window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Pemilik: Toyota Avanza E MT 2012, Mobil Badak yang Irit dan Gak Rewelan

Enda · 5 Des, 2022 11:30

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Toyota Avanza E 2012 yang dimilikinya selama 8 tahun.

Toyota Avanza

Informasi Mengenai Toyota Avanza E 2012 Manual yang Dimiliki

Toyota Avanza E 2012 yang kami ulas adalah model pertama dari generasi keduanya yang diperkenalkan oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun 2011. Berdasarkan tipe, untuk trimnya merupakan varian terbawah menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Toyota Avanza

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pemilik mobil ini mengatakan, saat itu ia mendapatkan dari saudaranya yang membeli dari baru dengan pemakaian 1,5 tahun. Untuk menebusnya ia harus mengeluarkan uang Rp137 juta dengan jok baris kedua dan ketiga yang masih terbungkus plastik seperti baru. Mengenai jarak tempuhnya saat dibeli menginjak 14 ribu kilometer.

Berdasarkan cerita pemilik, mobil ini sudah lebih dari cukup digunakan untuk mengakomodir segala kebutuhan seperti berpergian bersama keluarga dan berbelanja.

Selama pemakaian 8 tahun, menurut pemilik, dirinya tidak banyak melakukan penggantian parts. Mengingat mobil ini jarang sekali digunakan bahkan satu bulan hanya 1-2 kali dan saat hari raya lebaran. Tercatat untuk jarak tempunya pada odometernya saat ini baru menginjak 63 ribu km.

Bicara parts yang diganti, selama pemakaian ia menuturkan bahwa belum lama ini mengganti shockbreaker yang secara tiba-tiba mati setelah beberapa menit ban tergantung.

Review Pemilik: Toyota Avanza E MT 2012, Mobil Badak yang Irit dan Gak Rewelan 01

Ban yang tergantung dikarenakan saat itu pemilik mengganti velg dan ban copotan kepunyaan Toyota Veloz yang didapatinya seharga Rp1,8 juta. Sebagai informasi, untuk bawaannya Avanza E 2012 masih menggunakan velg kaleng 14 inci yang ditutupi dop.

Sebelumnya pemilik juga pernah mengganti pully yang gejalanya saat kondisi mesin idel timbul suara seperti berdencit. Pemilik menyampaikan, kasus suara pully yang berdencit tidak cuma menimpa pada mobilnya akan tertapi juga di beberapa Avanza keluaran 2012 hingga 2015.

Selain penggantian shockbreaker depan dan pully, dirinya tidak pernah melakukan perbaikan lain kecuali mengganti aki dua kali, filter udara, filter oli, oli mesin, oli transmisi dan oli gardan secara teratur.

Baca juga: Adu Irit Konsumsi BBM Daihatsu Terios Vs Toyota Avanza, Sesama 1.500 Cc Siapa Menang?

Model Lain Sebelum Membeli Toyota Avanza E 2012

Review Pemilik: Toyota Avanza E MT 2012, Mobil Badak yang Irit dan Gak Rewelan 02

Sebelum memutuskan membeli Toyota Avanza E 2012, sebelumnya pemilik pernah ditawarkan dua model lainnya yang sama-sama MPV, yakni Nissan Grand Livina 2009 dan Daihatsu Luxio 2014. Namun setelah melakukan banyak pertimbangan, Avanza lah yang menurutnya sangat cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan baik berpegian bersama keluarga maupun berbelanja.

Baca juga: Harga Bekas Toyota Avanza G 2012 Kini Rp120 Jutaan, Ketahui Poin Penting Ini Sebelum Membeli

Kenapa Memilih Mobil Ini?

Review Pemilik: Toyota Avanza E MT 2012, Mobil Badak yang Irit dan Gak Rewelan 03

Dikatakan pemilik, alasan memilih Avanza karena mobil ini mampu mengakomodir penumpang hingga 7 orang dan bisa membawa barang dengan jumlah cukup banyak. Selain itu mobil ini sangat mudah dalam perawatan, bandel, spare part melimpah dan murah, serta harga bekas yang stabil.

Sebagai tipe terendah, untuk fiturnya terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini sudah dilengkapi tipe steering, electric mirror, AC double blower di baris kedua, laci penyimpanan banyak, dan yang terpenting sudah menggunakan Electronic Power Steering (EPS).

Review Pemilik: Toyota Avanza E MT 2012, Mobil Badak yang Irit dan Gak Rewelan 04

Mengenai konsumsi BBM nya pun terbilang irit. Berbekal mesin 1.300 cc dengan menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 121 Nm yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan, menggunakan pertalite untuk pemakaian dalam kotanya dapat menempuh jarak 12-13 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kotanya tembus 14-16 km/liter.

Kelebihan Toyota Avanza E 2012

  • Tarikan cukup responsif
  • Fitur lebih lengkap dibanding model sebelumnya
  • Spare part murah dan mudah didapat
  • Harga bekas stabil
  • Dimensi lebih besar dari sebelumnya

Kekurangan Toyota Avanza E 2012

  • Nafas pendek
  • Sulit memasukan ke gigi R
  • Suspensi keras
  • Timbul gejala body roll
  • Belum ada airbags, ABS dan EBD
  • Peredam kabin tipis
  • Timbul suara asing dari jok baris ketiga

Kesimpulan

Menurut pemilik Toyota Avanza E 2012 miliknya secara keseluruhan sudah lebih dari cukup guna menakomodir segala kebutuhan baik digunakan sebagai mobil keluarga maupun berbelanja.

Dan yang paling penting mobil ini murah dan mudah dalam perawatan, spare part melimpah, serta punya harga bekas stabil. Oh iya mobil ini juga menggunakan penggerak roda belakang jadi saat dipakai mudik lebaran dengan full penumpang terasa sangat mudah melewati jalan menanjak dan berbatu.  

Baca juga: Kepincut Toyota Avanza Gen-2? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil