window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia?

Yongki Sanjaya · 29 Jan, 2021 07:00

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia? 01

Dalam beberapa waktu terakhir publik di Indonesia antusias mendengar soal kabar peluncuran Daihatsu Rocky. Masyarakat tidak begitu menyadari kalau Toyota juga akan merilis kembarannya yaitu Toyota Raize 2021. Dengan nama besar Daihatsu Rocky yang begitu melegenda, bisakah Toyota Raize 2021 juga memikat masyarakat?

Kedua mobil ini pertama kali melakukan debut dunianya di Tokyo Motor Show 2019. Pada saat itu juga keduanya mulai dijual di Jepang. Untuk spesifikasi di negara asalnya, baik Raize ataupun Rocky juga serupa. 

Patut dicermati kalau sebenarnya Toyota Raize ini adalah compact crossover terlaris di Jepang. Dikutip dari laman Nippon.com, Toyota Raize ini duduk di posisi kelima dari daftar keseluruhan mobil terlaris di Negeri Sakura itu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari lima besar, ketiga model diantaranya adalah Kei Car MPV. Cuma Toyota Raize dan Toyota Yaris saja yang tidak termasuk segmen mobil 'kotak' itu. Raize mampu mencatatkan penjualan sebanyak 93.243 unit di sepanjang tahun lalu. 

Persoalannya yang akan dihadapi oleh Toyota Raize yang konon meluncur di Mei 2021 ini hanyalah soal reputasi. Saudara kembarnya yaitu Daihatsu Rocky di era 80 sampai 90an dikenal sebagai SUV tangguh di segala medan. Kembalinya Rocky dalam versi mungil akan membangkitkan nostalgia sebagian penggunanya terhadap mobil off road Daihatsu. 

Toyota Raize 2021, Opsi Murah Dari Toyota Rush

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia? 01

Secara segmen, Raize dapat dipastikan berada tepat di bawah Toyota Rush. Karena memakai platform dari Daihatsu Rocky, maka Raize bisa saja diproduksi secara lokal. Terlebih, Daihatsu dalam beberapa kesempatan juga menjelaskan soal platform DNGA yang jadi basis dari Rocky atau Raize. 

Bicara soal harga di Jepang pasti sangat mahal. Harga Toyota Raize di Jepang apabila di konversi ke Rupiah berkisar Rp217 jutaan sampai Rp295 jutaan. Namun rumornya PT Astra Daihatsu Motor nantinya yang bertanggung jawab soal produksi Rocky dan Raize. 

Artinya ada kemungkinan Raize ini dijual dengan harga Rp 200 sampai 250 juta seperti halnya Nissan Magnite. Salah satu yang menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia adalah mesin di Toyota Raize menggunakan kapasitas mesin kecil namun ditambah dengan peranti turbo.

Mengenai masa depan Toyota Raize di Indonesia, tentu tak seorang pun bisa mengatakan dengan pasti akan seperti apa nantinya. Belum tentu pasar tanah air akan menyambutnya dengan dingin karena kalah nama besar dibandingkan Daihatsu Rocky. 

Hal yang bisa dipastikan yaitu terdapat perbedaan yang antara Raize/Rocky versi Jepang dengan Indonesia. Untuk Raize yang akan meluncur di Indonesia akan memiliki pilihan transmisi lebih banyak yakni transmisi manual (diperkirakan 6 speed manual) ataupun CVT.

Selain itu versi Indonesia tidak akan mendapatkan pilihan penggerak 4 roda karena skema pajak yang sangat mahal. Opsi 2WD berpengerak roda depan dinilai lebih realistis.

Mengenai mesin sampai saat ini diyakini akan menggunakan tipe 1000 cc turbo seperti halnya di Jepang. Mesin 1KR-VET ini diproduksi oleh Daihatsu, berkapasitas 996 cc, 3 silinder. Soal tenaga, mesin ini bisa mengeluarkan daya sampai 96,6 hp dengan torsi maksimal 140 Nm.

Apa sih kerennya Toyota Raize ini? Apa bisa bersaing dengan nama besar Daihatsu Rocky nantinya? 

Belum Punya Nama Besar, Toyota Raize Punya Fitur Jempolan

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia? 02

Patut kita akui kalau Daihatsu Rocky adalah nama yang melegenda di jagat otomotif nasional. Hanya saja, Rocky yang akan meluncur sosoknya cukup berbeda karena kini minimalis saja. Bagaimana dengan Raize sebagai kembarannya? 

Melihat yang sudah-sudah, Toyota akan memberikan fitur yang lebih banyak daripada Daihatsu kalau mereka memproduksi suatu model kembar. Terlebih, Raize ini adalah compact crossover terlaris di Jepang tahun lalu. Tentu, dukungan fitur kekinian jadi modal utama bertarung di segmen mobil mungil berkemampuan off road. 

Salah satu keunggulan dari Toyota Raize 2021 adalah fiturnya yang lumayan lengkap. Sebut saja Adaptive Cruise Control, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function, Crash Avoidance Braking Function, hingga Erroneous Start Preventing Function with Braking Control. 

Bagian yang cukup menarik ialah fitur Adaptive Cruise Control sudah lengkap dengan Speed Tracking. Artinya, terdapat sensor yang mampu membaca kecepatan mobil yang ada di depan. Kecepatan mobil saat cruising bisa dikurangi otomatis saat kendaraan di depan melambat. 

Selain itu, ada juga fitur-fitur lain di Toyota Raize seperti Recognition Function, Leading Vehicle Start Notification Function, Lane Departure Warning Function, Blind Spot Monitor, Corner Sensor, dan masih banyak lagi. 

Interior Kekinian di Toyota Raize 2021

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia? 03

Kesan mewah dan modern menjadi suguhan utama yang dihadirkan saat menbuka pintu. Toyota menyebut bila rancang bangun kabin Raize dibuat untuk menyuguhkan visual yang terbaik bagi pengendara dan penumpang. Tata letak panel instrumen semuanya dihadapkan ke posisi pengemudi. 

Hal ini seakan untuk memberikan kemudahan dan kesan ergonomis. Istilahnya, Toyota Raize ini berusaha menghadirkan kesan driver oriented. Penampilan speedometernya kekinian, karena sudah mengusung TFT color LCD berdimensi 7 inci yang memiliki empat pilihan tampilan.

Sebagai pendukung hiburan sekaligus informasi, terpasang head unit berukuran 9 inci pada Toyota Raize 2021. Head unit ini bisa digunakan untuk smartphone lewat aplikasi Smart Device Link dan Apple Car Play. 

Raize Jadi Mobil dengan DNGA Pertama di Lini Toyota

Terlaris di Jepang, Toyota Raize 2021 Mampu Samai Nama Besar Daihatsu Rocky saat Masuk Indonesia? 04

Raize ini adalah pelopor mobil kompak pertama yang diproduksi oleh Daihatsu Motor Co.Ltd yang menggunakan platform DNGA. Semua aspek, termasuk mesin dan performanya merupakan hasil pengembangan baru dan belum pernah ada di model Toyota lainnya.

Dari segi dimensi, Raize ini proporsional untuk mobil di perkotaan. Raize memiliki panjang 3.995 milimeter, lebar 1.695 milimeter, dengan pelek berukuran 17 inci. 

Dengan kapasitas penumpang hingga lima penumpang, Raize memiliki ukuran bagasi hingga 369 liter. Artinya, Raize ini begitu pas untuk mobil segala aktivitas. Kemampuan off road ringan dan ground clearance tinggi membuatnya bisa dipakai piknik ke pededaan atau jalan perbukitan. 

Kesimpulan 

Sebagai compact crossover terlaris di Jepang, pastinya Toyota Raize punya daya pikat menarik. Mulai dari desain hingga kelengkapan fitur dan pastinya harga harus serba pas. Bermodal hal tadi serta nama besar Toyota, tampaknya bukan perkara sulit bagi Raize untuk menjajaki segmen baru di Indonesia. 

Bila ingin mencari mobil berkemampuan off road tapi tidak butuh yang besar, maka Raize ini perlu masuk wishlist kalian. Di negara asalnya, Raize juga banyak tersedia paket aksesoris genuine. Jadi, membuat Raize jadi mobil harian yang kece dan kaya fitur pun jadi perkara mudah. 

Gimana, sudah tidak sabar menunggu Toyota Raize meluncur di sini? 


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil