Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya

Yongki Sanjaya · 25 Jan, 2022 17:30

Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya 01

Toyota Land Cruiser seri VX80 punya pesona tersendiri sebagai sebuah SUV paket komplit. Sebab, mobil ini masih menyisakan aura masa lalu yang mewah tapi juga tangguh di medan off road. Bila kalian belum kesampaian membeli Land Cruiser VX80, maka Toyota Kijang Rover Ace ini bisa menjadi versi ekonomis yang terjangkau. 

Sosok Kijang Rover Ace ini adalah garapan versi karoseri dari seri Kijang Kapsul. Desainnya lebih membulat dan membesar daripada Kijang Kapsul versi Astra. 

Mengapa kok digarap oleh karoseri? 
Sebab era 1990-an pemerintah masih meminta kepada para agen pemegang merek supaya merakit body kendaraan minibus mereka kepada pihak karoseri. Toyota Kijang menjadi salah satu model yang juga diminta untuk assembling body kepada pihak ketiga.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Toyota Indonesia juga pernah mengeluarkan varian Toyota Kijang dengan tampilan ala SUV langsung dari pabrik Astra. Namanya SUV jadul pasti memiliki ciri khas adanya ban cadangan yang menempel di pintu belakang. 

Model ini dinamakan Kijang Rangga yang bisa dibilang Kijang Krista sasis pendek. Toyota Kijang Rangga ini baru muncul bersamaan dengan munculnya Toyota Kijang Kapsul pada tahun 1997. 

Awal Kemunculan Toyota Kijang Rover Ace, Versi Karoseri Seangkatan Kijang Rangga

Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya 01

Berbarengan dengan Kijang Rangga ini, juga ada perusahaan karoseri yang menyulap Toyota Kijang menjadi lebih gagah dan diberi nama Toyota Kijang Rover Ace. Mobil tersebut dibuat oleh karoseri Adhi Jaya Tama Mobilindo yang pemasarannya dilakukan oleh PT.Astrido Grup.

Kijang Rover Ace diberi julukan sebagai Baby Land Cruiser karena bentuknya mirip Land Cruiser VX. Lantas, apakah fiturnya lebih mewah dari Kijang Kapsul biasa? Yuk kita bahas lebih mendalam.

Body Kijang Rover Ace Lebih Besar, Bobot Kendaraan Jadi Lebih Berat

Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya 02

Keistimewaan versi karoseri ini adalah penggunaan bahan plat untuk body lebih tabal dari Kijang Kapsul versi Astra yang memakai plat 0,8 mm. Konon karoseri ini memakai plat semi galvanis anti karat untuk membuat bodi Kijang Rover Ace ini. 

Pada bodinya terdapat tambahan moulding berbahan fiberglass pada fender, serta terdapat fog lamp di bumper depan. Untuk bagian sampingnya, sudah ada footstep yang terlihat serasi dengan fender dan bumper dengan aksen krom yang terlihat kian mewah. 

Sayangnya karena plat yang digunakan tidak sesuai dengan mesin press yang dipakai, penggunaan dempul masih diperlukan pada model karoseri ini. Belum lagi karena bodynya mengikuti konsep Land Cruiser. Akibatnya, karoseri terpaksa memakai dempul yang lumayan banyak, untuk membentuk lekukan ala Land Cruiser, sehingga mengakibatkan berat bodinya bertambah drastis. 

Fitur Toyota Kijang Rover Ace Lebih Lengkap Dari Kijang Kapsul SGX

Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya 03

Kijang Rover Ace ini secara fitur sudah jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Kijang Kapsul versi Astra dengan original body. Fitur modern seperti Power steering, power window sampai central lock sudah tersedia. 
Untuk interiornya sudah jauh lebih modern dibanding Kijang keluaran Astra, karena sudah memakai door trim model modern, power window serta AC double blower.

Untuk mesinnya, sama dengan Toyota Kijang Kapsul sebelum facelift dengan pilihan mesin bensin 7K 1800cc atau diesel 2500cc.  

Nasib Si Baby Land Cruiser Cuma Bertahan Sesaat

Pengen Punya Toyota Land Cruiser VX80 Versi Murah? Kijang Rover Ace Jawabannya 04

Sayangnya, Kijang model karoseri seperti Kijang Rover Ace ini hanya muncul sampai tahun 1998. Alasannya, orang sudah tidak tertarik dengan versi karoseri dan menyukai versk originalnya, dengan membeli body asli Astra.

Ditambah lagi pada tahun 1997, Indonesia terkena krisis moneter yang parah, sehingga membuat banyak perusahaan termasuk perusahaan karoseri gulung tikar. Mungkin inilah sebabnya tahun 1997 bisa disebut sebagai tahun kemunduran industri karoseri mobil penumpang kecil yang berjaya pada era 80an.

Harga Pasaran Toyota Kijang Rover Ace Kini Cukup Murah Meriah

Kalau kalian ingin punya baby Land Cruiser ini, tak perlu merogoh saku hingga ratusan juta rupiah. Mobil ini dijual dengan kisaran harga antara Rp 50 juta hingga Rp60 jutaan tergantung kondisi. 

Namun populasi unitnya relatif terbatas, karena masa penjualannya yang relatif singkat. Untuk itu, kalian perlu ekstra sabar berburu unit yang kondisinya rapi dengan harga rasional.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Land Cruiser VX Grade

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru