Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah

Bent Aulia · 5 Agu, 2020 13:00

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 01

Kesan premium nan tangguh langsung terlihat ketika melihat tampilan luar Toyota Land Cruiser. Harganya yang menembus Rp2 miliar terbayarkan dengan kenyamanan yang diberikan ketika dibawa ke jalanan off-road maupun berjalan-jalan di dalam kota.

Harga

Mobil Toyota Land Cruiser tersedia dalam 2 varian. Toyota Land Cruiser harganya berkisar dari Rp 2,18 Miliar hingga Rp Rp 2,51 Milyar. Ini merupakan harga Toyota Land Cruiser 2020.

Model Harga
Toyota Land Cruiser 200 STD Spec A/T Diesel Rp2.181.250.000
Toyota Land Cruiser 200 Full Spec A/T Diesel Rp2.518.950.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 1 VD-FTV 4.5T V8 32 katup DOHC Diesel Commonrail
Kapasitas Silinder 4.461 cc
Tenaga Maksimal 235 PS @ 3.200 rpm
Torsi Maksimal 615 Nm @ 1.800-2.200 rpm
Transmisi 6-percepatan otomatis Triptonic
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.950 x 1.970 x 1.905 mm
Wheelbase 2.850 mm
Ground Clearance 226 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan Double Wishbone
Suspensi Belakang 4-Link Coil Rigid with Lateral Rod
Rem Depan Disc 17 inci
Rem Belakang Disc 17 inci
Ukuran Ban 285/65 R18
Velg 18 inci alloy

Sejarah

Mobil Toyota Land Cruiser bisa dibilang merupakan SUV legendaris Toyota yang tetap kokoh bersanding dengan SUV premium lain. Dari masa ke masa, hingga akhirnya generasi kesembilan dibawa pada 2007 silam, Land Cruiser masih menawarkan desain gagah dan rasa berkendara yang tangguh.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 02

Nama besar Land Cruiser sendiri sudah tercipta ketika generasi pertama diperkenalkan tahun 1951. Popularitasnya pun semakin tinggi ketika generasi ketiga bertajuk Land Cruiser FJ40 meluncur di era 60-an. Mobil bekasnya pun masih banyak dicari hingga saat ini.

Tapi yang paling terkenal tentu saja Toyota VX dengan model Land Cruiser VX 80 yang diset sebagai mobil off-road yang fasionable, jelas Toyota. Sudunya dibuat membulat dengan paduan suspensi per keong serta 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel), dan 1HZ.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 03

Pada generasi kedelapan dengan kode J100, Toyota mengubah tampilan dan preferensi Land Cruiser 2020 menjadi SUV premium yang nyaman di dua ‘alam’; tangguh di jalanan off-road namun tetap menyenangkan dibawa di jalanan perkotaan.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 04

Terakhir, mobil Toyota Land Cruiser saat ini masuk dalam generasi kesembilan dengan kode J200. Versi facelift diperkenalkan pada 2016 silam. Dan sejak saat itu, belum ada revisi model baru dari dua varian Land Cruiser yang dipasarkan Toyota di Indonesia saat ini.

Eksterior

Bukan Land Cruiser 2020 namanya kalau tidak menawarkan tampilan yang gagah dan macho sebagai satu-satunya SUV premium Toyota di Indonesia. Desain luarnya memang tanpa banyak aksen, garis bodi yang tegas, serta tampilannya yang kaku dan sedikit mengkotak.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 05

Fascia depan mobil Toyota Land Cruiser 2020 terasa maskulin dengan tiga baris grille tebal serta aksen chrome. Ada lampu depan yang dibuat persegi berteknologi LED otomatis ditambah lampu kabut yang dibuat lebih minimalis dibandingkan generasi sebelumnya.

Karena dipasarkan untuk pengendaraan di medan off-road dan jalanan bergelombang, desain depannya kaku dengan bumper bawah yang tegas. Ditambah skid plate pada Land Cruiser 2020 yang akan menjaga fascia depan ketika menghadang medan kasar.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 06

Beralih ke samping, Land Cruiser 2020 dilengkapi foot step mengingat ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 226 mm. Selain itu, tidak ada aksen unit pada bagian samping selain roof rail yang memberikan kesan sporty serta menambah kepraktisan bagi yang ingin membawa barang di atas atap.

Tampilan belakangnya tak mendapatkan banyak perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Dilengkapi dengan spoiler belakang pada bagian atas, lampu belakang yang besar memudahkan ketika berkendara di malam hari.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 07

Terdapat bilah chrome dengan ukiran nama Land Cruiser sebagai penghias pada bagian tengah pintu bagasi. Untuk kemudahan dalam membuka pintu bagasi, Land Cruiser sudah dilengkapi Power Back Door dengan bukaan otomatis.

Interior

Dominasi warna hitam langsung menyapa pada interior Land Cruiser 2020. Kabin dan jok menawarkan warna yang senada. Kekedapan kabin bisa dibilang sangat baik dengan kesan mewah jelas terasa ketika duduk di dalam mobil.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 08

Dashboard mobil Toyota Land Cruiser cukup bersahaja dengan layar sentuh 9 inci yang terintegrasi. Fitur di dalamnya termasuk sistem navigasi Toyota’s Enture App, sistem Bluetooth dan streaming audio, slot HMDI, serta Siri Eyes Free Control dan USB-iPhone.

Kabin Land Cruiser 2020 bisa menampung hingga 8 orang termasuk pengemudi dengan nyaman. Dimensinya yang besar didukung wheelbase yang panjang sangat berpengaruh pada ruang kaki yang lapang di dalam mobil.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 09

Setir sudah mendapatkan pengaturan tilt dan teleskopik yang akan memudahkan pengemudi mendapatkan posisi ternyaman ketika berkendara. Setir palang empat Land Cruiser 2020 dilengkapi tombol multi-fungsi untuk mengakses sebagian fitur di dalam mobil.

Untuk mobil yang sering dibawa berjalan, kenyamanan terasa sangat baik mengingat Toyota menanamkan sistem pengaturan 10 arah pada kursi pengemudi disertai fitur memori. Terdapat heater pada baris depan, sedangkan penumpang di belakang dimanjakan dengan automatic climate control 4-zone.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 10

Bagasi belakang tidak bisa dikatakan luas, namun masih sanggup menampung barang bawaan ketika melakukan perjalanan jauh. Untuk mendapatkan ruang yang lebih luas, kursi baris ketiga dengan pengaturan 50:50 bisa direbahkan.

Fitur Keselamatan

Untuk mobil premium, tentu saja sistem keselamatan yang dipasang pada mobil Toyota Land Cruiser 2020 merupakan yang terbaik milik pabrikan asal Jepang ini. Sayangnya karena facelift terakhir meluncur 2016 silam, beberapa fitur yang digunakan cukup tertinggal dibanding pesaingnya.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 11

Menggunakan platform yang sma dengan Lexus, mobil Land Cruiser 2020 ini dilengkapi berbagai sistem keselamatan aktif seperti sistem pengereman Anti-Lock Braking Sysem (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Fitur lainnya seperti Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 12

Sistem bantuan berkendara yang bisa ditemukan seperti Blind Sport Monitor (BSM) serta Reat Traffic Alert (RCTA). Karena bodinya yang besar, Land Cruiser juga sudah mendapatkan kamera 360 derajat guna membantu pengemudi ketika akan memarkirkan mobil ini.

Mesin

Sejak tahun 2007 silam, tidak ada perubahan dari teknologi mesin yang digunakan SUV legendaris ini. Mobil Toyota Land Cruiser memang masih menggunakan mesin model lama berkode 1VD-FTV berkapasitas 4.451 cc V8 dengan 32 katup serta teknologi DOHC.

Nama besar Land Cruiser sendiri sudah tercipta ketika generasi pertama diperkenalkan tahun 1951. Popularitasnya pun semakin tinggi ketika generasi ketiga bertajuk Land Cruiser FJ40 meluncur di era 60-an. Mobil bekasnya pun masih banyak dicari hingga saat ini.

Tapi yang paling terkenal tentu saja Toyota VX dengan model Land Cruiser VX 80 yang diset sebagai mobil off-road yang fasionable, jelas Toyota. Sudunya dibuat membulat dengan paduan suspensi per keong serta 3 pilihan mesin, yaitu 3F-E (bensin), 1HD-T (diesel), dan 1HZ.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 13

Memang tak perlu diubah. Mengingat mesin tersebut sudah menghadirkan tenaga maksimal hingga 235 PS pada putaran mesin 3.200 rpm serta torsi monster hingga 615 Nm pada putaran 1.800-2.200 rpm yang cukup untuk membawa mobil Land Cruiser 2020 ini menembus segala medan.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 14

Tenaga disalurkan ke semua roda menggunakan sistem penggerak empat roda full time Toyota. Sistem ini sudah dilengkapi dengan Torsen limited slip differential pada bagian tengah yang akan mendistribusikan torsi 40:60 (depan:belakang) dalam kondisi berkendara normal.

Performa dan Handling

Berkendara bersama Land Cruiser 2020 tak pernah membosankan. Terlebih dengan semua perlengkapannya membuat SUV tangguh ini tetap menyenangkan ketika dibawa ke medan kasar nan bergelombang atau jalanan perkotaan.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 15

Posisi jok yang tinggi dengan visibilitas yang luas memberikan kemudahan ketika berada di belakang kemudi. Hal ini dibantu dengan sistem pengaturan 10 arah pada jok depan guna mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan masing-masing pengemudi.

Tenaga dan torsi yang besar sangat mempengaruhi kenyamanan ketika membawa Land Cruiser di jalanan menanjak. Terdapat transfer case mekanik yang bisa disesuaikan dengan kontur jalan serta kebutuhan pada saat berkendara: jalanan mulus atau bergelombang.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 16

Ditugaskan untuk perjalanan off-road yang menyenangkan, Land Cruiser juga sudah dilengkapi dengan Crawl Control. Sistem ini akan mendukung pengemudi mendapatkan kecepatan yang konstan ketika berkendara pada medan pasir, bebatuan, lumpur, dan kerikil.

Karena bodinya yang berat dan besar, tentu saja body roll cukup terasa ketika memacu mobil ini cukup kencang. Tapi hal tersebut sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Land Cruiser memang bukan fokus untuk berakselerasi. Tapi ketika dibawa mendaki, mobil ini jagonya.

Konsumsi BBM

Dari spesifikasi yang diberikan, mesin Land Cruiser sudah mendapatkan teknologi generasi ketiga Common Rail dengan Twin-Turbo dan VVT (Variable Valve Timing) milik Toyota yang memberikan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 17

Tapi jangan harapkan konsumsi bahan bakar Land Cruiser bisa setara dengan MPV atau SUV perkotaan lainnya. Pasalnya bobot yang berat, mencapai 2.6 ton, serta tenaga turbo yang dibawa saat mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Apalagi ketika dibawa di jalanan off-road yang membutuhkan mesin yang bertenaga.

Tapi Anda bisa memilih dari beberapa mode berkendara yang diberikan. Mode berkendara ECO akan memaksimalkan putaran mesin serta meningkatkan efisiensi. Cukup berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang sedikit lebih irit.

Review Toyota Land Cruiser 2020: DNA Off-Road Toyota Dibuat Mewah 18

Karena itu, beberapa pengujian media menyebutkan konsumsi bbm Toyota Land Cruiser hanya mencapai 7-10 km/L. Namun untuk mendapatkan rasa berkendara yang tangguh dan nyaman ketika mendaki, efisiensi mesin tampaknya harus direlakan.

Video

Mobil Toyota Land Cruiser 2020 memang sudah lama tanpa pembaruan. Termasuk berbagai teknologi di dalamnya. Intip lagi rasa berkendara dan tampilan legendarisnya dalam video Toyota Land Cruiser dari Toyota Jepang di bawah ini.

Kesimpulan

Sekilas, harga Toyota Land Cruiser 2020 yang ditawarkan Toyota untuk pasar Tanah Air memang bisa dibilang selangit. Tapi ketika melihat fitur dan kenyamanan yang dimiliki Land Cruiser, harga tersebut terasa berterima.

Mesinnya bertenaga dan kemampuannya ketika dibawa di jalanan off-road bisa diadu dengan SUV lainnya. Mampu menerobos jalanan mendaki dengan mudah, Land Cruiser tak memalukan ketika diajak berjalan di tengah kota atau ke mall-mall di pusat kota.

Namun, bobotnya yang berat dan tenaganya membuat Land Cruiser 2020 memiliki konsumsi bahan bakar yang tidak begitu baik. Tapi dengan kenyamanan serta rasa berkendara yang memuaskan, Land Cruiser masih tetap mengesankan dengan harga yang ditawarkan.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru