window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS

Yongki Sanjaya · 13 Okt, 2022 14:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Komparasi Honda City Sedan 2022 vs Honda City Hathcback RS, Selisih Rp53 Juta Apa Lebih Menarik?

All New Toyota Vios Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp314 Jutaan dan Pakai TSS

Sebagai informasi, Toyota Vios tipe 1.5 G CVT TSS dijual seharga Rp368.400.000 sedangkan Honda City sedan diniagakan Rp365.400.000. Selisih harga yang begitu tipis ini bila diperhatikan ternyata membuat Toyota Vios jadi lebih value for money walau agak mahal sedikit.

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 01

Bila bicara soal penampilan, pandangan kami secara subyektif melihat bila sosok Honda City lebih menarik. Desainnya premium dan stylish walau dimensinya compact. Sedangkan Toyota Vios generasi keempat ini desain bumper depannya aneh, karena ada tekukan pada lekuk seolah seperti bumper aftermarket bikinan bengkel body kit.

Nah, apakah Honda City sedan ini fiturnya kalah telak bila dibandingkan Toyota Vios? Mari kita bandingkan kedua model tersebut.

Honda City, Sedan Elegan dengan Fitur yang Kurang Melimpah

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 02

Untuk ukuran mobil dengan harga di atas Rp350 juta kami melihat bila fitur yang dimiliki pada Honda City begitu minim. Seolah Honda agak pelit dalam menyediakan fitur bila dibandingkan dengan merek kompetitornya. 

Faktanya, Honda City sedan belum dilengkapi Honda Sensing. Padahal di City Hatchback RS fitur keselamatan ini sudah ada dengan harga lebih murah Rp3 juta. Meskipun demikian, fitur di Honda City sedan ini juga nggak kosongan banget kok. 

Kita mulai dari sisi eksterior, dimana Honda City sedan lampu depannya juga sudah pakai LED dan dilengkapi DRL hingga foglamp dengan LED. Bahkan di lampu belakang pun telah menggunakan LED. 

Interior Berkelas dengan Fitur Oke

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 03

Kemudian pada interiornya, Honda City didukung 8 speakers di kabin depan dan belakang, Rear AC ventilation, dan tersedia tambahan power outlet pada jok penumpang belakang. Akses multimedia didukung head unit 8 inci juga dengan kemampuan Bluetooth dan Smartphone Connection. Layar head unit-nya dapat menampilkan fitur Multi-Angle Rear View Camera. Pengemudi bisa memilih 3 tampilan yaitu Normal View, Wide View, dan Top View untuk membantu pandangan ke arah belakang saat memarkir mobil.

Fitur menarik lainnya di interior City sedan antara lain audio steering switch, paddle shift, cruise control, tombol start/stop engine, serta remote engine start untuk menghidupkan mesin dari jarak tertentu menggunakan smart key.

Fitur keselamatan di Honda City sedan juga cukup oke meskipun minus Honda Sensing. Sedan ini sudah memiliki , EBD, BA, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Brake Override System, Emergency Stop Signal, dan keberadaan 6 Airbags.

Tipe Teratas Toyota Vios 2023 Sudah Dibekali Fitur TSS

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 04

Toyota paling banyak memberikan opsi ragam tipe pada Vios terbaru. Sebab sedan ini hadir dalam tipe E MT, tipe G CVT, dan tipe G CVT TSS. Tapi perlu diingat, khusus tipe E MT berstatus Spot Order. Untuk harga Toyota Vios 2023 tipe E Rp314,9 juta, tipe G CVT harganya Rp355,2 juta, dan tipe G CVT TSS Rp368,4 juta. Kalau melihat harga ini tentunya untuk tipe tertinggi Toyota Vios 2023 lebih mahal dibandingkan Honda City. 

Toyota Vios generasi keempat ini mengalami banyak sekali ubahan. Mulai dari desain yang lebih runcing dan agresif, dimensi yang lebih lebar, serta ruang kabin dengan nuansa baru. Serta ada lagi hal menarik lainnya, yaitu sudah dipasangnya Toyota Safety Sense (TSS).

Bicara fitur baik varian 1.5 E MT, 1.5 G CVT, maupun 1.5 G TSS CVT sama-sama dibekali dengan head unit layar sentuh 9 inci model floating yang mendukung format smartphone connection melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP). Guna memudahkan pengemudi saat ingin menjalankan fitur yang ada pada sistem hiburannya, pada setirnya terdapat switch control steering yang juga tersambung dengan pusat informasi berkendara.

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 05

Khusus varian 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT, untuk panel instrumentnya menggunakan layar TFT 7 inci dengan tampilan full digital. Berbeda dengan tipe 1.5 E MT, bentuknya masih menggunakan analog baik tachomoter dan speedometernya, serta MID di tengah. 

All New Toyota Vios 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT juga dibekali dengan fitur ECO/Power Mode yang bisa dipilih menyesuaikan keinginan berkendara. Dari sisi pengemudi pun sudah ada tilt and telescopic steering, MID 7 inci TFT, serta Eco dan Power Drive Mode.

Selain itu juga kedua varian ini mendapatkan fitur paddle shift, tilt & telescopic steering, Electric Parking Brake (EPB), auto hold, dan rear parking camera. Varian 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT juga memperoleh tambahan fitur berupa blind spot monitoring,  serta Rear Cross-Traffict Alert (RCTA). 

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 06

Khusus tipe teratasnya, Vios generasi terbaru memperoleh tambahan Traction Control yang berfungsi untuk mengatur distribusi tenaga ke roda depan supaya tidak mudah selip sehingga dapat dikendalikan dengan baik. Selain itu juga ada Brake Assist (BA) dan 6 airbags yang tersebar di beberapa bagian guna memberikan keamanan serta keselamatan lebih terhadap penggunanya ketika mengalami benturan cukup kencang.

Oh iya, semua varian Vios generasi keempat ini dilengkapi rear parking sensor, sementara pada tipe 1.5 G CVT dan 1.5 G TSS CVT mendapat tambahan rear camera.

Toyota Vios terbaru ini juga sudah menggunakan Electric Parking Brake (EPB) dan Auto Brake Hold. Lalu headunit 9 inci dengan kemampuan konektifitas ke ponsel serta ada rear parking camera. 

Fitur Keselamatan dan TSS di Toyota Vios Lebih Komplit

Harga Beda Cuma Rp3 Jutaan, Toyota Vios 2023 Unggul Telak Dari Honda City Sedan Karena Fitur TSS 07

Baik Toyota Vios G CVT TSS maupun Toyota Veloz Q CVT TSS sama-sama sudha dibekali fitur TSS. Dalam TSS tersebut terdiri dari beberapa paket fitur keselamatan seperti Pre-Collision Warning and Braking Assist, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning, Rear Cross Traffic Allert, Blind Spot Monitor, Front Departure Alert, Auto High Beam, dan Lane Departure Prevention. Bedanya pada Veloz tak memiliki Adaptive Cruise Control, sementara Vios punya.

Selanjutnya di Vios juga punya fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, serta 6 airbags.

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Vios ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa cek ke SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil