Review Toyota Avanza Veloz: LMPV Sejuta Umat Dengan Kemasan Premium

Derry · 10 Jun, 2020 12:00

Toyota Avanza Veloz didapuk sebagai varian flagship line-up LMPV Toyota Avanza, yang sudah dijual sejak 2003. Sebagai varian tertinggi, Veloz hadir dengan berbagai detail yang membedakannya dari Avanza standar.

Avanza standar yang dimaksud adalah Toyota Avanza. Mobil yang bersaudaraan dengan Toyota Veloz ini memiliki nama yang cukup terkenal di Indonesia. Ukuran Avanza ini pun terbilang besar dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Baik Avanza 2019 maupun 2020, terlihat tidak jauh berbeda.

Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan. Sedangkan tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019.

Biasanya sebatas kosmetik, serta fitur yang lebih lengkap dan terbaik. Untuk saat ini, Toyota Veloz punya dua varian mesin 1.3 dan 1.5 yang masing-masing hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Daftar Harga Toyota Veloz

Tipe Harga 
Toyota Avanza Veloz 1.3 M/T Rp224.700.000 
Toyota Avanza Veloz 1.3 A/T Rp236.500.000
Toyota Avanza Veloz 1.5 M/T Rp236.700.000
Toyota Avanza Veloz 1.5 A/T Rp248.500.000

Spesifikasi

Mesin Toyota Avanza Veloz
Tipe Mesin 2NR-VE, DOHC Dual VVT-i (1.5), 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i (1.3)
Kapasitas Silinder 1.496 cc (2NR-VE), 1.329 (1NR-VE)
Tenaga Maksimal 103 HP @ 6.000 rpm (1.5), 95 HP @ 6.000 rpm (1.3)
Torsi Maksimal 136 Nm @ 4.200 rpm (1.5), 120 Nm @ 4.400 rpm (1.3)
Akselerasi 0-100 km/jam  11,9 detik (1.5), 13 detik (1,3)
Konsumsi bahan bakar 10 - 14 km/liter (1,5) 11 - 15 km/liter (1,3)
Transmisi Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan
Sistem Penggerak Rear-Wheel Drive
Dimensi Toyota Avanza Veloz
Dimensi (PxLxT) 4.200 mm x 1.660 mm x 1.695 mm
Wheelbase 2.655 mm
Ground Clearence 200 mm
Suspensi dan Kaki-kaki Toyota Avanza Veloz
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut with Coil Spring / 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan/Belakang Disc / Drum
Pelek 15 Inch single tone (1.3) dual tone (1.5)
Ukuran Ban 185/65 R15

Oiya, mungkin beberapa dari kita bertaya-tanya, apa sih yang mendasari PT Toyota Astra Motor menghadirkan Veloz, dan terpisah dari Toyota Avanza pada umumnya? 

Review Toyota Avanza Veloz: LMPV Sejuta Umat Dengan Kemasan Premium 01

Veloz hadir sebagai varian tertinggi Toyota Avanza

Setelah laris manis sebagai mobil keluarga murah, PT TAM ingin menghadirkan Avanza menuju pasar yang lebih luas lagi, segmen menengah ke atas. Maka dari itu, Toyota Avanza Veloz pada generasi kedua Avanza tahun 2011.

Punya positioning yang lebih tinggi dibandinkan Avanza Normal, Toyota Veloz hadir dengan tampilan dan fitur yang lebih mewah dibandng Avanza biasa, meski tidak ada perbedaan apapun dari segi mekanis.

Toyota Avanza Veloz 2016

Facelift pertama Avanza Veloz pada 2016

Tahun 2015, Toyota Avanza Veloz mendapatkan facelift dengan lini mesin baru, varian 1.3 menggunakan mesin berkode 1NR-VE, sementara untuk varian 1.5 menggunakan mesin berkode 2NR-VE, keduanya hadir dengan teknologi Dual VVT-i. Tentu tidak lupa dengan ubahan lain di segi eksterior, interior, head unit, dan fitur keamanan yang semakin lengkap.

Empat tahun berselang, tepatnya pada Januari 2019, Toyota Avanza dan Veloz kembali mendapatkan facelift. Berbeda dari sebelumnya, kini hanya sektor eksterior, interior, serta fitur yang mendapatkan penyegaran. Walau bisa dibilang cukup masif, nah semasif apa sih? Simak reviewnya di sini.

Eksterior

Kita mulai dari eksterior, ubahan paling mencolok pada bagian depan Toyota Avanza terdapat pada lampu depan terpisah yang mengingatkan kita pada Toyota Voxy dan Vellfire, dua MPV premium di Indoensia. 

Toyota Avanza Veloz 2019 depan

Lampu depan Avanza Veloz mengadopsi Voxy dan Vellfire

Lampu atas merupakan main lamp dengan teknologi LED, sementara bagian bawah terdiri dari lampu senja dan turn lamp. Keduanya dipisahkan garis tipis sewarna body, di atasnya kita bisa melihat desain grille yang sedikit lebih besar dari sebelumnya. Berbeda dari Avanza normal yang memakai finishing Chrome, di Veloz upper grillenya diberikan warna dark chrome, yang memberi kesan lebih premium.

Lower grille berbentuk trapesium dengan ukuran cukup besar masih dipertahankan, yang langsung tersambung ke housing foglamp, yang kini terlihat memanjang dan sepintas seperti senyum Joker.

Toyota Avanza Veloz 2016

Perbedaan paling mencolok di samping hanya desain pelek baru saja

Beralih ke bagian samping, tentu akan sulit mencari perbedaan Toyota Avanza Veloz versi terdahulu dengan yang terbaru. Secara dimensi dan wheelbase masih sama, paling cuma side skirt dengan aksen chrome pada varian Veloz 1.5, atau pelek two-tone model baru yang diklaim lebih aerodinamis.

Toyota Avanza Veloz 2019 rear

Bagian belakang hadir dengan reflektor dua baris di bagasi

Begitu juga di bagian belakang, Toyota masih mempertahankan desain bagian belakang secara umum. Kalaupun ada, paling hanya sebatas reflektor mata kucing di bagasi yang dibuat sama seperti desain lampu depan, dan juga backdoor garnish dengan kelir black chrome seperti upper grille depan, dan housing parking camera yang kini lebih rapih.

Interior

Jika melihat secara keseluruhan, kita tidak menemukan perbedaan antara kabin setelah facelift kedua dibandingkan sebelum facelift, sama saja. Mulai dari desain dashboard, sampai ke material plastik yang dipakai. Namun, Anda akan menemukan desain konsol tengah yang lebih modern di Toyota Veloz, yap kini sudah hadir pengatur AC Digital meski belum dengan auto climate control.

Dashboard Toyota Avanza Veloz 2019

Avanza Veloz mendapatkan pengontrol AC digital pada facelift kedua

Namun, kita sepakat di balik material interior yang biasa saja, kepraktisan Toyota Avanza Veloz bisa dibilang juara dan terbaik. Banyak sekali tempat atau slot penyimpanan yang bisa Anda pakai, mulai dari slot kartu di antara AC digital dan head unit, dua buah power slot 12V/120W di baris pertama dan kedua, slot charging USB di baris ketiga, sampai 16 buat cup holder yang tersebar di ketiga baris mobil. 

Kenyamanan dalam perjalanan jauh untuk penumpang baris kedua dan ketiga juga cukup terakomodir dengan hadirnya rear seat entertainment, meski hanya ada di varian Toyota Veloz 1.5 saja. 

Kabin Toyota Avanza Veloz

Kepraktisan kabin jadi salah satu daya tarik Avanza Veloz

Duduk di dalam Avanza Veloz juga bisa dibilang cukup nyaman, meski tidak terlalu spesial, kursi dengan material fabric yang dipakai cukup nyaman untuk menyangga badan Anda selama perjalanan, begitu juga soal akomodasi headrest dan sabuk pengaman di ketiga baris. 

Untuk mengakses baris ketiga Toyota Veloz, Anda bisa masuk dari baris kedua yang punya format pelipatan 40:60. Kabinnya cukup akomodatif, tidak terlalu sempit dengan ruang kaki serta kepala yang cukupan, walaupun lebih ideal untuk anak kecil, atau orang dewasa dengan tinggi di bawah 170 cm.

Fitur keamanan

Beberapa fitur safety baik itu aktif ataupun pasif sudah disematkan di Toyota Veloz sebagai standar. Mulai dari Dual-SRS Airbag, 3-Points Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, Side Impact Beam, sampai Isofix.

Double SRS-Airbag Toyota Avanza Veloz

Dual-SRS Airbag jadi fitur standar di Avanza Veloz

Selain itu, hadir juga fitur keamanan aktif seperti Anti-lock Braking System (ABS) dan Front Passenger Seatbelt Warning sebagai standar. Sebagai langkah pencegahan mobil dari pencurian, Toyota Avanza Veloz juga sudah disematkan fitur Immobilizer sebagai sistem pengaman, dan start/stop engine yang bisa dipakai untuk menyalakan mobil tanpa kunci.

Engine Start/Stop Avanza Veloz

Fitur engine start/stop memudahkan untuk menyalakan mobil tanpa kunci

Untuk kemudahan dalam parkir, Anda juga mendapatkan rear parking sensor, dan khusus untuk Veloz 1.5, Anda mendapatkan paket rear parking camera.

Mesin

Toyota Avanza Veloz Engine

Avanza Veloz juga hadir dalam dua pilihan mesin

Sama seperti Toyota Avanza normal, Veloz juga dibekali dua pilihan mesin. 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i untuk varian 1.3, dan 2NR-VE, DOHC Dual VVT-i untuk varian 1.5. Masing-masing mesin memiliki keluaran tenaga 95 HP dengan torsi maksimal 120 Nm (1.3) dan 103 HP dan torsi 136 Nm(1.5).

Performa dan handling

Secara umum, tidak ada yang berbeda pada performa Toyota Avanza New Veloz mengingat tidak ada yang berubah dari segi powertrain. Baik itu unit mesin, transmisi atau ECU nya.

Toyota Avanza Veloz 2019

Facelift Avanza Veloz kedua mengedepankan kenyamanan

Untuk facelift kedua ini, Toyota fokus pada development suspensi dan kekedapan kabin, dua faktor yang jadi kelemahan Avanza sebelumnya. Di mana shockbraker depan dan belakang dibuat lebih solid, begitu juga dengan power steering baru yang membuat memarkirkan mobil jadi lebih mudah, dan kontrol saat kecepatan tinggi jadi lebih berat dan terasa mantap.

Selain itu, mesin 2NR-VE yang dipakai di varian 1.5 jadi terasa lebih halus saat dikonversi menjadi penggerak roda belakang yang mengandalkan kopel sebagai peghubung dari transmisi ke roda belakang.

Konsumsi BBM

Kedua mesin Toyota Avanza Veloz menggunakan mesin berteknologi Dual VVT-i yang diklaim lebih efisien bahan bakar, apa iya? Jika mengacu pada beberapa test drive, kedua mobil punya konsumsi bensin yang beda tipis. 

Untuk varian 1.3, Anda bisa mencatatkan konsumsi bensin sekitaran 1:11 untuk penggunaan dalam kota, dan 1:15 untuk luar kota. Sementara pada varian 1.5 yang mesinnya lebih besar, Anda mencatat angka 1:10 untuk rute dalam kota, dan 1:14 untuk rute luar kota.

Video

Kesimpulan

Merasa tampilan atau fitur Toyota Avanza standar masih kurang dari segi tampilan dan fitur, namun sudah kepalang nyaman dengan LMPV sejuta umat itu? Anda bisa mempertimbangkan Veloz yang punya positioning di atas Avanza dengan tampilan yang lebih mewah serta fitur lebih lengkap.

Anda juga memiliki dua pilihan mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Jika mengutamakan efisiensi, Anda bisa memilih varian 1.3, namun untuk kenyamanan dan performa lebih baik, kami sarankan untuk langsung mengambil varian 1.5.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru