Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat?

Yongki Sanjaya · 10 Agu, 2022 18:00

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 01

Meluncur pada 2018 lalu, Wuling Cortez 1.8 hadir sebagai lawan baru dari Toyota Kijang Innova di segmen MPV. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau dengan fitur yang terbilang mewah. Kini harga bekas Wuling Cortez 1.8 ada di kisaran Rp160-180 juta, yang setara dengan harga Toyota Calya baru.

Meskipun harga bekasnya sudah terjangkau, namun tidak semua orang tergoda membeli Cortez 1.8 ini. Sebagian diantaranya lebih memilih Toyota Calya dengan alasan mencari mobil yang efisien BBM dan biaya perawatan yang lebih terjangkau.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Harganya Mirip, Toyota Avanza 1.3 G MT Bekas 2018 Menang Banyak Ketimbang New Calya G 2022

Ternyata Toyota Calya 2022 Punya Varian Luxury, Beda Harganya Lumayan Banyak!

5 Hal Menarik New Toyota Calya dan New Daihatsu Sigra yang Wajib Diketahui Sebelum Beli

Lantas, apa saja hal menarik yang bisa jadi pertimbangan kalian dalam memilih salah satu model ini? Berikut ini hal menarik antara Wuling Cortez 1.8 bekas dengan Toyota Calya baru.

Toyota Calya Baru, MPV Kecil-Kecil Cabe Rawit

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 01

Jangan anggap enteng status Toyota Calya yang masuk segmen LCGC. Pasalnya, mobil besutan Toyota ini punya kelengkapan fitur yang oke untuk ukuran mobil di bawah Rp200 jutaan. Sebagai informasi, Toyota Calya G AT sebagai tipe tertinggi dijual seharga Rp181.100.000. 

Toyota Calya baru saja mendapat facelift, yang kini mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome, yang diperkuat oleh New Smoked LED. Terdapat penyegaran pada 14 Inch Alloy Two Tone Machining berlabur chrome, kemudian eksteriornya dipercantik lNew Shark Fin Antenna menemani Retractable Outer Mirror.

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 02

Masuk ke dalam mobil, atmosfer nyaman dan tenang disajikan oleh New Two-tone Brown & Black with New Black Headlining di sekujur interior. Aksen New Two-tone Brown & Black with New Stitch Design pada seluruh jok mobil mempercantik interior Calya.

Dukungan fitur Smartphone Mirroring Connection (G Type), memberikan kemudahan pairing ke gadget untuk mengakses fitur entertainment dan menambah kental nuansa modern di dalam kabin.

Fitur Safety New Calya Cukup Lengkap dan Melindungi Penumpang

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 03

Seluruh tipe New Calya dilengkapi dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil. 

Semakin aman, G Type ditambah dengan Parking Camera serta Rear Parking Sensor untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur. Fitur keamanan di mobil ini telah memakai kunci dengan immobilizer.

Dimensi dan Spesifikasi Teknis Toyota Calya 2022, Proporsional Untuk Mobil Pemula

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 04

Calya 2022 memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sebesar 2.525 mm. Sementara Ground Clearance-nya 180 mm. Kaki-kaki didukung suspensi MacPherson pada bagian depan dan suspensi Semi Independent Torsion Beam pada bagian belakang. Keduanya dipasang per keong supaya peredamnya lebih nyaman. 

Performa mobil Calya terbaru juga tak buruk, berbekal mesin 3NR berkapasitas 1.197 cc dan berteknologi Dual VVT-i dengan empat silinder segaris. Tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 88 PS per 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 107,6 Nm pada 4.200 rpm. Untuk tipe ini, Toyota Calya didukung transmisi manual dengan 5 percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Wuling Cortez 1.8, MPV Bercita Rasa Mewah yang Bekasnya Semakin Murah

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 05

Untuk ukuran sebuah mobil baru, Wuling Cortez 1.8 ini harga jual kembalinya cukup jatuh. Bayangkan saja, Cortez 1.8 saat peluncurannya ditawarkan pada rentang harga mulai dari Rp 254 juta – 264 juta, Kini harga bekas Cortez 1.8 cukup menarik untuk jadi pertimbangan, karena berkisar di angka Rp160-180 jutaan.

Buat ukuran MPV bekas di bawah Rp200 jutaan, Cortez 1.8 ini cukup royal soal fitur. Pihak Wuling Motors menyebut bila pihaknya ingin fokus pada Cortez 1.5 Turbo, sehingga menghentikan produksi 1.8 pada 2019.

Bicara soal desain, Cortez ini begitu identik sebagaimana MPV Cina kebanyakan. Bongsor dengan lekuk agak kotak dengan siluet fascia dan belakang yang sederhana. Desain kaca jendelanya juga lebar, sehingga cukup memudahkan visibilitas berkendara. 

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 06

Nilai jual utama dari Wuling Cortez 1.8 ialah fitur yang mewah dan melimpah. Kita mulai dari head unit 8 inch yang mendukung beragam aspek multimedia. Display ini berisikan informasi tentang mobil dan juga sistem infotainment yang terkoneksi dengan USB, AUX maupun iPod serta Bluetooth, hingga menampilkan hasil Rear Parking Camera. 

Pihak pabrikan juga memikirkan hal detail seperti tempat charging untuk smartphone yang terdapat di baris pertama, kedua sampai ketiga. Jok pengemudi dan penumpang depan dapat diatur secara elektrik baik maju mundur maupun reclining dan setir juga sudah tilt steering. Jok di baris kedua sudah captain seat dapat maju mundur dan direbahkan dengan kondisi reclining ke jok baris ketiga. 

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 07

Terdapat sunroof yang berada di atap kursi baris pertama. Kehadirannya membuat kabin lebih terang di siang hari dan juga dapat membantu sirkulasi udara lebih cepat bila mobil lama terjemur di parkiran yang terik. 

Sistem navigasi juga terdapat di dalamnya, dengan mengakses Multi Information Display (MID) yang terletak di panel instrumen kemudi. Informasi di MID cukup lengkap, termasuk fitur Tire Pressure Monitoring System. 

Spesifikasi Mesin Wuling Cortez 1.8, Tak Terlalu Istimewa

Harga Wuling Cortez 1.8 Bekas Setara Toyota Calya Baru, Pilih yang Fiturnya Mewah atau Si Hemat? 08

Wuling Cortez bermesin 1.800 cc mampu menghasilkan tenaga 129 hp pada 5600 rpm. Lebih lanjut, torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 174 Nm pada 3600 – 4600 rpm. 

Untuk mesin 1.800 cc ini masih memakai transmisi otomatis konvensional, dengan sebutan i-AMT atau Intelligent Automated Mechanical Transmission (5-percepatan).  Ini adalah sebutan pihak Wuling untuk transmisi manual yang diotomatiskan.  

Cortez ini dari hasil pengujian berbagai media nasional menunjukkan angka yang kurang memuaskan. Untuk jalan di daerah perkotaan, mencatatkan rata-rata 7,5 – 7,8 km per liter. Sedangkan luar kota bisa mendapatkan 8,4 – 8,6 km per liter dengan mengombinasikan mode Eco dan Sport. Untuk Cortez 1.8 ini direkomendasikan untuk memakai bensin RON 92 seperti Pertamax dan sejenisnya. 

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru