window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport?

Yongki Sanjaya · 13 Mar, 2023 14:30

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 01

Toyota akhirnya resmi meluncurkan Agya GR Sport pada publik Tanah Air di pembukaan Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 lalu. Hal yang cukup mengejutkan ialah harga city car tersebut telah menembus angka Rp250 juta, tepatnya Rp256 juta untuk transmisi matic CVT.

Dengan harga yang segitu tinggi, tentu masyarakat akan membandingkannya dengan banyak city car lain, semisal Honda Brio RS yang harganya lebih terjangkau. Sebagai informasi, harga Honda Brio RS Urbanite Edition sebagai tipe tertinggi Brio ini dijual seharga Rp243.900.000. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harganya Lebih Murah, Beli Daihatsu Sirion Menang Banyak Daripada Honda Brio RS Urbanite?

Lebih Mahal Nyaris Rp65 Juta, Pilih Toyota Agya GR Sport 2023 Atau Cukup Tipe G?

Jajal Bedanya Toyota Agya 2023 Tipe G dan GR Sport, Lebih Fun yang Mana?

Lantas, apa sih hal menarik yang dimiliki Toyota Agya GR Sport bila dibandingkan Honda Brio RS Urbanite Edition? Mari kita bandingkan tiap model tersebut dari sisi performa dan fitur yang dimiliki.

Toyota Agya GR Sport, Buka Sekedar City Car dengan Tambahan Body Kit

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 01

Agya GR Sport dilengkapi dengan aero kit yang meningkatkan kesan sporty dan aerodinamika agar menghasilkan down force yang baik. Tak cuma menambah body kit dan velg alloy 15 inci, PT Toyota Astra Motor juga melakukan tuning pada bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid.

Tak lupa, penggunaan sport tires untuk steering yang lebih responsive handling yang lebih superior. Tujuannya, agar Agya GR Sport ini menghasilkan handling yang lincah dan lebih responsif ketimbang Agya tipe G yang mengisi segmen LCGC. Hal lain yang membedakan Agya GR Sport dengan tipe G ialah aksen ornamen GR Sport seperti dark silver ornament color pada kisi AC, GR Sport logo dan red stitch pada bangku depan dan bagian bawah kemudi sudah berbahan kulit sintetis, floor mat, serta leather shift knob.

Fitur dan Mesin Toyota Agya GR Sport Mirip Tipe G

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 02

Selain aspek kosmetik dan upgrade handling tadi, kelengkapan pada Toyota Agya GR Sport sama seperti yang dimiliki tipe G termasuk hingga mesin yang digunakan. Pada sisi eksterior, Agya telah memakai headlamp berteknologi LED dengan fitur Follow Me Home dan Auto Cut Off. Kemudian, pengaturan spionnya telah memakai electric mirror.

Berlanjut ke Interior, Agya GR Sport didukung Head Unit 7 inch lengkap dengan fitur mirroring, ditambah koneksi via Bluetooth, AUX-IN, dan USB. Lebih lanjut, city car ini juga telah memiliki fitur Tilt steering, Front & Rear Separated Head Rest, Digital AC, Steering Switch, dan Push Start Button. Khusus tipe CVT, tersedia Paddleshift dan Power Mode sehingga lebih fun to drive.  

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 03

Sementara itu fitur keselamatannya terdapat ABS+EBD, dengan diameter teromol rem belakang ditambah untuk meningkatkan daya pengereman. Terdapat pula Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning. Dual Airbags ada di seluruh tipe, berikut Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar.

Performa mesin pada varian GR Sport maupun tipe G atau E sebenarnya sama, karena memakai mesin serupa. Agya GR Sport dibekali new engine 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS dan torsi yang lebih tinggi pada 113 Nm. Improvement di putaran mesin rendah memberikan power agility yang lebih baik.

Harga Honda Brio RS Urbanite Edition, Performa dan Fitur Lebih Menjanjikan?

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 04

Kehadiran Agya GR Sport ini bisa dibilang menjadi rival baru dari Honda Brio RS Urbanite Edition. Sebagai informasi, tipe tertinggi Brio tersebut telah mengalami penyegaran pada April 2022 lalu. 

Pada sisi eksterior, terdapat update Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle. Kemudian pada sisi eksterior, New Honda Brio RS Urbanite memakai velg alloy berukuran 15 inci dengan warna full hitam dengan ban menggunakan 185/55 R15.

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 05

Honda tidak melakukan ubahan apapun pada bagian interior, dengan fitur yang mirip seperti Brio RS biasa. Interiornya memiliki AC digital dengan sentuhan tombol, dikombinasikan layar head unit 6,2 inci dengan kemampuan memutar beragam format musik serta hands free telephone. 

Kenyamanan berkendara hadir dari kemampuan tilt lingkar kemudi dengan dukungan  audio steering switch. Desain headrest model split bisa diatur tinggi rendahnya. Agak disayangkan, Brio RS Urbanite Edition tak memiliki fitur paddle shift sebagaimana rival barunya itu.

Kemudian pada fitur keselamatan, Brio RS Urbanite terbaru mendapatkan fitur Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, serta fitur keamanan alarm dan immobilizer. 

Tenaga Mesin Lebih Jumawa

Harga Lebih Murah, Honda Brio RS Urbanite Edition Apakah Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 06

Sisi performa masih sama dengan Brio Satya yakni mesin 4-silinder 1.2L i-VTEC yang bertenaga 90 PS di 6.000 rpm dan torsi 110 Nm di 4.800 rpm. Selain tranmsisi manual, Brio juga mendapatkan pilihan transmisi CVT dengan Earth Dream Technology.

Kesimpulan

Dengan selisih harga lebih dari Rp12 juta, terlihat kalau kelengkapan Brio RS Urbanite bedanya lumayan ketimbang Agya GR Sport. Agya unggul pada sisi kemudahan berkendara dengan adanya paddle shift serta panel head unit dengan layar lebih besar.

Selain itu, Honda Brio RS Urbanite juga tak memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA) sebagai standar. Tak seperti di Agya GR Sport, varian termahal Brio RS ini juga masih memakai kunci model colok. Kelebihan yang dimiliki Brio tak lain dari output tenaga yang lebih tinggi sehingga menghasilkan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil