Toyota Vios Makin Tak Diminati, Penjualannya Kalah Telak dari Yaris

Prasetyo · 3 Sep, 2021 09:02

Toyota Vios 2021

Sempat terkenal dengan julukan "Speed Maker Fuel Saver", Toyota Vios kini sepeti kehilangan jati diri. Penggemarnya yang dulu begitu membludak, semakin hari kian menyusut. Padahal mobil ini punya segala potensi sebagai kendaraan harian yang nyaman dan juga stylish.

Bodinya juga masih masuk kategori compact sehingga tidak merepotkan kala harus melesat di jalan-jalan padat atau mencari lahan parkir terbatas. Sementara mesinnya berkodekan 2NR-FE 1.5L yang setara dengan mesin Yaris. Dapurpacu ini pun terkenal cukup bertenaga, hemat bahan bakar, dan mudah dalam perawatannya.

Toyota Vios 2021 -1

Vios di negeri tetangga

Lalu mengapa Toyota Vios 2021 kini seakan ditinggalkan? Masyarakat Indonesia sepertinya malah terbuai dengan Yaris, atau si pendatang baru, Toyota Raize.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Sudah Waktunya Ganti Generasi, Bakal Seperti Inikah Toyota Vios 2022?

Penjualan Toyota Vios 2021 Kian Merosot

Makin sepinya peminat terhadap sedan empat pintu ini terlihat dari sisi penjualannya. Pada Juli 2021 misalnya, berdasarkan data wholesales GAIKINDO, penjualan Toyota Vios hanya tercatat 69 unit. Angka ini bahkan sudah lebih baik dibandingkan penjualan bulan sebelumnya yang cuma 26 unit.

Toyota Vios 2021 -2

Interior Vios cukup nyaman untuk pemakaian harian

Penjualan Toyota Vios yang mengkhawatirkan juga terlihat pada Februari lalu ketika sedan compact ini hanya terdistribusi 25 unit. Sementara secara total untuk periode Januari-Juli 2021, Vios sudah terjual 466 unit.

Bandingkan dengan penjualan Toyota Yaris, dimana versi hatchback dari Vios ini mampu membukukan 688 unit hanya untuk periode Juli 2021. Sementara total sejak Januari hingga Juli tahun ini Toyota sudah melego Yaris sebanyak 4.181 unit.

Toyota Yaris 2021

Yaris jauh lebih laris dari Vios

Harganya Makin Mahal Bikin Pembeli Kabur

Harga Toyota Vios per September 2021
Vios E MT Rp299.500.000
Vios G MT Rp317.700.000
Vios G CVT Rp333.000.000

Tidak bisa dipungkiri jika banderol yang ditetapkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk Vios kian melambung dari generasi ke generasi. Untuk Harga Toyota Vios 2021 misalnya, per September mobil ini dipatok pada kisaran Rp300 jutaan.

Harga ini jauh lebih mahal ketimbang Toyota Avanza atau Avanza Veloz GR Limited. Dibanding versi hatchbacknya yaitu Yaris, Vios juga masih lebih mahal, karena varian tertinggi yakni Yaris GR Sport CVT 7 airbags harganya hanya Rp299,9 juta.

Toyota Rush 2021

Harga Rp250 juta - Rp300 juta banyak yang pilih Toyota Rush

Dengan banderol Rp333 juta, konsumen juga sudah bisa memiliki Toyota Kijang innova Reborn varian terendah. Atau jika ingin varian SUV, maka dengan budget segitu sudah terbeli Rush GR sport AT atau Raize 1.0T GR Sport CVT TSS yang juga cocok untuk harian serta masih bisa diajak berpetualang di akhir pekan.

Baca juga : Digunakan Sebagai Armada Taksi, Toyota Vios 2021 Bakal Seganteng Ini?

Toyota Vios Dapat Diskon PPnBM

Walaupun banderolnya sentuh Rp300 jutaan, namun Vios merupakan satu model Toyota yang juga dapat keringanan diskon PPnBM. Jika berlaku diskon PPnBM 100%, maka harga bisa turun di kisaran Rp254 jutaan - Rp283 jutaan.

Toyota Vios 2021 -3

Vios masuk kategori penerima diskon PPnBM

Namun siap-siap Anda mengeluarkan dana cukup besar saat membayar pajak tahunan dan 5 tahunannya. Sebab untuk Vios 2021 tipe E transmisi manual saja pajak tahunannya sekitar Rp3,6 juta. Ini belum termasuk biaya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), serta pajak progresif jika itu mobil kedua Anda.

Tetap Layak Jadi Pilihan Mobil Perkotaan yang Nyaman

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, Vios sejatinya punya potensi untuk dipinang jika Anda mencari mobil perkotaan yang nyaman sekaligus kece. Secara desian ia tampil atraktif tidak jauh beda dengan Yaris 2021. Apalagi keempat rodanya sudah dibekali rem cakram.

Toyota Vios 2021 -4

Pakai 7 airbags

Di ruang kabin ia dapatkan fitur Auto AC, meter cluster dengan MID, serta headunit yang sudah mampu terkoneksi dengan Android Auto maupun Apple CarPlay. Posisi duduknya juga nyaman, serta buat varian CVT telah dibekali pula dengan Paddle Shift. Bahkan di varian tertinggi ada juga tambahan mode berkendara Eco dan Sport.

Mesinnya berkapasitas 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Mesin ini mampu meletupkan tenaga 107 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm @4.200 rpm. Lebih dari cukup untuk penggunana di kota-kota besar dengan lalu lintas padat. Enaknya, mesin ini juga terkenal hemat dalam pemakaian bahan bakar.

Toyota Vios 2021 -5

Ada fitur pemanja berkendara

Semoga Toyota segera mengahdirkan generasi terbaru dari Vios. Sebab kabarnya Vios terbaru akan pakai DNGA dan ada juga pilihan mesin hybrid.

Baca juga : Toyota Vios 2022 Akan Pakai DNGA dan Mesin Hybrid, Yaris Menyusul

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru