window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan

Yongki Sanjaya · 9 Agu, 2021 17:00

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 01

Toyota Fortuner yang hadir sejak 2005 awalnya bukanlah sebuah SUV rakitan lokal. Mobil ini hadir sebagai barang impor dari Thailand dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Untuk versi bensin, Toyota Fortuner bekas dibekali mesin berkapasitas 2.7 liter yang sudah terkenal ketangguhannya.

Untuk pengembangannya, Fortuner menggunakan platform pick up Toyota Hilux. Perlu diketahui, bahwa Fortuner adalah bagian dari IMV Project di Thailand milik Toyota, bersama dengan Kijang Innova dan Hilux. Itulah mengapa kita bisa melihat ada sedikit kemiripan penampilan antara Fortuner dan Hilux.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Varian Toyota GR Sport Sudah Resmi Meluncur, Ini Model dan Harga Lengkapnya

Adu Mobil Rp500 Jutaan Beda Segmen, Pilih Toyota Voxy Atau Toyota Fortuner?

Komponen Speedometer Toyota Fortuner GR Sport Bocor di Marketplace, Meluncur Sebentar Lagi?

Sebelum kedatangan Fortuner, segmen SUV 7-seater hanya diisi oleh SUV premium diantaranya Land Cruiser, Nissan Patrol dan juga Mitsubishi Pajero. Ketiga mobil tersebut dijual dengan harga lebih dari Rp 1 Miliar. 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 01

Melihat besarnya celah, akhirnya Toyota memperkenalkan SUV tangguh ini dengan harga lebih terjangkau. Dan terbukti, Fortuner terkenal memiliki reputasi yang baik. Ada suatu keistimewaan dari Toyota Fortuner varian bensin di generasi pertama ini, dimana mesin 2TR-FE juga digunakan oleh Toyota Innova, Toyota Prado, dan juga Toyota Tacoma.

Kini harga Toyota Fortuner Bensin generasi pertama semakin terjangkau, mulai dari Rp150 jutaan. Alasannya karena mesin besar tersebut dianggap boros sehingga kurang bersahabat kalau digunakan sebagai kendaraan harian. 

Dengan usia yang sudah berkisar 16 tahun, apakah Toyota Fortuner layak dimiliki? Mari kita ulas kelebihan dan kelemahan Toyota Fortuner 2.7 ini. 

Mesin dan Transmisi Toyota Fortuner 2.7, Siap Disiksa

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 02

Mesin bensinnya berkode 2TR-FE dikenal perkasa dan tidak punya masalah berarti sehingga punya reputasi badak. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 158 Ps dan torsi puncaknya adalah 241 Nm. 

Transmisi yang digunakannya menggunakan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan dengan torque converter. Transmisi buatan Aisin Warner berkode AW30-43LS terkenal tangguh dan tahan disiksa. 

Tentunya transmisi ini akan awet dan akan tahan lama apabila pemilik sebelumnya rajin dalam mengganti oli transmisi dan mengurasnya.

Tampilan Maskulin Toyota Fortuner 2.7L, Aura SUV Sejati

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 03

 

Dengan basis platform IMV, maka membuat Fortuner ini memiliki DNA off road yang kuat. Pada bagian depan, kita langsung dihadapkan dengan tampilannya yang berotot. Fendernya cukup menonjol dengan sudut membulat, seperti otot binaraga. 

Bagian grille menggunakan ukuran besar begitupun pada lampu yang ukurannya besar. Toyota melengkapi bagian ini dengan skid plate yang bisa memberikan perlindungan ketika terjadi benturan di bagian depan.

Sebagai pendukung mobil dalam melintasi jalanan yang kurang baik, mobil ini memiliki ground clearance ukuran 220 mm. Untuk memudahkan naik ke kabin, Fortuner telah dipasangi footstep yang berada di sisi samping.

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 04

Beralih ke bagian belakang, kesan bongsor juga terasa kuat. Pada sisi atasnya terdapat spoiler dengan kaca yang telah memakai wiper belakang. Pada lampunya menggunakan ukuran yang besar, dan posisinya sebagian ditempatkan pada pintu bagasi. 

Lekuk sudutnya membulat tegas, dengan pilar D bergaya floating membuatnya terkesan modern. Lekuk membulat ini juga terdapat pada bumper belakang dan fender roda belakang yang membuatnya maskulin. 

Fortuner ini juga menjadi model yang memiliki filosofi modern karena desain ban serep tersembunyi. Posisinya bukan tergantung di pintu melainkan di kolong mobil sehingga membuat bagian belakangnya bersih. 

Kelebihan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, Interior Didukung Fitur Modern

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 05

Untuk ukuran mobil lawas, Fortuner sebenarnya masih cukup modern. Bahkan fiturnya bisa kita bilang canggih pada saat mobil ini baru meluncur. Terdapat head unit 2DIN yang dulu jadi barang mewah khas tahun 2000-an. Memang, kalau sekarang ketinggalan zaman karena masih berupa radio dan CD player. 

Hal menarik lainnya yaitu pengaturan AC nya sudah menggunakan sistem digital. Belum banyak mobil sejenis di saat itu yang pengaturannya pencet tombol. Kebanyakan pengaturannya masih manual dengan putar knob.

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Fortuner 2.7L Bekas, SUV Alternatif Land Cruiser Seharga Rp150 Jutaan 06

Kelemahan dari kabinnya yaitu dari segi dimensi terlihat bongsor, namun untuk ukuran luasnya ternyata kalah luas dari Kijang Innova. Untungnya kenyamanan yang dimiliki cukup baik, hanya saja di baris ketiga memiliki ruang kepala dan kaki kurang begitu lapang.

Kesimpulan

Toyota Fortuner saat ini menjadi sebuah kendaraan medium SUV yang tangguh cukup diminati di Indonesia. Bagi Sobat yang tinggal di daerah pelosok dengan jalanan yang kurang baik, maka akan cocok bila memilih mobil ini. Ketersediaan bensin non subsidi kini sudah lebih merata hingga ke kota kecil ketimbang diesel non subsidi.

Hal yang menjadi keunggulan dari Fortuner 2.7 bensin generasi pertama ini adalah tenaganya yang besar sehingga bisa menerjang segala medan jalanan. Hanya saja dari segi konsumsi BBM terbilang boros dan belum memakai turbo, sehingga tenaganya 'pas-pasan'. 

Dengan harga mulai dari Rp150 jutaan, Fortuner bensin 2.7 jadi pilihan menarik bagi kamu yang memang sering bepergian ke daerah pelosok yang medan jalanannya cukup terjal. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil