window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Aplikasi Honda RoadSync mulai Disebar, Bakal Dipakai Honda PCX 160 juga?

Ary · 28 Mei, 2021 17:00

Konektivitas pada motor Honda, sejatinya bukan hal baru. Toh, fitur tersebut sudah tersedia pada lini premium semacam Honda Gold Wing 1800 atau CRF1100L Africa Twin. Namun, sematan tersebut rupanya tak akan lagi terbatas kepada produk-produk mahalnya saja. Terlebih ada informasi, terapan itu bakal bersanding dengan aplikasi bernama Honda RoadSync. 

Pemandangan ini pun terpantau langsung oleh media India, Bike Dekho melalui perwakilan Honda di India. Pihak Honda global, Honda Motor Co., LTD diketahui mendaftarkan sebuah nama yaitu Honda RoadSync. Pada lembar itu pula dijelaskan bahwa statusnya diterima alias accepted. Yang berarti, sudah mendapatkan persetujuan untuk diaplikasikan. 

Honda RoadSync

Aplikasi Honda RoadSync bakal bersanding dengan motor Honda yang sudah dilengkapi konektivitas gawai.

Baca juga: Review Lengkap Tentang Honda Gold Wing 

Sebagaimana diketahui, Honda RoadSync sendiri sudah dipakai oleh beberapa lini Honda di Eropa seperti Honda X-ADV 2021, Honda CB1000R 2021 dan Honda Forza 750 2021. Sementara di India sendiri, baru ada Honda CRF1100L Africa Twin, Honda CB1000R dan Honda H'ness CB350 2021 yang sudah kedapatan konektivitas gawai. Dengan begitu, besar kemungkinan konektivitas dari mereka akan berdampingan langsung dengan Honda Road Sync.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Diaplikasi Motor Bermesin Kecil?  

Pertanyaannya, apakah hanya untuk mereka saja Honda RoadSync ini diaplikasikan? Bike Dekho sendiri meyakini bahwa Road Sync tersebut nantinya bakal disebar untuk sepeda motor Honda yang bermesin lebih kecil. Ya, tak menutup kemungkinan disematkan terhadap skutik seperti Honda Grazia 125. 

Modal awal darinya ada mengingat skutik tersebut sudah menggunakan panel meter full digital. Dengan begitu, skutik ini punya daya tarik lebih untuk dipinang masyarakat India. 

Pendaftaran Honda RoadSync

Pendaftaran atas nama Honda RoadSync sudah dilakukan oleh pihak Honda.

Baca juga: Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax

Situasi ini pun seharusnya menjadi perhatian pemegang merek Honda lain. Sebut saja PT Astra Honda Motor (AHM). Kita tahu, produk-produk buatan APM Honda di Indonesia semisal Honda Vario 125, Honda vario 150, Honda ADV 150 sudah cukup modern. 

Honda PCX 160 belum Punya Konektivitas Gawai

Bahkan, ada lagi yang lebih kekinian yaitu Honda PCX 160 2021. Demi mengalahkan performa Yamaha NMax, Honda rela meningkatkan kapasitas mesinnya dari 150 cc menjadi 160 cc. Termasuk pula membekalinya dengan fitur traction control (Honda Selectable Torque Control/HSTC) yang sudah dimiliki lebih dulu oleh si kompetitor. 

Sayang, modernitas berupa konektivitas tak disematkan terhadapnya. Sementara fitur tersebut menjadi salah satu penawaran dari Yamaha NMax sekarang. PT AHM sendiri mengatakan, konektivitas gawai belum dibutuhkan oleh konsumen Honda di Indonesia. 

Honda PCX 160 2021

Honda PCX 160 2021 mengedepankan performa ketimbang fitur semacam konektivitas gawai.

Baca juga: Butuh Performa dan Akomodasi, Honda PCX 160 Bisa Jadi Opsi Ideal

Akan tetapi, bukan tidak mungkin hal itu menjadi bagian dari pengembangan mereka ke depan. "Kami masih mempelajari, suatu saat konektivitas apa yang tepat dan sesuai untuk kebutuhan masyarakat Indonesia," kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM beberapa waktu lalu. 

Ada kesan, PT AHM melihat bagaimana ketertarikan pasar terhadap tawaran dari sang rival tersebut. Andaikata bagus, Honda sudah memiliki fitur konektivitas tersebut. Lantas, tinggal diselaraskan saja dengan aplikasi Honda Roadsync.

Sekilas tentang Honda RoadSync

Berdasarkan penjelasan dari Honda Eropa, Honda Roadsync sendiri merupakan aplikasi yang saat ini hadir untuk smartphone dengan sistem Android 7.0. Honda RoadSync memiliki fitur navigasi yang terintegrasi dengan Google Maps.      

Tampilan penunjuk arah dapat ditampilkan melalui panel meter dengan skema turn by turn. Selain itu, pemilik juga bisa mendengarkan panduan melalui suara via jaringan bluetooth. Pengendara bisa memanfaatkan earphone wireless atau intercom. 

Fitur Konektivitas dan Honda RoadSync

Seandainya konektivitas dan RoadSync diaplikasi, Honda PCX 160 bakal unggul jauh dari Yamaha NMax Connected. 

Baca juga: Kapasitas Mesin Bertambah Honda PCX 160 tetap Irit, Kok Bisa?

Fitur lain seperti perintah suara bisa dipakai untuk memanfaatkan fitur lain. Sebut saja melakukan panggilan telepon. Menariknya lagi, Honda Road Sync dikatakan mampu mendikte suara untuk mengirim pesan. Gampangnya, perkataan Anda bakal diterjemahkan ke dalam bentuk teks. Bukan saja SMS, tapi juga meliputi WhatsApp hingga Facebook Messanger sekalipun. 

Mengenai hal lainnya, pemilik motor bisa menyetel lagu favorit dari aplikasi tertentu. Dan, penggunanya pun bisa mendapatkan laporan cuaca dari wilayah yang ingin disambangi. Secara keseluruhan, suguhan demikian layak dan menarik karena tak sepenuhnya disediakan oleh Yamaha NMax Connected. Menarik apabila konektivitas gawai dan Honda RoadSync ini tersedia di Honda PCX 160! 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });