang ganda berpelengkap tabung. Hal ini membuatnya unggul dari Yamaha XMax atau Honda Forza yang masih menggunakan peredam kejut konvensional. Pengaplikasiannya lantas disandingkan dengan fork teleskopik pada bagian depan. Bedanya lagi, Keeway GT270 menggunakan sepasang ban berukuran 13 inci. Sedangkan untuk penghenti laju, sudah menggunakan sistem pengereman ABS (antilock braking system). 

Dari kedua faktor (desain dan kaki-kaki), Keeway GT270 layak disandingkan bersama kedua rivalnya tersebut. Lalu, bagaimana dengan performanya? Sayang, untuk urusan satu ini perbekalannya masih kalah jauh. Saat peluncurannya di Thailand beberapa waktu lalu, Keeway GT270 harus berhadapan dengan Yamaha XMax yang notabene bermesin 300 cc. Keterpautan outputnya bahkan semakin jauh kala berhadapan dengan Yamaha Forza 350. 

Baca juga: Intip Ubahan Mesin Honda Forza 250 2021, Ampuh Ungguli Yamaha Xmax 250 2021?

Mesin Keeway GT270 2021

Mesin Keeway GT270 sudah Euro 5.

Output Mesin paling Kecil

Untuk diketahui, Keeway GT270 dibekali mesin satu silinder 4 katup berkapasitas 278 cc. Tenaga yang dihasilkan via CVT ke roda belakang adalah 21,6 PS @7.250 rpm. Sementara torsi maksimal tercapai sebesar 23,5 Nm pada putaran 5.750 rpm. 

Kendati kalah ihwal daya dan momen puntir, kami justru melihat Keeway GT270 berpeluang menggoda motoris yang berniat meminang Yamaha NMax Connected atau Honda PCX 160. Dari sisi mesin, jelas Keeway unggul dari kedua skutik kelas menengah tersebut. Lantas soal dimensi. Keeway GT270 cukup kompak dengan total ukuran 1.930 x 800 x 1.130 mm (P x L x T).

Spesifikasi Keeway GT270 2021

Keeway GT270 bisa jadi pilihan baru sekaligus menarik di Indonesia.

Baca juga: Simak Keunggulan Yamaha Xmax 2021, Skutik 250 Bongsor Berlimpah Fitur Dengan Harga Paling Terjangkau

Seandainya Keeway GT270 Datang ke Indonesia

Lain hal jika Keeway GT270 datang ke Indonesia. Dengan bekalannya tersebut, ia terang-terangan menjadi kompetitor selevel bagi Yamaha XMax 250 dan Honda Forza 250. Meskipun, faktanya kubikasi dari jantung mekanis Keeway GT270 masih kalah dari para lawan. 

Sebagai informasi, Yamaha XMax 250 punya pencapaian output 22,8 PS @7.000 rpm dan 24,3 Nm @5.500 rpm. Sementara Honda Forza 250 mencatatkan torehan 23,1 PS @7.750 rpm dan 24 Nm @6.250 rpm. Agak aneh mengingat bobot Keeway GT270 yang 147 kg tak seberat Yamaha XMax 250 (179 kg) dan Honda Forza 250 (186 kg).    

Fitur Keeway GT270 2021

Selain sistem penguncian keyless, Keeway GT270 juga memiliki power outlet untuk mengisi daya ulang gawai.

Baca juga: Persaingan Satu Induk, Keeway V250Fi VS Benelli Patagonian Eagle 250

Jikapun ingin tetap bersaing, Keeway GT270 jelas harus 'bermain' dari sisi harga. Tentu sangat menarik apabila banderolnya tak kepalang jauh dari penetapan harga Keeway GT270 di Thailand (mulai 119.900 Baht atau sekitar Rp55 jutaan). 

Pertanyaannya, apakah mungkin Keeway GT270 diboyong ke Tanah Air? Tentu saja ada, mengingat brand Keeway sendiri belum lama hadir di Indonesia. Serupa di Thailand, kehadirannya bisa jadi pilihan baru untuk penggemar skutik besar di Indonesia. Pada akhirnya, semua keputusan bergantung kepada PT Benelli Motor Indonesia (BMI) selaku pihak yang menaungi si jenama. 

Spesifikasi Keeway GT270 2021

Mesin

mesin

 4-tak, 1 silinder, 4 katup

Volume mesin

278 C.C.

Sistem pendingin

udara

Sistem pengabutan bahan bakar

Injektor elektronik

Sistem transmisi

Transmisi otomatis CVT

Sistem starter

Elektrik

Kapasitas tangki bensin

12 liter

Rangka

Panjang x Lebar x Tinggi

1.930 x 800 x 1.130 mm.

bobot

147 kg

Sistem Suspensi

Peredam kejut depan

Teleskopik 34 mm

Peredam kejut belakang

Suspensi ganda dengan subtank

Sistem Pengereman

Rem depan

Cakram 240 mm + ABS

Rem belakang

Cakram 220 mm + ABS

Ban

Ban depan

Ukuran 110/70 - 13 (Tubeless)

Ban belakang

Ukuran 130/70 - 13 (Tubeless)

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });