Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer

Enda · 27 Jul, 2021 13:30

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 01

Toyota New Venturer dibandrol dengan harga hampir menembus setengah miliar rupiah

Bicara soal Toyota Venturer, mobil ini dihadirkan pertama kali pada 2017 yang sekaligus merupakan varian termahal dan termewah dari Kijang Innova. Selang tiga tahun setelah peluncurannya, kendaraan Multi Purpose Vehicle 6-seater jenama pabrikan Jepang berlogokan tiga oval tersebut kembali mendapatkan penyegaran yang membuatnya tampak tough, maskulin dan semakin prestisius.

Mengetahui harga terbarunya dengan diskon PPnBM yang diberikan oleh pemerintah selama beberapa bulan ke depan, menurut situs resminya, Toyota New Venturer kini dibandrol mulai dari Rp412,9 juta hingga Rp468,5 juta.

Jika kalian berniat untuk membelinya dalam waktu dekat, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Toyota New Venturer berikut ini.

Baca juga: Toyota Venturer Vs Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Mewah?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan Toyota New Venturer

1. Kombinasi Aksen Mewah Sekaligus Sporty 

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 01

Bukan cuma mewah, Toyota New Venturer juga terlihat sporty

Bukan cuma mewah, Toyota New Venturer pada kenyataannya juga terlihat sporty. Seperti yang bisa kalian lihat, mobil ini terkesan lebih agresif berkat penggunaan grille bermodelkan ‘trapezoid’ yang dikelilingi aksen krom dan terlihat lebih menyatu.

Berbeda dengan beberapa trim Kijang Innova, New Venturer sudah dilengkapi LED Projector Headlamp yang dibungkus oleh lampu utama berbentuk pipih menyudut dengan menghasilkan pencahayaan yang baik di malam hari.

Untuk menciptakan kesan macho, disekililingnya berhasil disematkan side skirt berkelir hitam yang menyambung dengan over fender yang mana terdapat ornament list krom diletakan pada sisi ujungnya bumpernya serta bagian bawah side moulding.

2. Fitur Premium di Toyota New Venturer

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 02

Fitur premium pada Toyota New Venturer

Demi menunjang kenyamanan berkendara, Toyota New Venturer juga berhasil dibenamkan beberapa fitur pendukung didalamnya. Seperti yang bisa kalian rasakan, kelas termewah Kijang Innova ini sudah didukung dengan head unit New Comprehensive 9" yang telah mengadopsi teknologi Miracast, Smart Phone Connection, Radio, USB, Bluetooth dan terakhir NFC yang bisa kalian gunakan untuk mengecek saldo uang pada kartu elektronik.

Melihat daripada fitur keselamatannya, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal, Hill Start Assist (HSA) serta sistem pengereman ABS dan EBD.

Demi memberikan perlindungan lebih terhadap setiap penggunannya ketika mengalami benturan, Toyota New Venturer juga mendapatkan SRS Airbag berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags. 

Untuk selalu menghasilkan udara yang bersih, mobil ini turut diesmatkan pembersih udara terintegrasi atau yang disebut Integrated Air Purifier (Car Ionizer).

Air purifier dapat bekerja secara otomatis sehingga akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara dalam kabin. Healthy feature ini dirasa dapat memberikan kenyamanan lebih bagi anggota keluarga yang sedang melakukan perjalanan.

Oh iya, tidak ketinggalan bahwa New Venturer ini dilengkapi mode berkendara yang meliputi Eco Mode dan Power Mode yang mana bisa dipilih salah satunya untuk menyesuaikan mood berkendara dan kondisi jalan.

3. Toyota New Venturer Pakai Jok Captain Seat

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 03

Jok captain seat pada Toyota New Venturer

Toyota New Venturer ini memiliki tampilan interior yang didominasi warna hitam dengan New Black Evaporated Leatherette Seat with Red Stitch dan New Darker Color Wooden Panel yang membuatnya tampil elegan dan eksklusif.

Bicara mengenai konfigurasi tempat duduk, mobil ini mendapatkan jok model captain seat dengan bahan yang tebal dan lebar di baris keduanya. Secara keseluruhan, New Venturer bisa dimuati hingga enam penumpang tanpa mengorbankan kesan yang sempit.

Tidak cuma itu saja, di baris kedua juga terdapat folding table yang bisa kalian gunakan sebagai meja makan atau minum bahkan untuk menaruh laptop. Nyaman bukan?

4. Ayunan Suspensi Toyota New Venturer Cukup Empuk dan Nyaman

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 04

Suspensi Toyota New Venturer cukup empuk dan nyaman

Menggunakan suspensi bermodelkan Double Wishbone With Coil Spring and Stabilizer di bagian depan serta 4 Link With Coil Spring and Lateral Road di belakang, membuat bantingan mobil ini terasa cukup empuk. Terlebih penggunaan sasis model tangga dengan campuran material besi serta baja, juga turut menghasilkan kelenturan namun tetap kuat pada mobil ini.

Tak heran apabila setiap orang yang berada didalamnya akan tetap merasa nyaman ketika melewati jalan yang berkontur.

5. Toyota New Venturer Dibenamkan Dua Pilihan Mesin Bensin dan Diesel

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 05

Pilihan mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L turbocharger Toyota New Venturer

Sama seperti Kijang Innova, Toyota New Venturer turut dihadirkan dua pilihan mesin yang cukup bertenaga, yaitu 2.0L bensin serta 2.4L diesel turbocharger.

Secara data, mesin bensin 2.0L berkodekan 1TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 1.998 cc ini mampu merilis tenaga 139 PS @5.600 rpm di angka torsi 183 Nm @4.000 rpm.

Sedangkan mesin 2.4L diesel turbocharger bertipekan 2 GD FTV 4-silinder, 4-silinder, 16 valve DOHC with VNT Intercooler 2.393 cc dapat menghasilkan tenaga sebesar 149 PS @3.400 rpm dan torsinya mencapai 359 Nm @1.200-2.600 rpm.

Sebagai informasi, kedua mesin yang ditawarkan tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic serta manual 5-percepatan.

Baca juga: Ingin Beli Toyota Innova Venturer 2021 Secara Kredit, Segini Gaji Minimum yang Disyaratkan

Kekurangan Toyota New Venturer

1. Dibandrol dengan Harga yang Mahal

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 06

Harga terbaru Toyota New Venturer dengan diskon PPnBM

Menurut kami dengan harga yang ditawarkan hampir menembus angka setengah miliar rupiah dengan diskon PPnBM dari pemerintah saat ini, membuat Toyota New Venturer terbilang tidak reasonable. Mengingat  dengan uang Rp412,9 juta hingga Rp468,5 juta kalian bisa mendapatkan pilihan mobil lainnya yang lebih gagah, mewah dan nyaman.

2. Suspensi yang Empuk Bikin Mobil Ini Limbung

Menghasilkan ayunan suspensi yang empuk, membuat mobil ini menimbulkan gejala body roll ketika dibawa menikung dalam kecepatan di atas 60 km/jam. Dengan begitu kekhawatiran menikung dalam kecepatan tinggi masih ditakuti setiap penggunanya.

3. Mesin Dieselnya Tidak Disarankan Menggunakan Bio Solar

Harga Baru Hampir Setengah Miliar Rupiah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Venturer 07

Varian diesel Toyota New Venturer tidak cocok menggunakan BBM jenis Bio Solar

Menggunakan teknologi Injection With Common Rail, jantung mekanis mesin diesel yang digunakan mobil ini tidak cocok mengkonsumsi BBM jenis bio solar. Jika terus memaksakan menggunakan solar jenis ini, hal terburuknya akan memperpendek usia injector, serta membuat kerak pada ruang bakar.

4. Mesin Bensinnya Lebih Boros Bahan Bakar

Toyota New Venturer menggunakan mesin bensin yang terkenal akan boros dalam hal penggunaan bahan bakar. Tercatat bahwa konsumsi BBM mesin berkombusi injeksi ini mampu menempuh jarak 8-10 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Bukan cuma itu saja, tenaga dari mesin bensinnya ini dianggap kurang responsif, terlebih dikawinkannya transmisi otomatis 6-percepatan.

Baca juga: Sudah Dekati Rp500 Juta, Toyota Kijang Innova Seharusnya Dapatkan Toyota Safety Sense

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Venturer 2.0 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru