window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia

Yongki Sanjaya · 2 Agu, 2021 12:30

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 01

Sosok Toyota Land Cruiser sudah sejak lama identik dengan mobil tangguh di medan off road. Seiring kemajuan zaman, Land Cruiser berevolusi menjadi sebuah SUV yang mewah. Evolusi ini dimulai sejak kehadiran seri VX80 yang menjadi mobilnya para pejabat dan artis terkenal di Indonesia saat itu.

Toyota Land Cruiser Seri 80 menjadi benchmark SUV 4WD era 1990-an yang menggabungkan kemewahan dan kemampuan jelajah lintas alam yang istimewa. Statusnya kini masuk kategori mobil setengah tua, namun kharismanya tetap berwibawa. 

Toyoto Land Cruiser VX80 resmi diperkenalkan di Indonesia pada 1995 silam, namun harus berhenti dijual 3 tahun setelahnya. Hal ini yang membuat Land Cruiser VX80 menjadi mobil legendaris yang langka. Kemewahan kabin Toyota Land Cruiser ini setara dengan sedan mewah pada masa itu  semisal Toyota Crown, bahkan kenyamanannya tidak kalah  dibanding mobil-mobil kekinian. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apa saja kelebihan dan kelemahan sosok Land Cruiser Seri 80 ini? Mari kita telisik lebih mendalam.

Kelebihan Toyota Land Cruiser VX80, Kemewahan Tak Lekang Waktu

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 01

Land Cruiser awalnya merupakan 'mobil pekerja' yang minim fitur kemewahan, apalagi kenyamanan. Fitur yang ada sebatas mendukung kemampuan di medan terjal dan aktivitas petualangan. Semenjak hadirnya seri 80 ini, image Land Cruiser berubah 180 derajat menjadi SUV premium yang mewah dan prestisius. 

Desain Premium di Land Cruiser VX80

Desain VX80 menunjukkan kesan mewah era 1990-an melalui sentuhan chrome pada grille depan. Bemper depan sebagaimana mobil era 90-an terbuat dari logam yang dilengkapi kisi ventilasi untuk memaksimalkan pendinginan mesin dan perangkat pendingin lainnya seperti  intercooler. 

Kap mesin mempunyai desain rata dari depan hingga belakang untuk mengoptimalkan pandangan pengemudi dan berguna saat melalui medan off road. Desain overhang depan dan belakang dibuat pendek agar  memaksimalkan kemampuan manuver di lintasan off road. 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 02

Interiornya untuk ukuran mobil jaman dulu termasuk istimewa, dengan desain serba  mengalir tidak lagi kaku kotak-kotak. Pengaturan sistem hiburan (head unit + speaker) dan pengaturan berbagai macam hal lainnya cukup  dilakukan dengan menekan tombol. 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 03

Tidak seperti era lawas yang kursinya kurang ergonomis, apalagi untuk penumpang di baris kedua dan ketiga, VX80 punya layout dan desain kursi nyaman seperti MPV. Busa kursinya juga empuk dan nyaman disertai posisi duduk yang dirancang dengan posisi ergonomis agar para penumpang tidak lekas merasa pegal. 

Sistem 4X4 Part Time dan Mesin Berkapasitas Besar, Sangat Akomodatif Untuk Berbagai Kondisi Jalan

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 04

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Land Cruiser VX80 ialah fitur 4X4 part time, sehingga kita bisa mengatur sendiri apakah ingin memakai 4X4 atau 4X2. Aktivasi sistem gerak 4WD menggunakan tuas kecil untuk mengoperasikan transfer case dengan pilihan High gear dan Low gear.   

Bagaimana dengan kinerja mesin dari Toyota Land Cruiser VX80 ini? Jelas tidak akan mengecewakan karena kapasitasnya yang besar. 

Land Cruiser VX80 ditenagai mesin diesel 1HD-T berkapasitas 4200 cc 6-silinder segaris. Tenaga maksimalnya sebesar 162 hp pada putaran mesin 3600 rpm dan torsi puncak mencapai 361 Nm pada putaran mesin 1400 rpm. Mungkin tenaganya biasa saja, tapi torsinya luar biasa untuk melahap medan off road. 

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 05

Tidak heran kalau mesin 1HD-T menjadi mesin favorit untuk engine swap pada Toyota Land Cruiser versi  lama seperti Seri 40 atau Seri 60. 

Ini membuat Land Cruiser VX80 sangat handal untuk medan yang terjal. Berbekal body yang kekar dengan ground clearance yang tinggi, membuat mobil produksi Toyota ini mampu melintasi banjir atau jalan tanah dengan mudah. 

Land Cruiser VX80 juga cocok digunakan sehari-hari, dan mobil ini juga tidak mengecewakan kalau diajak ke mall atau cafe mewah. Konsumsi BBM VX80 tergolong irit yaitu 7-10 km/liter (dalkot) dan 9-12 km/liter (lukot)

Kelemahan Land Cruiser VX80, Mobil Bongsor Khusus Kolektor

Kelebihan dan Kelemahan Toyota Land Cruiser VX80, Benchmark SUV Premium Modern Indonesia 06

Kelemahan dari VX80 sebenarnya tak banyak, biasanya hanya seputar pemakaian dan perawatan yang agak mahal karena populasi mobil ini yang tidak terlalu banyak. Itulah mengapa Land Cruiser VX80 ini kebanyakan dimiliki oleh kalangan penggemar SUV. 

Posturnya yang bongsor ini membuat tidak semua orang bisa dengan sigap mengemudikan Land Cruiser VX80. Mobil ini gagah tapi tidak bisa lincah bermanuver di jalan perkotaan. 

Kesimpulan

Menyandang predikat SUV berkelas dan langka, tidak heran kalau harga bekas Toyota Land Cruiser Seri 80 cukup tinggi. Kini harga termurahnya saja di kisaran Rp300 juta. 

SUV full size ini menjadi salah satu SUV legendaris di Indonesia dan meneruskan legenda Toyota Land Cruiser generasi sebelumnya seperti Seri 40, 50, dan 60. Toyota Land Cruiser Seri 80 ini  menawarkan  kemewahan, kenyamanan disertai  lompatan teknologi yang sangat drastis.  

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil