window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin?

Samuel Tito · 19 Okt, 2020 16:30

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin? 01

Selain kelas atau segmen MPV, sektor SUV merupakan salah satu segmen mobil di Indonesia yang persaingannya sangat ketat. Buktinya, pabrikan mobil cukup rajin meluncurkan varian mobil. Nah, satu hal yang tidak ketinggalan di segmen ini adalah Toyota melalui Fortuner yang hadir dalam versi Fortuner bensin dan Fortuner diesel. 

Sejarah Toyota Fortuner

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, Toyota Fortuner telah mengalami beberapa kali perubahan, baik itu eksterior, interior, hingga fitur yang dibenamkan. Nah, hal ini tentunya dilakukan agar mobil ini menjadi top of mind masyarakat Indonesia di segmen SUV.

Pada bulan Agustus 2007 Toyota Fortuner mulai dipasarkan pada mesin berbahan dasar diesel dengan jenis mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Dengan menggunakan teknologi Common Rail, mesin ini sama dengan Toyota Kijang Innova.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada awalnya Toyota Fortuner Diesel hanya diproduksi dengan transmisi manual namun pada tahun 2009 Toyota juga merilis Toyota Fortuner Tuned dengan transmisi otomatis. Pada versi terbarunya sendiri, Toyota Fortuner terbaru memiliki desain bodi yang sangat segar. Pasalnya pada tampilan terbaru Toyota Fortuner tampil lebih gagah dan sporty.

Perubahan paling mencolok pada New Toyota Fortuner terletak pada desain lampu depan yang memiliki tampilan lebih sempit yang dikolaborasikan dengan aksesoris lain. Untuk mesinnya sendiri, Toyota Fortuner terbaru telah didukung oleh mesin berjenis bensin 2TR Dual VVT-i berkapasitas 2,7 liter yang cukup boros

Sedangkan mesin diesel 2GD-FTV dengan VNT berkapasitas 2,4 liter menggantikan mesin 2KD. Perbandingan mesin 2KD vs 2GD ini punya perbedaan tenaga yang signifikan pada model terbaru 

Toyota Fortuner terbaru memiliki tipe baru yaitu tipe VRZ dan SRZ. Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas bersama kelebihan dan kekurangan All New Toyota Fortuner matic atau manual. 

Mesin Toyota Fortuner
Tipe Mesin 2TR-FE inline-4 Dual VVT-i    2GD-FTV inline-4 Diesel Common Rail Turbo VNT 2GD-FTV inline-4 Diesel Common Rail Turbo VNT
Kapasitas Silinder 2,694 cc 2,393 cc
Tenaga Maksimal 160 HP   149 HP
Torsi Maksimal  242 Nm  400 Nm
Akselerasi 0-100 km/jam 12,8 detik    12,8 detik
Konsumsi bahan bakar  9,6 km/liter (dalam kota) & 11,1 km/liter (luar kota)  10,5 km/liter (dalam kota) & 18,4 km/liter (luar kota)
Transmisi  Manual 6-percepatan / Otomatis 6-percepatan Otomatis 6-percepatan
Sistem Penggerak 4x2 Rear-Wheel Drive 4x2 Rear-Wheel Drive / 4x4 four-wheel drive

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin? 01

Toyota Fortuner merupakan salah satu SUV terpopuler dan merupakan salah satu tulang punggung Toyota. Meski begitu, bukan berarti mobil ini terlihat manis tanpa cela. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Toyota Fortuner

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin? 02

Eksterior gagah

Keunggulan Toyota Fortuner pertama adalah tampilannya yang gagah dan sangar. Hal tersebut terlihat dari hadirnya TRD Sportivo Grille, New TRD Sportivo Front Underguard, dan Rear Roof Spoiler yang membuat tampilan depan mobil ini semakin gagah dan sporty.

Jangan berhenti sampai di situ. Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan New LED Daytime Running Light (DRL) dan fog lamp yang dilapisi dengan aksen chrome. Alhasil, tidak hanya mobil tampil gaya, pemasangan komponen ini juga akan memaksimalkan pandangan pengemudi saat berkendara di kondisi jalan yang gelap atau berkabut.

Mesin Responsif

Mesin responsif adalah keunggulan kedua Toyota Fortuner. Yap, dengan bodinya yang bongsor, akan kalah rasanya jika Toyota tidak menyematkan jantung mekanis yang tak kalah garang.

Toyota Fortuner dibekali mesin 2KD-FTV VB Turbo Intercooler yang memiliki kapasitas mesin 2.494 cc. Dengan mesin tersebut, Toyota Fortuner mampu menghasilkan tenaga maksimal 144 PS dengan putaran mesin 3.400 rpm dan torsi maksimal 35 kgm pada putaran mesin 2.899 rpm.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin? 03

Sebagai SUV keluarga, sudah sepantasnya Toyota menyematkan banyak fitur keselamatan dan keamanan pada Fortuner. Contohnya Toyota Fortuner yang dilengkapi dengan Dual SRS Airbag yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang depan saat terjadi kecelakaan fatal.

Selanjutnya untuk menjaga keselamatan dan keamanan penumpang dan pengemudi, Toyota Fortuner juga telah dilengkapi dengan fitur ABS + EBD yang berfungsi untuk menstabilkan pengereman meski mobil ini melakukan pengereman secara mendadak dengan kecepatan tinggi.

Suspensi Mampu Meredam Getaran dengan Baik

Selanjutnya pada bagian suspensi, Toyota Fortuner dibekali dengan kualitas suspensi yang sangat baik. Pada bagian depan, mobil ini menggunakan suspensi berjenis double wishbone dengan coil spring & stabilizer. Sedangkan untuk bagian belakang, mobil ini sudah menggunakan suspensi 4 link dengan batang lateral & pegas koil.

Alhasil, perpaduan kedua jenis suspense ini membuat Toyota Fortuner mampu meredam getaran dengan sangat baik saat melewati jalan berlubang sehingga Anda akan merasa nyaman selama berada di dalam mobil ini. Selain itu suspensi ini juga membuat mobil ini memiliki handling yang cukup baik.

Kekurangan Toyota Fortuner

Konsumsi Bahan Bakar yang Boros

Ya, Anda tidak perlu heran dengan poin yang satu ini. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika sebuah kendaraan menggunakan mesin berkapasitas besar, maka bisa dipastikan mobil tersebut boros bahan bakar. Nah, inilah yang terjadi pada Toyota Fortuner. Anda harus rela mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk urusan bahan bakar.

Interior Kurang Variatif

Selain konsumsi bahan bakar yang boros, kekurangan berikutnya dari Toyota Fortuner adalah interiornya yang kurang variatif. Bahkan, interior Toyota Fortuner terkesan lebih monoton dan tidak terlalu banyak mengalami perubahan dari seri sebelumnya.

Kursi Baris Tiga Baris Sempit

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pilih Gagah atau Boros Bensin? 04

Sebagai mobil yang memiliki dimensi bongsor dan besar, Toyota Fortuner memiliki tiga baris jok yang terbilang sempit. Untuk orang dewasa, hal ini akan sedikit mengganggu karena Anda tidak memiliki ruang kaki yang cukup untuk bergerak bebas.

Nah, hal ini tentunya akan berdampak pada kenyamanan yang dirasakan oleh pengemudi, terlebih saat melakukan perjalanan jarak jauh. Kursi baris ketiga ini lebih cocok digunakan oleh anak-anak saja.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner yang perlu Anda ketahui. Dilihat dari hal-hal tersebut dapat dipastikan bahwa mobil ini memiliki banyak kelebihan dan bukan kekurangan sehingga bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari SUV.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner

Kelebihan

• Perubahan desain dan menjadi lebih modern. - Mesin diesel baru, 2GD-FTV yang lebih bertenaga dari sebelumnya

• Fitur lengkap dalam beberapa varian mulai dari lampu LED, pintu bagasi elektrik, dan lain sebagainya.

Kekurangan

• Mesin baru masih kalah dengan pesaing terdekatnya, Mitsubishi Pajero Sport.

• Desain yang kurang agresif

• Varian penggerak 4x4 cukup mahal

• Kualitas jok kulit terasa biasa saja.

• Relief baris ketiga juga tidak istimewa.

Daftar Harga Toyota Fortuner

Tipe   Harga
Toyota Fortuner 4x2 2.4 G M/T DSL Rp 492,950,000
Toyota Fortuner 4x2 2.4 G A/T DSL Rp 510,950,000
Toyota Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T DSL Rp 541,550,000
Toyota Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD Rp 554,850,000
Toyota Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T BSN Rp 566,950,000
Toyota Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T BSN TRD Rp 580,250,000
Toyota Fortuner 4x4 2.4 G A/T DSL Rp 613,450,000
Toyota Fortuner 4x4 2.4 VRZ A/T DSL Rp 685,050,000

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil