window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya

Alex · 21 Jun, 2020 10:00

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya 01

Toyota HiAce merupakan sebuah MPV yang berada di kelas mobil niaga ringan alias light commercial car. Mobil yang kerap identik dengan armada travel ini dijual oleh PT Toyota Astra Motor seharga Rp 537.500.000.

Mobil Toyota Hiace tersedia dalam 4 varian. Harga Toyota Hiace berkisar dari Rp 440 juta hingga Rp 678 jutaan, diantaranya ada Toyota Hiace yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 537 jutaan. Ini merupakan harga mobil Hiace 2020. Sekilas info saja, saudara Toyota Yaris, yakni Toyota Alphard memiliki 3 varian dengan harga berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard 2020 yang tidak beda dengan harga Alphard 2019.

Pada kelas yang dihuni HiAce sebenarnya cukup minim pesaing. Dari merek Jepang saja sejauh ini hanya Toyota yang bermain di kelas MPV niaga. Namun PT Toyota Astra Motor tak tinggal diam, improvisasi tetap dilaukan pada HiAce.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan HiAce telah mendapat perubahan besar pada tahun lalu. Pasalnya mobil ini dilakukan pergantian generasi dan membuatnya bertampang lebih keren dan modern.

Perubahan paling signifikan langsing bisa diketahui pada eksterior. Mulai dari headlamp, bumper, dan penggunaan grill model baru jadi pembeda dari generasi sebelumnya. Bahkan HiAce generasi baru ini dimensinya juga lebih melar. 

Dengan ukuran panjang total 5.915 mm, lebarnya 1.950 mm, tinggi 2.280 mm dan wheelbase mencapai 3.830 mm, mobil Hiace ini punya ruang kabin yang luar biasa luas. Mesinnya pun juga diganti jadi lebih modern dengan penggunaan dapur pacu GD series kebanggaan Toyota. 

Untuk lebih lengkapnya mengenai mobil niaga ringan satu ini, simak kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kekurangan

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya 01

1. Manuver terbatas

Sebagai MPV berbadan besar, tentu konsekuensinya adalah manuver berbelok, mundur atau bahkan mendahului yang terbatas. Jika Anda lebih sering membawa mobil MPV 7 penumpang atau hatchback maka perlu adaptasi saat membawa Toyota HiAce.

2. Lampu halogen

Walau desain headlamp mobil generasi baru ini cukup menarik dan lebih modern dibanding HiAce terdahulu, sayangnya teknologinya masih bohlam halogen. Bahkan nyaris semua lampu yang ada di depan dan bagian belakang mobil ini menggunakan bohlam halogen. LED hanya di belakang saja untuk ornamen lampu rem di kaca bagian atas.

3. Pelipatan bangku belakang berat

Sebagai mobil yang tetap mengutamakan aspek ekonomis, pada Toyota HiAce ini belum ada teknologi untuk meringankan pelipakan bangku. Paling sulit adalah saat melipat bangku paling belakang agar kapasitas bagasi bertambah. 

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya 02

4. Pelek kaleng

Walau perubahan pada mobil ini secara desain dan mesin mengalami peningkatan sangat positif, sayangnya ia masih pakai pelek kaleng. Pada pelek ring 16 inci tersebut ditutup dengan cover yang sekilas menyamarkan kesan murah.

5. Hanya satu varian

Sayang sekali PT Toyota Astra Motor hanya menjual HiAce generasi terbaru ini dalam satu varian saja. Mobil beridentitas lengkap HiAce Premio 2.8 MT ini tak punya alternatif opsi lain dan harganya Rp 537.500.000 on the road Jakarta.

Kelebihan

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya 03

1. Desain modern

Perubahan bentuk bodi pada HiAce generasi terbaru ini cukup mengesankan. Dengan lekuk-lekuk tajam dan beberapa ornamen chrome membuat kesan mobil niaganya agak berkurang.

2. Punya crumple zone

Dalam perubahan besar bodi pada HiAce ini menjadikannya punya area depan yang lebih maju, tak seperti pada model lawasnya yang rata. Area yang menjadi crumple zone tersebut akan mengurangi dampak fatal terhadap penumpang dan pengemudi jika terjadi tabrakan depan.

3. Mesin diesel modern

Saat ini HiAce sudah menggunakan mesin penenggak solar berkode 1GD-FTV, seri mesin yang sama dengan Innova dan Fortuner diesel. Mesin ini tentunya menjanjikan getaran yang lebih halus dan tarikan responsif. HiAce kini bertenaga 154 HP dan torsi mencapai 419 Nm.

Toyota HiAce Generasi Baru Semakin Modern, Ini Kelemahan dan Kekurangannya 04

4. Kabin sangat lapang

Berkat dimensinya yang lebih besar dibanding model terdahulu, menjadikan HiAce punya keunggulan di daya muat kabin. Untuk sekedar mengangkut 12 orang penumpang saja, bakalan tak jadi masalah dengan mobil ini.

5. Fitur safety 

Beruntung dalam pergantian generasi ini Toyota berbaik hati menyertakan tambahan fitur safety. Kini HiAce sudah memiliki rem ABS dengan Brake Assist, Emergency Brake Signal, Dual SRS airbag, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist.

Kesimpulan

HiAce generasi baru kini menjadi lebih tampak modern dan keren. Jika Anda membutuhkan armada pengangkut penumpang namun tak mau terlihat biasa saja, mungkin mobil ini adalah jawabannya. Mesin diesel modern yang impresif juga akan siap membuat Anda terkesan.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil