window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift!

Prasetyo · 19 Jan, 2023 12:08

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 01

Toyota AE86 mungkin menjadi mobil paling ikonik di era 1990-an. Apalagi kalau bukan meledaknya film Initial D. Namun Toyota membawa sesuatu yang baru untuk mobil pengantar tahu ini di ajang Tokyo Auto Salon 2023.

Mengikuti jejak elektrifikasi yang tengah booming beberapa tahun belakangan, Toyota AE86 berbahan bakar hidrogen dan juga listrik berbasis baterai (BEV) pun diperkenalkan. Ya, Toyota Motor Corporation (TMC) memang percaya kalau mobil ramah lingkungan bukan cuma EV. Namun kendaraan berbahan bakar hidrogen (H2) juga layak masuk ketegori ini.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 02

Diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 2023

Karenanya pabrikan Jepang itu ingin membuktikan, bahan bakar sel hidrogen (fuel cell hydrogen) bisa juga diterapkan pada mobil tua. Dan hasilnya tetap menarik untuk dikemudikan serta ramah lingkungan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Honda Civic e:HEV dan ZR-V Ikut Ramaikan Ajang Tokyo Auto Salon 2023

Toyota AE86 H2 Concept Tetap Pakai Mesin 4A-GE

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 01

Ada decal H2 sebagai penanda model hidrogen

Wujud fisik mobil ini masi sama dengan Toyota Corolla Trueno yang tenar pasca film Initial D. Termasuk eksterior kombinasi putih dan hitam serta livery huruf kanji di pintu kiri dan kanan. Model bodykit dan velg yang terpasang pun disamakan dengan mobil pendahulunya.

Fakta lainnya adalah mobil ini tetap menggunakan mesin 4A-GE 1.6-liter yang legendaris. Perbedaannya hanya pada bahan bakar untuk mesin pembakaran internal itu.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 02

Mesin 4A-GE yang legendaris

Sebab Toyota sudah tak lagi memasang tangki BBM. Gantinya dua buah tabung hidrogen bertekanan tinggi yang dicomot dari Toyota Mirai. Tangki penyimpanan gas H2 itudiletakkan pada ruang bagasi belakang.

Sistem asupan bahan bakar pun dimodifikasi karena tak lagi menggunakan direct injectoin dari mesin 4A-GE. Namun laporan media Jepang menulis, jika Toyota tetap mempertahankan agar peralihan jenis bahan bakar ini tak mengurangi karakter putaran mesin yang tinggi sebagaimana aslinya.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 03

Kabinnya tetap bernuansa mobil balap retro

Masahiro Sasaki, yang pernah mengendarai GR Corolla bertenaga hidrogen juga mengatakan, dia masih bisa merasakan sensasi putaran tinggi AE86 H2 ini di lintasan balap.

Baca juga: Mitsubishi Delica Mini Bakal Tampil di Tokyo Auto Salon 2023, Tampilan Lebih Macho!

Toyota Corolla AE86 BEV Concept

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 04

Yang ini pakai decal EV

Selain yang berbahan bakar hidrogen, Toyota juga memperkenalkan AE86 BEV Concept. Basisnya menggunakan Toyota Corolla Levin namun dengan perangkat EV dari beberapa mobil listrik Toyota.

Misalnya untuk baterai menggunakan milik Toyota Prius plug-in hybrid (PHEV). Sementara motor listirknya pakai kepunyaan Toyota Tundra.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 05

Kesan retronya tetap ada

Mobil ini hanya menyisakan dua jok dibagian depan untuk pengemudi dan satu penumpang. Sebaba pada sisi belakang dijadikan tempat penyimpanan baterai. Namun Toyota berusaha membuat mobil ini tetap ringan seperti aslinya walau sudah menyimpan baterai ukruan cukup besar.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 06

Mesin diganti motor elektrik

Output tenaga juga menjadi 93 PS, sedikit lebih jinak dari mesin Levin yang bisa mencpaai 160 PS. Namun torsinya melonjak jadi 190 Nm dibandingkan mesin bensinnya yang mentok di angka 162 Nm. Mesin itu lantas dikombinasikan transmisi 6 percepatan manual.

Toyota AE86 Ikuti Tren Berubah Jadi Mobil Listrik dan Hidrogen, Tapi Tetap Nikmat Dibawa Ngedrift! 07

Bateri diletakkan di belakang

Dengan bobot hanya 960 kg, rasanya mobil ini tak kalah mengasyikkan untuk diajak drifting!

Baca juga: 5 Modifikasi Daihatsu di Tokyo Auto Salon 2023, Kei Car Juga Bisa Buat Camping

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota 86 M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia