window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Sepekan: Waspada Injektor Mesin Rusak Sampai Skandal Diesel Toyota

Prasetyo · 5 Feb, 2024 08:25

top 5 autofun

Kasus skandal diesel Toyota yang terjadi akibat ketidaksesuaian data antara fact sheet dengan data pengujian ternyata banyak menyedot antusiasme pembaca Autofun.

Hal ini terjadi mungkin karena kasus skandal diesel toyota tersebut menimpa mobil-mobil yang sebagian besar dipasarkan juga di Indonesia, seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, dan Toyota Hilux.

Bahkan makin ramai lagi akibat mobil-mobil ini juga ada yang menggunakan mesin diesel buatan pabrik Toyota Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak heran kasus skandal diesel Toyota ini pun menjadi Top 5 artikel Autofun Indonesia selama sepekan ke belakang.

Tapi tentunya bukan cuma artikel terkait skandal Toyota saja, ada juga beberapa artikel lain yang memecut cukup banyak perhatian dari pembaca.

Misalnya terkait ciri-ciri injektor mesin sudah mengalami kerusakan yang berakibat mobil jadi tidak enak dikendarai, bahkan kalau dibiarkan dapat membuat biaya perbaikan jauh lebih besar.

Lantas dari artikel buying guide, sosok Mazda Biante dalam kondisi bekas, saat ini sudah semakin menarik karena harganya yang tak lagi semahal dulu ketika baru.

Desain yang manis, interior lega, dan pintu geser yang memudahkan akses masuk keluar orang atau barang jadi beberapa keunggulannya.

Selain itu, artikel mengenai pilihan mobil baru harga Rp 300 jutaan juga jadi Top 5 Autofun pekan ini.

Sepertinya dengan harga Rp 250-350 juta, budget keluarga di Indonesia memang masih bisa dibilang terjangkau untuk membeli sebuah mobil baru, baik dengan cara kredit maupun cash.

Nah kalau penasaran apa aja sih Top 5 artikel Autofun dalam sepekan ke belakang? Ini selengkapnya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Beda Toyota Innova Zenix Hybrid G dan V Sampai Pajero Sport Bensin yang Menggoda

1. Ini Ciri Injeksi Mobil Rusak, Bikin Berkendara Kurang Nyaman

injektor mesin kotor

Jangan biarkan injektor mesin kotor

Semua mobil Internal Combustion Engine (ICE) kini sudah menggunakan sistem injeksi guna menyemprotkan bahan bakar di ruang bakar yang diatur dengan komputer.

Mobil dengan sistem kombusi injeksi sendiri lebih mudah dari segi perawatan ketimbang mobil yang masih menggunakan karburator.

Seperti yang diketahui pemilik tidak perlu melakukan penyetingan udara serta bahan bakar secara manual untuk masuk ke dalam mesin.

Selain itu pula mesin injeksi umumnya lebih irit bahan bakar karena sistemnya yang dikabutkan dan diatur secara lebih presisi untuk jumlah bensin yang dikeluarkan.

Meski mudah dalam perawatan, kalian wajib mengetahui ciri injeksi mobil rusak supaya tidak bingung ketika terjadinya masalah.

2. Toyota Kena Skandal Mesin Diesel yang Dipakai Innova dan Fortuner, Indonesia Juga?

skandal diesel toyota

Mesin diesel Toyota Fortuner

Skandal Toyota kembali berlanjut, kali ini Toyota Industrie Toyota Industries Corporation (TICO) melaporkan kepada Toyota Motor Corporation terkait ada penyimpangan uji emisi pada mobil bermesin diesel milik mereka. 

Dalam investigasi yang dilakukan, tim investigasi menemukan, terdapat tiga jenis mesin diesel dan beberapa model mobil yang dipasarkan secara global terindikasi dari dampak tersebut. 

"Selama pengujian sertifikasi, kinerja output tenaga kuda mesin diukur menggunakan ECU dengan software yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal, sehingga hasilnya dapat diukur untuk membuat nilai tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit," tulis situs resmi Toyota. 

Akibat kasus tersebut, TICO yang sudah melakukan pengembangan mesin diesel Toyota memutuskan, untuk menyetop sementara pengiriman mesin diesel yang terdampak, serta tidak melakukan distribusi mobil terkait.

Kendati demikian, Toyota telah memverifikasi ulang produk bermesin diesel yang diproduksi secara masal, dan memastikan mesin serta mobil yang terkena dampak kini sesuai dengan standar.

"Kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada pelanggan kami yang telah lama mendukung kendaraan yang terkena dampak dan menunggu, serta kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya atas ketidaknyamanan dan kekhawatiran signifikan yang ditimbulkan," tulis Toyota. 

Atas kejadian ini skandal mesin diesel ini Toyota berjanji untuk memberikan penjelasan secara rinci kepada pihak berwenang dan segera mengambil tindakan yang tepat, termasuk melakukan pengujian di hadapan pihak-pihak terkait.

3. Kelebihan dan Kelemahan Mazda Biante Bekas, MPV JDM yang Harganya Kini Setara LCGC

mazda biante bekas

Harga Mazda Biante bekas tak lagi semahal unit barunya

Nama Mazda Biante mungkin tidak setenar Toyota Voxy, Alphard, atau Nissan Serena

Padahal MPV boxy ini hadir dengan fitur yang cukup komplit, serupa dengan unit yang dijual di Jepang. 

Setelah berusia hampir satu dekade, apakah Mazda Biante bekas ini tetap menarik untuk dibeli?

Agak disayangkan karena perjalanan Mazda Biante pada segmen High MPV di Indonesia, memang cukup singkat yaitu dari 2012 sampai tahun 2018. 

Kini Biante hanya tersedia unit bekasnya saja di pasaran. 

Biante ini membawa cita rasa khas Japanese Domestic Market alias JDM yang desainnya berani dan atraktif. 

Di pasaran mobil seken, harga Biante bekas dijual mulai dari Rp 130 jutaan untuk tipe standar hingga Rp 230 jutaan untuk tipe Skyactiv. 

Harga tipe standar kurang lebih mirip dengan harga mobil LCGC.

4. Ini Keunggulan Toyota Kijang Krista, Varian Termewah Kijang Kapsul di Jamannya

kijang krista bekas

Eksterior dan interior Toyota Kijang Krista terlihat mewah di masanya

Toyota Kijang Krista diketahui merupakan varian tertinggi dari Toyota Kijang generasi keempat atau yang biasa disebut dengan Kijang Kapsul.

Menurut sejarahnya, varian paling mewah ini diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti Mahkota.

Berbeda dengan Kijang Kapsul biasanya, Toyota Kijang Krista memiliki tampilan yang terlihat lebih luxury baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Pada bagian luar, bumper depan dan belakang Kijang Krista dibuat lebih membulat serta diaplikasikan side moulding dan over fender yang membuatnya terlihat lebih gambot.

Tidak sampai disitu, beberapa bagian luarnya juga dilapisi lapisan krom yang membuatnya terkesan lebih prestisius.

Varian ini juga dijejalkan desain velg khusus yang terlihat lebih mewah dibanding Kijang Kapsul biasa.

Bukan cuma tampilan luar saja, interior Kijang Krista juga dibuat wah di masanya dengan disematkannya wood panel di area dashboard serta baris keduanya.

Tak seperti Kijang Kapsul biasa, Kijang Krista mendapatkan interior yang dilabur dengan warna hitam dan krem yang mana door trim dan jok menggunakan material bahan beludru yang halus.

Berdasarkan beberapa penelusuran di situs jual beli mobil bekas, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp 55 jutaan hingga Rp 115 jutaan.

5. 10 Rekomendasi Mobil Baru di Harga Rp 300 Jutaan, Bisa Dapat Veloz Sampai HR-V

toyota veloz 2024

Toyota Veloz 2024

Rekomendasi mobil baru harga Rp 300 jutaan memang cukup beragam, tinggal disesuaikan mana yang jadi kebutuhan Anda.

Apalagi pada awal tahun, biasanya banyak promo menarik dari dealer mobil baru, tentunya ini bisa menjadi keuntungan jika Anda berencana ganti atau menambah kendaraan di garasi rumah.

Harga mobil baru Rp 300 jutaan ada banyak pilihan. Mulai dari hatchback, MPV hingga SUV bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Mereknya pun bermacam-macam, ada Toyota, Honda, Suzuki, Hyundai hingga Mitsubishi. Mobil China hingga merek Eropa juga ada pilihannya, seperti Wuling, Chery, Neta, dan Citroen.

Namun kami memilih 13 mobil baru harga Rp 300 jutaan untuk mengerucutkan pilihan Anda. Rentang harganya bervariasi, mulai dari yang termurah Rp 304 jutaan sebagai yang termurah, hingga Rp 398 jutaan untuk yang termahal.

Tentunya harga yang kami paparkan adalah harga normal sebelum promo yang ditawarkan setiap dealer.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Fortuner 2.4 G M/T 4x2

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil