window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat

Yongki Sanjaya · 26 Mei, 2023 14:30

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 01

Sosok Toyota Hiace kini begitu populer kita jumpai sebagai kendaraan niaga angkutan penumpang. Mobil ini kerap digunakan sebagai mobil travel, walau tak jarang juga digunakan sebagai minibus charteran untuk pariwisata. Bahkan kiprah Toyota Hiace 2023 semakin menyisihkan Isuzu Elf di segmen Microbus. 

Toyota Hiace merupakan microbus yang cukup nyaman untuk menampung banyak penumpang berikut barang bawaan. Hiace memiliki kabin yang sangat luas dengan suspensi yang cukup empuk ketimbang merek sebelah. Dengan begini penumpang tidak terasa berguncang ketika melewati jalanan bergelombang. 

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain Mirip Toyota Hiace, Versi Anyar Foton Transvan Meluncur di PIMS 2022

Toyota Hiace Terbaru Bakal Berubah Jadi Mobil Travel Tanpa Bensin

Hadapi Euro4, Toyota Luncurkan New Hiace dan New Dyna dengan Teknologi dan Tampilan Baru

Adapun Toyota Hiace Commuter 2023 kini dijual oleh PT Toyota Astra Motor dengan harga Rp551.200.000. Lantas apa saja kelebihan Toyota Hiace Commuter hingga membuatnya laris manis jadi andalan pengusaha angkutan penumpang? Berikut ini ulasannya. 

1. Kabin Luas dan Bisa Mengangkut 15 Orang Penumpang

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 01

Toyota Hiace Commuter memiliki layout tempat duduk yang mampu menampung hingga 15 orang sekaligus. Tak heran apabila mobil ini cocok digunakan untuk travel maupun kendaraan charter wisata. 

Secara konfigurasi kursi, baris paling depan dapat diisi dengan satu penumpang dan satu driver. Selanjutnya pada baris kedua, ketiga dan keempatnya masing-masing baris bisa diisi masing-masing tiga penumpang. Lalu pada baris kelima terdiri dari kursi yang dapat dimuati empat penumpang sekaligus.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan ketika harus membawa banyak orang namun tetap harus menjaga fleksibilitas kendaraan agar bisa menjangkau daerah dengan jalan tidak terlalu lebar.

2. Desain Tempat Duduk Hiace Commuter 2023 Cukup Nyaman

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 02

Toyota Hiace memiliki tempat duduk yang empuk dan nyaman karena memang langsung diproduksi oleh pabrikan Toyota. Bandingkan dengan Isuzu Elf yang merupakan microbus bikinan karoseri, maka kursinya pun garapan produk aftermarket dan bukan genuine pabrikan. 

Selain tempat duduk yang nyaman, di dalam kabin Hiace juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Toyota membekali dengan Air Conditioner yang menjangkau hingga kursi paling belakang serta fasilitas audio yang membuat penumpang lebih rileks dan tenang selama perjalanan.

3. Spesifikasi Toyota Hiace Serupa Kijang Innova

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 03

Hal menarik lain yang membuat Hiace bisa diandalkan ialah spesifikasi mesin dan beberapa teknis lain. Spesifikasi mesinnya serupa dengan Kijang Innova atau Fortuner diesel. 

Toyota Hiace Commuter didukung mesin diesel turbocharger 2.494 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC D-4D berteknologikan common rail dipadukan transmisi manual 5-percepatan sebelum ditranslasi kepenggerak roda belakang.

Dengan mesin tersebut, Hiace bisa memiliki tenaga 102 PS @3.600 rpm di angka torsi maksimal sebesar 259 Nm @1.600-2.400 rpm.

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 04

Toyota Hiace dilengkapi dengan tipe double wishbone untuk bagian depan sementara leaf spring rigid axle berada di bagian belakangnya. Maka saat naik mobil ini layaknya mengendarai mobil pribadi. Selain itu, keunggulan lainnya mobil tetap nyaman meskipun melindas jalan berlubang dan tidak terasa menghujam goncangannya. 

Hiace juga telah mendapatkan power window di bagian depan, tilt steering, pengaturan spion elektrik dan Electronic Power Steering (EPS). Fitur tadi memudahkan pengemudi ketika bermanuver maupun memarkirkan kendaraan di tempat yang sempit.

4. Fitur Modern Layaknya Sebuah MPV

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 05

Bicara fitur multimedia, Toyota Hiace Commuter dibekali head unit higher level of travel experience with AVX 6” touch screen yang mendukung format Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD bahkan memiliki konektivitas iPod.

Soal fitur keselamatan, Toyota Hiace Commuter dikteahui memiliki 3-Points Seat Belt, Dual SRS Airbags dan ABS+BA. Mengenai sistem pengeremannya, di bagian depannya sudah menggunakan Ventilated Disc w/ Floating Calyper 1-Cylinder serta Leading-Trailing Drum Brake di roda belakangnya.

5. Built Quality Body Toyota Hiace 2023 Kokoh

5 Kelebihan Toyota Hiace 2023, Laris Jadi Mobil Travel Sejuta Umat 06

Salah satu kelemahan microbus bikinan karoseri ialah soal kekokohan body. Setelah kisaran lima tahunan digunakan, kerap kali struktur body mulai kendur dan muncul gemblodakan. Entah karena baut sambungan sudah kendur atau rangka yang tak lagi kokoh. 

Toyota Hiace merupakan microbus yang diproduksi langsung oleh Toyota yang merupakan manufaktur kendaraan. Secara struktur tentu memiliki standar tinggi dari sebuah pabrikan. Itulah mengapa Hiace masih terasa kokoh walau sudah digunakan kisaran lima tahun. Artinya, para pengusaha tak perlu memikirkan peremajaan body microbusnya karena masalah usia. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil