window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Daihatsu Ayla 1.0 M dan Toyota Agya 1.2 E, Tipe Paling Murah Dapat Apa Saja?

Herdi · 22 Mar, 2023 11:00

Beda Daihatsu Ayla 1.0 M dan Toyota Agya 1.2 E, Tipe Paling Murah Dapat Apa Saja? 01

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sudah resmi diluncurkan di Indonesia tepatnya di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta, pada 10-19 Maret 2023. Kehadiran si kembar dengan tampilan baru ini tentunya bisa memikat hati konsumen di Indonesia. Tipe terendah dari masing-masing model yakni Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT bakal menarik disimak. 

Oh ya, bicara soal Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, kedua mobil ini juga punya banyak varian. Hanya saja untuk artikel kali ini, kami hanya akan membahas Ayla dan Agya versi terendah sekaligus paling murah, dan terpenting masih masuk kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Baca juga: Jajal Bedanya Toyota Agya 2023 Tipe G dan GR Sport, Lebih Fun yang Mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ya, untuk Daihatsu Ayla versi paling bawah ada 1.0 M MT dan sedangkan Toyota Agya punya 1.2 E MT. Nah, mau tahu apa saja yang bisa dibanggakan jika Anda membeli Ayla atau Agya termurah. Berikut ulasannya.

Eskterior Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT

Daihatsu Ayla tipe M

Daihatsu Ayla tipe terendah

Tipe Daihatsu Ayla 1.0 M MT ini menggantikan tipe paling rendah sebelumnya yaitu 1.0 D MT. Hanya saja untuk tipe M, diklaim lebih menarik dari model paling rendah sebelumnya, baik dari eksterior, interior dan fitur. 

Adapun dari sisi eksterior, Ayla tipe 1.0 M MT jadi terlihat poloson karena sangat terlihat simple dan sederhana. Hal ini karena model paling rendah penerangan hanya dilengkapi lampu halogen, tanpa LED atau DRL. 

Pada bagian samping, juga terlihat simple. Bahkan spion yang dicat sewarna bodi, ukurannya lebih kecil dibandingkan tipe X dan R. Untuk membuka pintu memang belum ada smart entry keys, namun handle pintu sudah model grip. Untuk kaki-kaki Ayla termurah juga hanya dilengkapi velg model steel wheel alias velg kaleng yang ditutup cover dop, dengan ukuran 13 inci. 

Baca juga: Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport?

Toyota Agya tipe terendah

Toyota Agya tipe terendah

Untuk Toyota Agya 1.2 E MT memang lebih lengkap dibandingkan Ayla 1.0 M MT. Lihat saja, meski paling murah namun sudah dilengkapi lampu utama LED termasuk LED Illumination lamp vertikal di kanan dan kiri. Pada bagian atas gril ada list chrome memanjang. 

Pada bagian samping, mobil ini juga terlihat simple. Hanya saja, velg Agya 1.2 E MT masih menggunakan desain kaleng berkelir doff solver dengan ukuran 14 inch. Selain itu, Agya tipe terendah ini belum dilengkapi smart entry system serta berbagai aksesoris part Aero Package. 

Baca juga: First Drive Daihatsu Ayla 2023 X MT: Cocok Buat yang Suka Sat-set Sat-Set

Interior Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT

Beda Daihatsu Ayla 1.0 M dan Toyota Agya 1.2 E, Tipe Paling Murah Dapat Apa Saja? 03

Interior Daihatsu Ayla 1.0 M MT masih menggunakan  panel menggunakan bahan plastik. Namun beda dari tipe terendah versi Ayla terdahulu, dimana tipe paling bawah mobil ini belum dijejali tachometer seperti tipe X dan R. Lalu head unit masih berjenis single DIN ditambah  kotak laci kecil pada bagian bawah. Lain halnya untuk tipe teratas sudah layar sentuh berukuran tujuh inci.

Ayla tipe ini juga masih menggunakan jok jenis pocong dimana headrest depan menyatu dengan sandaran jok. Adapun untuk jok baris kedua rupanya tidak dilengkapi headrest sama sekali.

Sama seperti Ayla 1.0 M MT, untuk Agya 1.2 E MT ini menggunakan material plastik, hanya saja untuk head unit nya  berukuran 7 inci yang sudah dijejali fitur koneksi via Bluetooth, AUX-IN dan USB. Karena tipe termurah jadi jangan harap ada black kamera atau kamera belakang dimana kondisi luar bagian belakang bisa dilihat dari layar.

Agya termurah ini juga belum dilengkapi dengan lingkar kemudi yang memiliki banyak tombol, seperti untuk mengatur audio atau lainnya layaknya versi teratas. Sebab, untuk mengatur AC masih seperti kompor gas yang putar.

Oia, untuk menyalakan mobil Agya 1.2  E MT tidak menggunakan tombol start stop, serta belum dilengkapi dengan power mode untuk berkendara seperti tipe G atau GR. 

Fitur Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT

Meski tipe terendah, Daihatsu Ayla 1.0 M MT sudah memiliki beberapa fitur seperti pendingin udara atau AC, power window, dan seatbelt lengkap sampai penumpang baris kedua. Namun untuk kuncinya belum dibekali remote apalagi smart entry. Yang tak kalah penting, Ayla tipe terbawah ini fitur keselamatan berupa dual airbag. 

Yang membedakan Toyota Agya tipe terendah dengan Ayla 1.0 M MT yaitu, fitur yang dibenamkan ternyata cukup banyak, apalagi menyoal keamanan dan keselamatan. Berikut beberapa fitur yang ada pada Aga 1.2 E MT, ABS, EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm, Immobilizer, Rear Parking Sensor, ISOFIX, Dual Airbag, Seat Belt Warning, dan Speed Sensor Lock.

Performa Mesin Daihatsu Ayla 1.0 M MT dan Toyota Agya 1.2 E MT

Mesin Daihatsui Ayla 1.0 liter

Mesin Daihatsui Ayla 1.0 liter
Performa Mesin 
Jenis  Daihatsu Ayla 1.0 M MT Toyota Agya 1.2 E MT
Tipe  Mesin 1KR-VE, DOHC, VVT-i WA-VE, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1.0 Liter 1.2 Liter
Jumlah Silinder 3 Silinder 3 Silinder
Jumlah Katup 12  12 
Tenaga 67 PS / 6.000 Rpm 88 PS / 6.000 Rpm
Torsi 89 Nm/ 4.400 Rpm 113 Nm / 4.500 Rpm
Transmisi 5 Percepatan 5 Percepatan

Nah, tertarik punya Daihatsu Ayla atau Toyota Agya versi termurah? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil