Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan?

Yongki Sanjaya · 14 Sep, 2021 18:00

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 01

Rocky dan Raize adalah produk kembar hasil kolaborasi Daihatsu dengan Toyota. Dalam hal ini, keduanya memakai platform yang sama yaitu DNGA dan diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor. Dengan tipe yang fiturnya mirip, ternyata Toyota Raize harganya lebih mahal daripada Daihatsu Rocky.

Daihatsu Rocky 1.2 X dijual seharga Rp 219.100.000, sedangkan Toyota Raize 1.2 G CVT one tone dihargai Rp228.200.000. Ada selisih harga sekitar Rp9 jutaan, dimana Raize lebih tinggi. Lantas, apa sih yang membuat Raize jadi mahal? 

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Raize-Rocky Minor Change Meluncur 1 November 2021, Tambah Fitur dan Pakai Mesin Hybrid!

Diskon PPnBM 100% Berakhir, Harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Kompak Naik

Duet Pendatang Baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mana yang Paling Laris?

Untuk itu kita perlu membandingkan keduanya, mana model yang fiturnya paling lengkap sehingga dianggap value for money. Secara spesifikasi pun keduanya mirip, pakai mesin 1.2 liter WA-VE 3-silinder dengan transmisi otomatis CVT. Tak perlu berlama-lama, mari kita ulas spesifikasi masing-masing model. 

Toyota Raize 1.2 G CVT, Mini SUV Bergaya JDM

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 01

Baik Rocky atau Raize awalnya memang hadir di Jepang, baru kemudian masuk ke Indonesia. Namun demikian, nasib Raize di Jepang lebih mujur karena masuk kategori model terlaris. Jadi, Raize ini secara style masih bercita rasa JDM yang kuat. 

mempunyai dimensi yang kompak, kabin Toyota Raize ini tetap proporsional. Ini karena Raize menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sama seperti Rocky. 

DNGA ini dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 02

Raize 1.2 G memakai velg berukuran 16 inci berkelir silver, dan hanya tersedia dalam pilihan warna single tone. Penampilan Raize 1.2 G juga tak glamor karena tidak dilengkapi Sequential Turn Lamp dan DRL. 

Raize 1.2 G hanya tersedia warna single tone dengan opsi warna putih, merah, hitam, kuning, silver metalik, abu-abu metalik, dan turquoise. 

Fitur Toyota Raize, Seberapa Lengkap?

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 03

Toyota Raize 1.2 G CVT dilengkapi layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Untuk fitur hiburannya, mobil ini telah disematkan head unit berukuran 8 inci yang mendukung format Apple Carplay & Android Auto. Toyota Raize 1.2 G CVT juga sudah memakai AC dengan panel instrumen digital. 

Untuk pemanis, terdapat aksen silver untuk garnish dengan garis merah di louver AC, setir, dan door handle. Tak cuma itu, jok Raize juga ada aksen merah yang membuat kesan racing. 

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 04

Itu tadi baru fitur hiburannya, bagaimana dengan fitur keselamatan yang melindungi saat kecelakaan? 

Raize 1.200 cc ini telah didukung ABS, airbag (D+P), 2 titik sensor parkir, kamera parkir, ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Seat belt Warning (D+P+RR3), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Soal fitur keamanannya, Raize 1.2 G CVT ini didukung Immobilizer, alarm serta tombol Push Start Button, alias keyless.

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT, Opsi Murah dengan Fitur Tak Kalah Meriah

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 05

Tipe tengah di varian mesin 1.200 cc ini cukup komplit fiturnya. Penampilannya sudah dipercantik dengan berbagai garnish di eksterior maupun interiornya. 
Lampu utama memakai LED dikombinasikan Black Front Grille danFog Lamp. Untuk alas kaki memakai velg alloy 16". 

Fitur yang tersedia pada eksterior yaitu Electric Adjustment Outer Mirror with Auto Retract Rear Wiper with Reverse Link. Pada sisi belakang juga dipercantik Black Backdoor Garnish.

Fitur Kekinian di Daihatsu Rocky 1.2 X, Bukan Crossover Murahan

Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan? 06

Rocky 1.2 X memiliki fitur multimedia yang oke, dengan mengandalkan head unit 7 inci Display Audio Support Apple Carplay & Android Auto. Mulai 1.2 X ke atas, Daihatsu Rocky memakai kunci keyless dan panel instrumen digital memakai layar LCD TFT. Jadi, kita bisa mengubah tampilan instrumen sesuai dengan empat opsi yang tersedia. 

Fitur kenyamanan lainnya di Rocky 1.2 X yaitu Electric Power Steering, Tilt Steering, Power Mode (khusus transmisi CVT), Speed Sensing Front Wiper, Power Window, Speed Sensing Auto Door Lock, Immobilizer, 2 Front Speakers. 

Interior Daihatsu Rocky 1.2 X, cukup menarik dengan aksen garnish. Terdapat aksen silver untuk garnish dengan garis merah serupa dengan Raize di louver AC, setir, dan door handle, lalu jok ada aksen merah. AC Rocky 1.2 X juga sudah memakai panel digital. 

Fitur keselamatan di Rocky 1.2 liter juga cukup lengkap karena mendapatkan Dual Front Airbag, Side Impact Beam, Front Disc Brake, Rear Drum Brake, ABS, EBD, 3 Point ELR Seatbelt All Seatbelt Warning, Child Safety lock, VSC (khusus CVT) dan HSA (khusus CVT). 

Kesimpulan

Melihat fitur dan kelengkapan yang dimiliki Rocky 1.2 X CVT dan Raize 1.2 G CVT bisa kita bilang nyaris sama seluruhnya. Mulai dari mesin, transmisi, head unit, dan beragam fiturnya serupa. 

Perbedaan mungkin hanya pada styling fascia sesuai karakter masing-masing brand. Toyota Raize memiliki aksen sporty yang agresif. Sementara itu Daihatsu Rocky lebih kalem dan elegan dengan gaya perpotongan grill menyerupai mobil Audi.

Dengan selisih harga mencapai Rp9 jutaan, kami merasa Daihatsu Rocky 1.2 X jadi pilihan yang paling rasional. Bahkan menurut informasi, kita bisa memesan Daihatsu 1.2 versi dual tone hanya dengan menambah Rp3 juta. Nah, selisih tadi bisa kita manfaatkan untuk mempercantik penampilan Rocky dong. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru