window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

MG VS HEV Vs Toyota Yaris Cross Hybrid, Dijual Lebih Murah Mobil China Menang Banyak!

Enda · 1 Apr, 2024 17:01

MG VS HEV Vs Toyota Yaris Cross hybrid

Harga baru MG VS HEV vs Toyota Yaris Cross hybrid selisih mencapai Rp51,6 juta.

Sama-sama bermain di segmen SUV kompak berteknologikan hybrid, MG VS HEV Magnify dibandrol Rp389 juta, sedangkan Toyota Yaris Cross hybrid S HV CVT TSS ditawarkan Rp440,6 juta.  

Sebagai informasi, MG VS HEV Magnify adalah varian teratas, beda halnya Toyota Yaris Cross hybrid S HV CVT TSS merupakan tipe paling bawah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memiliki selisih harga baru hingga Rp50 jutaan, berikut ini perbandingan spesifikasi antara MG VS HEV vs Toyota Yaris Cross Hybrid.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi MG VS HEV Bikin Nyali Toyota Yaris Cross Hybrid Ciut!

Adu Dimensi MG VS HEV Vs Toyota Yaris Cross Hybrid, SUV China Lebih Besar

Toyota Yaris Cross hybrid

Tampilan samping Toyota Yaris Cross hybrid

Menyoal dimensi, MG VS HEV memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.370 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.653 mm, serta wheelbase 2.585 mm.

Lantas berapa dimensi yang dimiliki Toyota Yaris Cross hybrid? Di atas kertas SUV berlogokan tiga oval ini mempunyai panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan wheelbase 2.620 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, secara panjang, lebar dan tinggi SUV China lebih unggul.

Namun untuk wheelbase atau jarak sumbu roda Yaris Cross hybrid lebih panjang.

Panjangnya wheelbase Yaris Cross hybrid lantaran mobil ini dibangun berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), dimana salah satu keunggulannya menyuguhkan ruang kabin lebih luas.

Dimensi
Keterangan MG VS HEV Toyota Yaris Cross Hybrid
Panjang 4.370 mm 4.310 mm
Lebar 1.809 mm 1.770 mm
Tinggi 1.653 mm 1.615 mm
Wheelbase 2.585 mm 2.620 mm

Fitur MG VS HEV Lebih Komplit

MG VS HEV Magnify

MG VS HEV

Tampilan luar MG VS HEV

Mengenai fitur unggulan MG VS HEV, pada sisi eksterior mobil ini dilengkapi lampu utama dengan teknologi LED projector serta LED DRL.

Tak hanya itu, lampu utamanya pun dibekali fitur automatic on/off highlight dan follow me home light.

Di bagian samping samping, SUV asal Negeri Tiongkok ini dipadukan belg 17 inci desain kipas two-tone yang dibalut ban berprofil 215/55.

Untuk spionnya mobil ini didukung dengan lampu sein pada cover, fitur electric mirror dan auto folding, serta kamera 360 derajat di bagian bawah.

Seperti SUV modern pada umumnya, di bagian atas terdapat roof rail yang dapat difungsikan ketika pemilik ingin menambahkan crossbar ataupun roof rack.

Di belakang, SUV hybrid pertama MG Motor Indonesia memperoleh fitur lain seperti shark fin antenna dan spoiler.

MG VS HEV

Interior MG VS HEV

Melihat ke bagian dalam, VS HEV memiliki dual windscreen cockpit yang menyuguhkan kesan modern, mewah, sekaligus dapat memenuhi berbagai kebutuhan setiap penggunanya.

Untuk pusat informasi berkendara serta sistem hiburannya sama-sama berukuran 12,3 inci model floating.

Mengenai head unit yang digunakan telah didukung dengan konektivitas smartphone seperti Apple CarPlay & Android Auto, yang dikawinkan 6 audio system berupa 4 speaker split dan 2 tweeter.

Sedangkan pusat informasi berkendara dengan tampilan full digital yang digunakan sanggup menampilkan beragam informasi secara informatif serta futuristik.

Guna memudahkan pengemudi ketika ingin melakukan penyetingan, setirnya dilengkapi tombol pengaturan yang terhubung langsung dengan head unit serta meter cluster.

Di bawah sistem hiburan terdapat beragam tombol pengaturan termasuk fitur untuk menghidupkan AC dengan fungsi touchscreen.

Mengenai fitur unggulan lainnya mobil ini juga sudah dilengkapi wireless charging, tuas perpindahan gigi shift-by-wire, Electronic Parking Brake (EPB), serta beberapa tombol pengaturan kendaraan termasuk di belakangnya terdapat cup holder serta arm rest.

Bicara mengenai jok, seat pada bagian pengemudi dilengkapi pengaturan elektrik 6 arah, jok penumpang dengan pengaturan 4 arah, pelipatan jok 60:40 serta AC vetilasi di baris kedua.

Fitur unggulan lainnya mobil ini juga dibekali dengan power window, Electric Power Steering (EPS), tilt steering, start/stop engine, lever shift, i-Max panoramic sunroof dengan ukuran besar, ada pula fitur iSmart yang mencakup Smart Check, Smart Command dan Smart Connect, yang memudahkan pemilik ketika ingin memantau informasi seputar kendaraan melalui gawai.

Baca juga: Segini Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Hybrid Disiksa 500 Km

Toyota Yaris Cross Hybrid Punya TSS

Toyota Yaris Cross hybrid

Tampilan depan Yaris Cross HEV

Sebagai tipe terendah di keluarga Yaris Cross hybrid, tipe S HV CVT TSS ini untuk bagian luar dibekali fitur LED headlamp with DRL, LED fog lamp, dan LED rear combination lamp.

Untuk lampu utamanya turut disematkan fitur auto head lamp + follow me home.

Pada bagian sampingnya berhasil tersematkan spion electric dengan auto retract dan side mirror, ditambah welcoming lamp, serta velg 18 inci machining alloy.

Seperti MG VS HEV, di atap terdapat roof rail, dan menariknya pada bagian belakang untuk pintu bagasi dibekali fitur power back door with kick sensor.

Toyota Yaris Cross hybrid

Interior Yaris Cross HEV

Memiliki kesan luxury sekaligus juga sporty, di dalam mobil ini disematkan panel instrumen TFT 7-inch digital yang sporty dan dapat diatur dalam 4 pattern. 

Tipe ini juga dibekali sistem hiburan berupan head unit layar sentuh 10,1 inci HUD display, dengan wireless smartphone connectivity.

Tak kalah menarik dengan MG VS HEV, untuk fitur lainnya Yaris Cross hybrid tipe S mempunyai wireless charger, multicolor ambient illumination lamp, push start System, immobilizer, power outlet 12 volt dan charger Type B dan Type C.

Kemudian jok dengan kemampuan mereduksi panas pada permukaannya dengan baik, ditambah electric seat adjuster 6 arah pada jok pengemudi, setir dengan beragam tombol pengaturan yang dilengkapi tilt & telescopic, rear air vent pada bangku belakang yang memberikan kenyamanan pada penumpang baris belakang ketika berkendara.

Tak kalah menarik, SUV listrik berbasis hybrid Toyota ini turut dibekali panoramic glass roof with power sunshade yang dapat meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara.

Perbandingan Fitur Keselamatan

Toyota Yaris Cross hybrid

Yaris Cross hybrid dilengkapi TSS 2.0

Dari segi keselamatan berkendara MG VS HEV sudah dibekali Synchronized Protection System yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), 6 airbags, FSF (Full Space Frame), dan EPB (Electronic Parking Brake).

Ada juga AVH (Auto Vehicle Hold), EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control),TCS (Traction Control System), HSA (HillStart Assist System), HDC (Hill Descent Control System), TPMS (Tire Pressure Monitor System), ESS (Emergency Stop Signal) dan ASL (Active Speed Limit).

Selain itu juga terdapat ISOFIX & Child anchor, seat belt tiga titik, kamera 360 derajat, kamera belakang, sensor parkir, immobilizer dan alarm system.

Kemudian untuk Yaris Cross hybrid, tipe terendahnya ini dari segi keselamatan berkendara memperoleh Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, parking sensor depan dan belakang, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA) Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM), serta panoramic view monitor 360 derajat yang memberikan kemudahan ketika manuver parkir.

Dan menariknya, mobil ini berhasil dibekali fitur ADAS dengan sebutan Toyota Safety Sense (TSS) 2.0 yang meliputi; Pre-Collision Warning & Pre Collision Braking, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, serta Automatic High Beam yang berfungsi untuk menjaga keamanan serta kenyamanan selama berkendara.

SUV China Lebih Bertenaga dengan Teknologi KERS 3 Level

MG VS HEV

Mesin 15S4C MG VS HEV

Mengusung teknologi strong hybrid, MG VS HEV dibekali mesin bensin konvensional berjeniskan 15S4C DOHC 4-silinder segaris 16 valve VTi dengan sistem kombusi Multipoint Injection.

Jantug pacu berkapasitas 1.498 cc yang digunakan sanggup merilis tenaga sebesar 109 PS di 6.000 rpm dengan torsi 142 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Mesinnya dipadukan dengan motor listrik penggerak yang melecutkan tenaga 95 PS dan torsi 200 Nm.

Gabungan mesin ICE (Internal Combustion Engine) dengan motor listrik ketika bekerja dapat menghasilkan tenaga sebesar 177 PS.

Pihaknya mengklaim bahwa VS HEV menawarkan kecepatan dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan, akselerasi 0-100 Km/jam hanya membutuhkan 8,9 detik.

Guna membuatnya berjalan, mobil ini dipadukan dengan transmisi E-CVT yang dilengkapi dengan tiga mode pilihan berkendara, yakni; Eco, Comfort dan Sport.

Hebatnya mobil ini juga memiliki Kinetic Energy Recovery Systems (KERS) dalam tiga level, yang dapat disesuaikan kebutuhan dan berfungsi untuk melakukan pengisian daya listrik ke baterai dengan memanfaatkan energi kinetik.

Toyota Yaris Cross hybrid

Mesin 2NR-VEX Yaris Cross

Seperti pesaingnya, Yaris Cross hybrid turut mengusung teknologi strong hybrid.

Untuk jantung pacunya mobil ini dipersenjatai mesin bensin dengan kode 2NR-VEX dengan perolehan tenaga 67 kW (91 PS) dan torsi 121 Nm, yang dipadukan motor listrik dengan tenaga 59 kW (80 PS) serta torsi sebesar 141 Nm.

Model Hybrid EV ini dipadukan transmisi CVT dengan Mode EV yang bersinergi terhadap motor listrik untuk menggerakan mobil.

Untuk mode berkendara lainnya Yaris Cross hybrid dilengkapi pilihan ECO, Normal dan Sport Drive Mode.

Baca juga: First Drive Toyota Yaris Cross Hybrid: Calon Compact SUV Laris

Kesimpulan

Selisih harga baru mencapai Rp50 juta, untuk fitur unggulan yang ditawarkan MG VS HEV vs Toyoa Yaris Cross Hybrid hampir sama.

Namun untuk keselamatan berkendara tipe terendah Yaris Cross hybrid sudah dilengkapi dengan TSS 2.0 yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada setiap pengguna selama dalam berkendara.

Sama-sama mengusung teknologi strong hybrid, untuk performa yang dihasilkan MG VS HEV jauh lebih besar ketimbang Yaris Cross hybrid.

Dengan begitu MG VS HEV dirasa lebih cocok bagi yang menginginkan performa lebih besar namun tetap irit bahan bakar.

Terlebih MG VS HEV juga memiliki fitur KERS dengan 3 level, yang mana mobil secara otomatis akan mengisi daya listrik pada baterai dengan memanfaatkan energi kinetik saat mobil melakukan deselerasi.

@autofun.indonesia Crossover hybrid baru yang jago ngibrit, cek dulu nih, MG VS HEV yang harganya Rp389 juta! Mobil ini bisa kalian liat langsung di Pondok Indah Mall hingga akhir Maret atau Living World Alam Sutera di awal April. Sekaligus ada unit test drive untuk ngerasain performa dan kenyamanannya! #MGmotors #MGVS #mobilhybrid #mobilbaru #mg #reviewmobil ♬ 90's jazz funk(1312903) - Chuuta2003

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2020 Toyota Yaris Cross International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia