5 Hal Menarik Toyota Hiace Premio Euro 4, Mobil Travel Seharga Fortuner
Enda · 13 Feb, 2023 14:00
0
0
Kerap digunakan sebagai kendaraan operasional hotel berbintang, travel dengan tingkat layanan mewah, serta mobil staff kenegaraan, Toyota Hiace Premio Euro 4 kini dibandrol Rp636,9 juta OTR Jakarta atau hampir-hampir mirip Fortuner GR Sport 2.4.
Sebagai kendaraan komersil berpenumpang dengan menyasar segmen premium, tentu mobil ini menawarkan rasa berkendara yang lebih nyaman dari Hiace Commuter. Untuk mengetahui lebih dekat Toyota Hiace Premio Euro 4, simak 5 hal menarik seputar mobil ini melalui ulasan berikut.
1. Toyota Hiace Premio Euro 4 Sanggup Diisi 10 Orang Sekaligus
Bicara daya tampung, Toyota Hiace Euro 4 mampu dimuati hingga 10 orang berikut dengan pengemudi. Secara konfigurasi mulai dari baris depan hingga belakang, setiap barisnya bisa diisi dua orang. Untuk sisi bagian kiri, mobil dibiarkan lapang yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang bawaan.
Guna memberikan rasa nyaman selama berkendara, setiap jok dilengkapi fitur recleaning yang dapat disesuaikan tingkat kerebahan sandaran jok menyesuaikan keinginan pengguna. Oh iya, untuk legroom serta headroom mobil ini juga terbilang luas sehingga setiap orang didalamnya bisa melakukan berbagai macam bentuk aktifitas.
Sebagai informasi, secara dimensi Hiace Premio memiliki panjang 5.915 mm, lebar 2.018 mm, tinggi 2.280 mm dan wheelbase mencapai 3.860 mm.
2. Fitur Toyota Hiace Premio Euro 4 Lengkap
Toyota Hiace Premio bukan cuma ramah lingkungan tapi juga memiliki fitur yang terbilang lengkap untuk sekelas mobil komersil.
Terlihat di bagian depan mobil ini tidak hanya mengandalkan lampu utama, tapi juga terdapat foglamp. Melihat sisi samping, mobil ini sudah dilengkapi spion dengan pengaturan electric serta retractabele yang berfungsi untuk melipat kaca secara otomatis.
Bahkan pada buritannya mobil ini berhasil disematkan rear wiper, serta deffoger yang dapat menghilangkan embun pada kaca guna meningkatkan visibilitas mengemudi.
Beranjak ke bagian dalam, Hiace Premio terasa begitu ergonomis sekaligus informatif. Seperti yang terlihat di area kokpintya mobil ini memiliki dashboard dengan masing-masing cup holder di ujungnya.
Pada center clusternya, mobil ini dibenamkan head unit layar sentuh yang mendukung konektivitas seperti USB, CD, bluetooth, AUX dan radio. Tepat di bawah sistem hiburan terdapat tombol pengaturan AC dengan beberapa arah semburan, serta tuas transmisi yang dibuat lebih condong ke arah pengemudi.
Di sisi pengemudi, panel instrument mobil ini tampak begitu informatif sekaligus modern berkat dipadukannya tachometer serta speedometer analog dengan layar MID di bagian kanan. Untuk memberikan posisi berkendara yang terasa nyaman, setirnya juga sudah dilengkapi teknologi tilt & telescopic.
Oh iya, di bawah cup holder depan bagian pengemudi, mobil ini memperoleh tombol pengaturan tinggi rendahnya lampu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tak ketinggalan jok pengemudi juga disematkan fitur high adjuster dan console tray di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang depan.
Perlu diketahui untuk baris pertama pada plafonnya terdapat laci penyimpanan barang yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh tas kecil atau dokumen.
Untuk baris tengah hingga paling belakang, pada masing-masing jok mendapatkan head rest yang dapat diatur untuk tinggi dan rendahnya. Bahkan setiap baris turut dilengkapi power outlet yang dapat dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada smartphone, serta kisi-kisi AC yang dibuat rata dengan plafon.
Toyota Hiace Premio untuk desainnya menggunakan semi-bonnet yang nyaman sekaligus dapat memberikan perlindungan ketika mengalami tumbukan dari depan. Untuk mengurangi cedera, terdapat dua buah airbags di bagian depan.
Ketika melakukan pengereman secara mendadak, mobil ini berhasil disematkan ABS dan EBD dengan rem cakram di semua roda. Bukan cuma itu, sebagai bentuk perlindungan sekaligus keselamatan lebih lengkap, didalamnya berhasil mendapatkan 7 buah V-Point seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS). Tak ketinggalan terdapat juga camera parkir yang terintegrasi langsung dengan head unit, alat pemecah kaca dalam kondisi darurat, beserta APAR.
4. Bantingan Toyota Hiace Premio Empuk
Toyota Hiace Premio Euro 4 pada bagian depan menggunakan suspensi Macpherson Strut (COIL) dan Leaf Spring Rigid Axle untuk roda belakangnya. Karakter bantingannya terasa empuk ketika melewati jalan yang keriting. Selain suspensi, faktor yang menyebabkan bantingan Hiace Premio terasa empuk yakni wheelbase yang panjang.
5. Andalkan Mesin Diesel 2.800 Cc Kepunyaan Fortuner
Seperti varian teratas Fortuner, Toyota Hiace Premio Euro 4 dibenamkan jantung pacu diesel VNT 1GD-FTV Euro 4, 4-silinder segaris, 16 valve DOHC berkubikasi 2.755 cc. Menurut data pada brosur, mesinnya sanggup melecutkan tenaga sebesar 176,8 PS di 3.400 rpm dengan torsi puncak 419 Nm pada putaran 1.400 – 2.600 rpm, yang dikawinkan transmisi manual 6-percepatan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.