Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar?

Enda · 20 Mei, 2021 08:00

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 01

Tampilan depan Honda N7X Concept

Belum lama ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda N7X Concept yang merupakan singkatan dari “New 7-Seater eXcitement”. Seperti yang pernah disampaikan dalam peluncurannya secara virtual melalui channel YouTube Hondaisme, N7X Concept mengadopsi berbagai keunggulan dari Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Hadir dengan tampilan sporty berkapasitas tujuh penumpang, LSUV konsep ini digadang-gadang akan menjadi suksesor Honda BR-V. Apabila hal tersebut benar terjadi, nantinya versi produksi massal dari N7X Concept ini akan bertarung langsung dengan Toyota Rush serta Mitsubishi Xpander Cross.

Baca juga: 5 LMPV Terlaris di Indonesia, Avanza Masih Memimpin dan Wuling Confero Geser Honda Mobilio

Honda N7X Concept Punya Dimensi Paling Besar?

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 02

Tampilan samping Honda N7X Concept

Indonesia diketahui sebagai negara pertama yang memperkenalkan Honda N7X Concept. Dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., berdasarkan studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia sendiri, N7X Concept menampilkan bodi yang ramping dengan garis tajam, kap mesin yang kokoh serta ban berukuran besar untuk menyempurnakan tampilannya yang kuat sekaligus elegan.

Melalui N7X Concept, HPM disinyalir akan menghadirkan versi produksinya nanti dengan menyuguhkan kenyamanan kelas premium, kabin yang lega, serta performa yang bisa diandalkan.

Melihat dimensi Honda N7X Concept, seperti yang dilansir dari Otodriver.com yang melakukan pengukuran langsung secara manual, diketahui LSUV konsep Honda ini memiliki panjang 4.520 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.750 mm. Bila dibandingkan dengan Toyota Rush maupun Mitsubishi Xpander Cross, N7X Concept mempunyai dimensi yang lebih besar.

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 03

Tampilan samping Mitsubishi Xpander Cross

Seperti yang diketahui, Menurut spesifikasi data, Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.706 mm. Sementara LSUV 7-seater flagship tiga berlian, yakni Mitsubishi Xpander Cross mempunyai panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm.

Bahkan, bila melihat dimensi Honda BR-V saat ini dengan panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm, N7X Concept juga terbilang lebih besar.

Varian Honda N7X Concept Lebih Sedikit Dari Rush dan Xpander Cross?

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 04

Tampilan belakang Honda N7X Concept

Video virtual world premiere Honda N7X yang yang ditayangkan melalui channel YouTube Hondaisme, sempat memperlihatkan beberapa detail kendaraan konsep LSUV terbaru Honda yang direncanakan akan diproduksi pada Agustus tahun ini.

Dalam salah satu scenes video terlihat beberapa gambar penampakan bagian depan dan belakang mobil yang disinyalir merupakan versi produksi dari Honda N7X Concept.

Baca juga: Prediksi Fitur Honda N7X, Apakah Akan Lebih Baik dari Honda BR-V dan Mobilio?

Di dalam cuplikan juga terdapat potongan gambar yang menampilkan bahwa mobil ini akan dihadirkan dengan tiga varian, yaitu S, E, dan Prestige. Ketiga tipe yang ditawarkan tersebut juga diketahui merupakan bagian dari pilihan model Honda BR-V yang masih dijual hingga saat ini.

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 05

Roof rail Honda N7X Concept

Mengenai varian S yang merupakan calon tipe termurahnya ini belum dilengkapi dengan roof rail di bagian atapnya. Bagian lingkar roda, baik varian S dan E juga akan mendapatkan velg single-tone berukuran 16 inci.

Sedangkan untuk tipe Prestige, sebagai cikal bakal varian termahalnya ini secara fisik akan mendapatkan velg berukuran 17 inci model two-tone yang mana bentuknya menyerupai N7X Concept yang telah berhasil diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Melihat Toyota Rush, PT Toyota Astra Motor menghadirkan LSUV flagshipnya ini dalam empat varian, yakni 1.5 G M/T, 1.5 G A/T, 1.5 S M/T TRD dan 1.5 S A/T TRD. Begitupun Mitsubishi Xpander Cross, mobil ini ditawarkan dengan pilihan M/T, A/T dan Premium Package A/T.

Honda N7X Concept Bakal Pakai Mesin Honda City Hatchback RS?

Adu Dimensi Honda N7X Concept Vs Toyota Rush Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Paling Besar? 06

Mesin Honda City Hatchback RS yang prediksi kami akan disematkan pada produksi massal Honda N7X Concept

Menurut prediksi kami, Honda N7X Concept versi produksi massalnya nanti akan menggunakan mesin baru yang sama dengan Honda City Hatchback RS. Hal ini dikarenakan Honda BR-V sendiri disematkan mesin yang sama persis dengan Honda Jazz maupun Mobilio.

Secara data, mesin berkodekan L15ZF 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW ini mampu memeras tenaga hingga 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm, yang mana putaran dari mesin akan ditranslasi ke roda depannya.

Mengetahui jantung pacu yang digunakan Toyota Rush, mobil ini berhasil ditanamkan mesin berkode 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm melalui sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD).

Sedangkan Mitsubishi Xpander Cross ditanami mesin berkode 4A91 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1.499 cc yang dapat memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm. Untuk membuatnya berjalan, tenaga yang dihasilkan diarahkan melalui roda depannya.

Kesimpulan

Honda N7X Concept diprediksi akan segera memasuki tahap produksi yang kemudian diluncurkan pada tahun ini. Produksi massal LSUV 7-seater terbaru pabrikan otomotif berlogokan ‘H’ tegak ini disinyalir akan memiliki dimensi yang lebih besar dari calon rivalnya, yaitu Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander Cross.

Tidak hanya itu, menurut kacamata kami, versi produksinya nanti akan dibenamkan mesin terbaru yang sama persis digunakan Honda City Hatchback RS dengan menghasilkan tenaga paling besar bila dibandingkan kedua calon pesaing utamanya.

Baca juga: Detail Honda N7X Concept Yang Akan Diproduksi Sudah Tampil di Video Debutnya

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru