window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova

Dhoni · 13 Okt, 2020 10:20

Persaingan di segmen Multi Purpose Utility Vehicle (MPV) makin memanas dengan kehadiran line up tebaru dari setiap produser mobil, Salah satunya Wuling Victory atau Kaijie yang baru diluncurkan pada akhir September lalu di China. Kehadiran dari Wuling Kaijie tentu memanaskan persaingan segmen MPV yang di Indonesia saat ini dikuasai Toyota Kijang Innova.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 01

Walau Pihak Wuling Indonesia belum dapat memastikan kehadiran Wuling Victory untuk melengkapi line up mobil mereka, Tapi tidak ada salahnya kita membandingkan mobil hasil kerjasama antara SAIC-GM-Wuling.

Wuling atau Toyota

Dengan konfigurasi tempat duduk 2-2-2 (Captain Seat), mungkin kami dapat membandingkan antara Innova tipe Q tau Innova Venturer. Tetapi jika dibandingkan dengan perkiraan harga Wuling Victory yang paling tinggi adalah 261 jutaan sehingga pesaing terdekatnya adalah Toyota Kijang Innova tipe Q.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai pabrikan yang terkenal dengan mobil berfitur melimpah tetapi dengan harga ekonomis, Wuling Victory 1.5  CVT matic langsung ungul dalam urusan harga dibanding Toyota Kijang Innova tipe Q yang harganya mencapai 407 jutaan.

Eksterior Tegas dan futuristik

Untuk tampilan, Wuling Victory yang telah mengusung Desain ’Wing Dynamic Aesthetics’ hadir dengan wajah sangat elegan dan futuristik dengan penempatan headlamp LED dan sein berada dalam satu bagian, untuk lampu atas merupakan LED DRL seperti alis mata.

Berbeda dengan Kijang Innova yang masih bertahan dengan disain serupa sejak 2015. Bahkan pada Versi Innova Facelift 2021 yang akan meluncur pada 15 Oktober 2020 pun hanya mengalami sedikit ubahan.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 01

Keunggulannya dari Wuling Victory pada sektor eksterior adalah Panoramic Sunroof sehingga pandangan penumpang semakin luas. Pastinya dengan adanya Sunroof membuat Wuling Victory berkesan MPV mewah masa depan dengan harga ekonomis.

Bagian lampu belakang memang terlihat minimalis tetapi memberikan aksen tegas. Bagian bumper belakang Wuling Victory pun memiliki ciri dari kendaraan SUV. Dan untuk mempertegas tampilannya, spoiler dan shark-fin antena ikut terpasang pada mobil yang rencananya mulai beredar pada 2021.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 02

Secara dimensi, Berikut perbandingan Wuling Victory dan Toyota Kijang Innova

Dimensi Wuling Victory Toyota Kijang Innova
Panjang 4.875 mm 4.735 mm
Lebar 1.880 mm 1.830 mm
Tinggi 1.700 mm 1.795 mm
Wheelbase 2.800 mm 2.750 mm

Dengan perbandingan dimensi sesuai tabel di atas, Wuling Victory hanya kalah tinggi 95 mm dibanding Toyota Kijang Innova. Dengan dimensi yang lebih besar tentunya ruang kabin didalamnya semakin luas.

Interior Luas dan Mewah

Kesan mewah dapat dirasakan saat berada di dalam kabin yang secara dimensi lebih unggul di banding Kijang Innova. Kabin Wuling Victory cukup luas untuk area kaki pada baris pertama dan kedua. Terlebih konfigurasi kursi 2-2-2 dengan kursi di baris kedua model captain seat yang memberikan keluasaan. Dan bangku bari ketiga dapat dilipat sehingga jok baris kedua dapat diatur maju maupun mundur. Dengan bangku baris ketiga dilipat maka ruang bagasi akan semakin lebar.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 03

Pada kemudi, dengan model flat bottom – two spoke berdisain futuristic dan dilengkapi berbagai tombol multi fungsi. Dibalik kemudi telah terdapat panel instrumen digital yang dapat memberikan beragam informasi tentang Wuling Victory.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 04

Unsur hiburan pada Wuling Victory menggunakan panel instrument LCD layar sentuh berukuran 10,25 inci model floating screen. Head unit tersebut merupakan pusat kendali untuk segala fitur yang tersedia dalam Wuling Victory.

Sistem Keamanan demi kenyamanan

Pada kendaraan terbaru, unsur kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas yang ditawarkan pabrikan mobil. Langkah tersebut juga dilakukan oleh Wuling, termasuk pada varian Victory yang telah mengadopsi fitur adaptive cruise control dan autonomous emergency braking.

Fitur tersebut bekerja dengan mengandalkan empat kamera high definition dan juga enam sensor radar yang bekerja dengan tambahan fitur (Active Drive Assist System/ADAS). Hal istimewa yang telah tersedia pada mobil seharga 300 jutaan adalah 6 buah airbag demi keamanan para penumpangnya.

Menghadapi tantangan!Wuling Victory Siap Tundukan Kejayaan Kijang Innova 05

Wuling Victory juga telah dilengkapi USB port untuk setiap penumpang, kamera 360 derajat, Electronic Stability Program buatan Bosch, Adaptive Cruise Control yang dilengkapi fungsi Stop & Go dan banyak lainnya.

Untuk kenyamanan, Wuling Victory telah dilengkapi filter udara PM2.5 dan generator ion negatif yang berfungsi mengusir debu, virus hingga bakteri. Kemampuan filter tersebut diklaim dapat membuat lingkungan yang sehat.

Performa Mesin Wuling Victory

Wuling Capgemini dibekali mesin 1.5T dengan tenaga maksimum mencapai 176 Ps dan torsi 290 Nm. Tenaga mesin tersebut disalurkan pada transmisi model manual 6 percepatan dan gearbox CVT. Dengan mesin yang diandalkan Wuling, tentunya Kijang Innova harus menerima kekalahan karena hanya dapat menghasilkan tenaga sebesar 139 Ps.

Dengan seluruh hasil perbandingan tersebut, Wuling Victory sangat unggul jauh dibanding penguasa MPV saat ini. Namun, daya tahan tentu menjadi pembuktian selanjutnya karena hingga saat ini Toyota Kijang Innova yang pertama kali hadir tahun 2004 dan telah terbukti hingga saat ini. Jadi harapannya bukan hanya ‘Value for Money’ untuk sesaat tetapi juga dalam jangka panjang.

sumber foto: GM Authority

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil