Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021

Adit · 23 Nov, 2021 09:36

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 01

SPK new Mitsubishi Xpander di GIIAS 2021 kalahkan Toyota Avanza dan Veloz 2022.

Angka SPK atau Surat Pemesanan Kendaraan New Mitsubishi Xpander 2021 termasuk New Xpander Cross, ternyata lebih banyak dari Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022 selama 11 hari penyelenggaraan GIIAS 2021. Torehan ini diumumkan oleh masing-masing pabrikan dalam keterangan resmi yang diterima AutoFun Indonesia, Senin (22/11/2021). 

Dari Mitsubishi dulu. Pabrikan tiga berlian ini melaporkan jumlah SPK sebanyak 2.623 unit. Semuanya merupakan SPK yang dikumpulkan sejak 11 hingga 21 November 2021. Disebutkan bahwa lebih dari 85 persen dari jumlah itu merupakan SPK Low MPV jagoannya. 

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 02

New Mitsubishi Xpander di GIIAS 2021

Baca Juga: Ini Rahasianya Kenapa Bus Saat Isi Solar dan Parkir Tak Matikan Mesin

"Kami menyampaikan apresiasi tertinggi kepada konsumen Indonesia atas kepercayaan dan antusiasme yang sangat baik terhadap brand Mitsubishi Motors di Indonesia, terutama terhadap produk terbaru yang kami luncurkan new Mitsubishi Xpander dan new Xpander Cross," ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura.

Tak disebutkan rinci berapa jumlah pemesannya. Namun bila dihitung kasar 85 persen dari 2.623 unit, keluar angka sekitar 2.229 SPK yang merupakan angka pembelian dari kedua model yang disebut Nakamura. Lalu bagaimana dengan rival kuatnya yang juga tampil memukau di sana? 

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 01

Toyota Avanza dan Veloz di GIIAS 2021.

SPK Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022 Kalah dari Mitsubishi Xpander

Selama periode yang sama, pabrikan Toyota telah menjaring total SPK sebanyak 4.502 unit. Jauh lebih banyak dari Mitsubishi sebenarnya. Namun pemesan All New Toyota Avanza dan All New Veloz rupanya lebih kecil daripada model sebelumnya. 

Ya, selama di GIIAS 2021 SPK mobil sejuta umat itu sebanyak 711 unit, kemudian versi mahalnya atau kasta tertingginya sebesar 823 unit. Totalnya 1.534 unit, yang berkontribusi sebesar 34 persen terhadap penjualan Toyota di pameran berskala internasional itu. 

"Kami bersyukur atas respons positif terhadap kehadiran all new Toyota Avanza dan Veloz, di mana respons yang sangat baik ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di berbagai sektor, termasuk otomotif," terang Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 02

Toyota Avanza dan Veloz menarik perhatian pengunjung GIIAS 2021

Baca Juga: Baru Meluncur, Toyota Avanza dan Veloz 2022 Sudah Didiskon

Selain dua model tadi, pabrikan tiga oval juga merilis total SPK terhadap produk lainnya menjadi 5 besar terlaris. Pertama dan kedua sudah diisi Avanza dan veloz, adapun ketiga dihuni Toyota Raize sebanyak 651 unit, keempat Toyota Innova 633 unit, kemudian Toyota Fortuner 529 unit. 

Toyota juga mencatat tren baru bahwa dari semua varian yang tersedia, tipe GR Sport paling mendominasi penjualan. Komposisinya mencapai 87 persen apabila dibandingkan dengan tipe reguler. Ini menandakan Toyota Yaris GR Sport, Agya GR Sport, hingga Rush GR Sport paling banyak dipilih daripada tipe biasa.

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 03

Toyota Veloz menyabet gelar mobil penumpang terfavorit di GIIAS 2021

Tak cukup di situ, TAM juga merupakan salah satu agen pemegang merek yang menyediakan penjualan mobil hybrid di GIIAS 2021. Untuk model yang paling banyak diserbu kemudian di-SPK oleh pengunjung adalah Toyota Camry kemudian disusul Toyota Corolla Cross yang menjadi kendaraan hybrid paling murah yang dimiliki Toyota. 

Sama-sama Sabet Penghargaan di GIIAS 2021

Baik New Mitsubishi Xpander maupun Toyota Veloz termasuk Avanza merupakan Low MPV fenomenal yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung di GIIAS 2021. Maklum keduanya memiliki rivalitas yang tinggi sejak 2017 akhir, saat Xpander pertama kali dijual. 

Wow... New Mitsubishi Xpander Lebih Laris dari Toyota Avanza-Veloz Selama di GIIAS 2021 04

New Mitsubishi Xpander di GIIAS 2021.

Bahkan dalam meluncurkan produk penyegaran atau generasi terbaru, keduanya saling sikut-sikutan. Bila ingat, Mitsubishi Xpander facelift 2021 terlebih dulu curi start meluncur pada 8 November 2021, menyusul generasi terbaru Toyota Avanza dan Veloz pada 10 November 2021. Sontak keduanya menjadi sorotan di Indonesia, khususnya saat GIIAS 2021 berlangsung. 

Oleh karena itu, panitia pameran menganugerahkan keduanya dengan penghargaan mobil yang paling banyak dites untuk new Mitsubishi Xpander, dan mobil penumpang favorit kepada Toyota Veloz. 

Baca Juga: Bikin Bangga, Bus Asal Malang Buatan Karoseri Tentrem Siap Ekspor ke Manca Negara

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru