Ingin Beli Toyota Veloz 2021 Secara Kredit, Segini Gaji Minimum yang Dibutuhkan

Yongki Sanjaya · 13 Jan 2021 14:06

Membeli mobil baru kini menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang sebagai kendaraan harian. Supaya lebih ringan, kita bisa beli mobil baru secara kredit. Misalnya saat ingin beli MPV seperti Toyota Veloz 2021, kita perlu memperhitungkan besarnya cicilan dibandingkan pendapatan bulanan yang kita terima.

Perhitungan ini terkait dengan kondisi kesehatan keuangan kita. Pasalnya, bila persentase cicilan yang terlalu besar bila dibandingkan pendapatan, maka membuat kita tidak memiliki pegangan uang yang cukup untuk simpanan atau kebutuhan harian.

Apalagi kalau gaji bulanan yang kita terima tidak terlalu besar. Tentu saja harus semakin pandai dalam mengatur keuangan supaya tidak tekor. Secara umum, kamu akan mengalokasikan 50% dari gaji bulanan Anda untuk kebutuhan pokok. 

Kemudian 30% untuk membayar cicilan dan hutang, 10% untuk ditabung dan 10% lagi untuk pegangan harian. Angka tabungan ini mestinya bisa semakin besar seiring bertambahnya jumlah pendapatan.

Alokasi 30% gaji ini khusus untuk membayar cicilan, misal cicilan rumah, kendaraan, atau hutang-hutang yang lain. Jangan sampai, alokasinya semakin bertambah besar. Prioritaskan penyelesaian hutang pertama lebih dulu, jangan menambah hutang sebelum lunas.

Jadi saat ingin membeli Toyota Veloz 2021, kita bisa menghitung besarnya cicilan per bulan sesuai dengan pendapatan bulanan yang kita terima. Jangan lupa, kita juga perlu menyiapkan dana cukup besar untuk membayar uang muka yang biasanya sampai puluhan juta rupiah.

Menghitung Cicilan Kredit Toyota Veloz 2021

Toyota Veloz 2021 menjadi varian mewah dari keluarga Avanza. Basisnya memang sama, namun Veloz hadir dengan fitur lebih lengkap. Toyota Veloz pun layak digunakan sebagai mobil keluarga harian.

Kalian yang ingin membeli Veloz bisa memilih opsi pembayaran secara kredit supaya lebih ringan. Untuk itu kita perlu menghitung terlebih dahulu besar kecilnya cicilan dan uang muka. Dengan begini, kita tahu seberapa besar persentase cicilan dengan gaji atau pendapatan yang kita terima.

Sebagai contoh, kami akan memakai skema yang disediakan oleh Toyota Astra Finance. Lembaga pembiayaan dari Toyota ini menyediakan skema dari setiap tipe di Toyota Veloz. 

Toyota Astra Finance menyiapkan opsi dari 12 sampai 60 bulan dari tiap tipe. Berikut ini rentang cicilan Toyota Veloz 2021 dari tiap tipe. 

Toyota Veloz 1.3 AT Rp 227,3 juta, besaran DP Rp 45,96 juta flat untuk seluruh Tenor cicilan (12-60 bulan). Besar cicilan mulai dari Rp 4.964.000 (60 bulan) sampai yang termahalnya Rp 16.721.000 (12 bulan). 

Toyota Veloz 1.5 MT Rp 227,5 juta, besaran DP 46 juta flat untuk seluruh Tenor cicilan (12-60 bulan). Besar cicilan mulai dari Rp 4.850.000 (60 bulan) sampai dengan Rp 16.736.000 (12 bulan). 

Toyota Veloz 1.5 AT Rp 239,3 juta, besaran DP 48,36 juta flat untuk seluruh Tenor cicilan (12-60 bulan). Besar cicilan mulai dari Rp 5.225.000 (60 bulan) sampai Rp 17.603.000 (12 bulan). 

Besar Gaji Untuk Bayar Cicilan Toyota Veloz 2021

Dari gambaran besar cicilan di atas, kita bisa mengukur seberapa besar kemampuan bayar per bulan. Supaya tidak mengganggu keuangan, maka besar cicilan tidak boleh melebihi 30 persen. 

Kita ambil contoh nilai cicilan terendah Veloz yaitu Rp 4.964.000 untuk 60 bulan pada tipe Veloz 1.3 AT. Nilai gaji atau pendapatan yang layak sesuai rumus yaitu Rp 17 juta. 

Lantas bila ingin membeli tipe termahal Veloz dengan tenor paling singkat, ada Veloz 1.5 AT. Besar cicilannya yaitu Rp 17.603.000 selama 12 bulan. Nilai gaji atau pendapatannya yang ideal seuai rumus yaitu Rp 59 juta. 

Leasing Akan Menghitung Nilai Cicilan Sesuai Besaran Gaji

Biasanya, leasing akan menghitung juga berdasarkan slip gaji yang kita dapat. Jadi, proses approval dari surveyor juga akan mempertimbangkan faktor di atas. Kadang, leasing menolak pengajuan kredit apabila jumlah gaji kita tidak proporsional dengan cicilan yang kita ajukan. 

Sebagai lembaga keuangan resmi, leasing juga akan memeriksa riwayat hutang kita ke Otoritas Jasa Keuangan. Sekalipun perhitungan kita dirasa cukup untuk mengambil kredit, kadang bisa saja ditolak. Sebab, leasing juga akan mengecek jumlah tagihan hutang lain dari kartu kredit misalnya. 

Diskon Kredit Mobil Toyota Veloz 

Setiap pembelian mobil, tidak jarang oleh pihak dealer diberikan potongan harga. Soal diskon, sebaiknya kalian bertanya langsung kepada sales counter masing-masing. Nantinya kalian bisa melakukan negosiasi potongan harga dengan sales counter untuk meringankan cicilan. 

Benefit pembelian mobil baru bentuknya bervariasi, tergantung dari kebijakan masing-masing dealer. Nilainya bisa mencapai belasan atau puluhan jutaan rupiah. Kita juga bisa juga berupa bonus dalam bentuk aksesoris kelengkapan mobil. 

Persyaratan Kredit Mobil Toyota Veloz 2021

Untuk pengajuan kredit mobil seperti Toyota Veloz 2021 ini tidak ada bedanya dengan merek lain. Persyaratan yang dibutuhkan yaitu fotokopi KTP dan beberapa berkas pendukung lainnya. 

Persyaratan kredit perorangan:

  • Fotocopy KTP suami dan istri (sudah menikah) 
  • Fotocopy KTP pemohon & orang tua (belum menikah)
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Data lain jika diperlukan (Rek.Listrik/PBB/Slip Gaji)

Proses penyerahan data tadi dilakukan saat survei yang dilakukan oleh surveyor saat datang ke rumah. Persetujuan kredit apabila tidak ada kendala biasanya hanya 1-2 hari kerja. Kemudian, kalian dihubungi oleh pihak dealer untuk pembayaran uang muka. 

Setelah melakukan pembayaran uang muka, pihak dealer kemudian melakukan pengiriman unit sesuai dengan waktu yang diminta pemesan. Nah, pembayaran cicilan pertama sudah bisa dilakukan sejak mobil tiba dari dealer ke rumah.

Kesimpulan

Melihat fakta di atas, bisa kita simpulkan kalau persiapan untuk mengajukan kredit mobil tidak mudah. Perlu perhitungan yang cermat dari sisi pendapatan bulanan dan pengeluaran rutin, termasuk hutang-hutang.

Jadi, sudah terbayang berapa gaji yang ideal apabila kita berencana untuk membeli mobil baru sekelas Toyota Veloz 2021. Sebaiknya, jangan berspekulasi dengan nekat mengajukan kredit apabila kisaran gaji kita di bawah itu karena akan cukup mempengaruhi kondisi keuangan kita secara keseluruhan.  

Komentar

Mobil Terbaru