window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

New Toyota Calya G MT Rp1,9 Juta Lebih Mahal Dari Wuling Confero DB, Kok Spesifikasinya Kalah Oke?

Enda · 11 Jul, 2022 08:30

New Toyota Calya Vs Wuling Confero Db

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan penyegaran terhadap salah satu produk flagshipnya di segmen MPV 7-seater entry level. Memperoleh improvement di sisi eksterior, interior dan fitur, New Toyota Calya bukan cuma sporty, mobil ini juga semakin modern dan mewah.

Mengenai harganya, Calya facelift kini ditawarkan Rp161,2 juta sampai dengan Rp180,8 juta. Untuk tipe G MT sendiri Toyota menjualnya di angka Rp166,7 juta atau lebih mahal Rp1,9 juta dari Wuling Confero DB. Untuk diketahui varian termurah Confero saat ini dibandrol Rp164,8 juta.

Punya harga baru lebih murah, benarkah Wuling Confero DB mampu ungguli New Toyota Calya dari segi spesifikasi? Daripada penasaran simak perbandingan keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Harga Wuling Formo S di Bawah Rp140 Jutaan Setara LCGC, Apakah Fiturnya Lebih Baik?

Dimensi Lebih Besar, Wuling Confero DB Tawarkan Lebih Banyak Kenyaman Berkendara

Wuling Confero DB

Dimensi Wuling Confero DB lebih besar dari New Toyota Calya

Dibandingkan dengan New Toyota Calya, secara dimensi Wuling Confero DB lebih gambot sehingga mampu menyuguhkan keleluasan berkendara. Melihat pada spesifikasinya, Confero DB memiliki panjang 4.493 mm, lebar 1.691 mm, dan tinggi 1.715 mm, serta wheelbase mencapai 2.720 mm.

Lalu bagaimana dengan Calya facelift? Di atas kertas untuk dimensinya mobil ini berada di angka 4.110 mm untuk panjang, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm serta wheelbase 2.525 mm.

Dimensi Toyota Calya Vs Wuling Confero 
Keterangan Toyota Calya Wuling Confero S
Panjang 4.110 mm 4.493 mm
Lebar 1.655 mm 1.691 mm
Tinggi 1.600 mm 1.715 mm
Wheelbase 2.525 mm 2.720 mm

Fitur Unggulan New Toyota Calya Vs Wuling Confero DB

New Toyota Calya

Fitur unggulan New Toyota Calya lebih lengkap dari Wuling Confero DB

Menyoal fitur unggulan, varian G MT New Toyota Calya dibekali dengan New Smoked LED Headlamp serta foglamp yang mampu meningkatkan penerangan saat berkendara di malam hari. Untuk lingkar rodanya, Calya facelift diaplikasikan velg 14 inci dengan desain baru two-tone machining berlabur chrome yang sporty dan kokoh. 

Menilik bagian dalamnya, untuk sistem infotaiment Toyota membekalinya dengan head unit AVX layar sentuh yang telah mendukung konektivitas Smartphone Mirroring Connection dan bisa dikendalikan oleh tombol yang terdapat pada lingkar kemudi. Selain itu, didalamnya kalian juga bisa menjumpai adanya power window, Electronic Power Steering (EPS), electric mirror dengan retractable, dan air circulation.

Wuling Confero DB

Interior Wuling Confero DB

Melihat Wuling Confero DB, Low MPV ini pada lampu depan turut diberi aksen smoky dengan bohlamp halogen yang membuatnya terlihat semakin sporty sekaligus atraktif. Berbeda dengan New Calya, untuk lingkar rodanya varian termurah Confero mengandalkan velg kaleng R15 yang ditutupi wheel dop.

Menengok sisi bagian dalam, MPV dengan konfigurasi jok 2+3+3 tersebut untuk sistem hiburannya hanya mendukung format radio, CD dan mp3. Meski begitu, pabrikan telah menyematkan guna memberikan kenyamanan berkendara kepada penggunanya seperti; Electronic Power Steering (EPS), electric mirror, power window, serta AC double blower yang diketahui dapat menyalurkan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Baca juga: Harga Murah Kabinnya Lapang, Seberapa Irit Konsumsi BBM Wuling Confero S?

Fitur Keselamatan New Toyota Calya Lebih Lengkap Ketimbang Wuling Confero DB

New Toyota Calya

Fitur keselamatan New Toyota Calya lebih lengkap

Guna memberikan keselamatan kepada setiap penggunanya, New Toyota Calya berhasil disematkan fitur yang lebih lengkap ketimbang Wuling Confero DB. Seperti yang terlihat Calya facelift telah dibekali dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku, dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, ISOFIX, side impact beam, Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, serta rear parking sensor.

Selain itu juga terdapat parking camera untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur yang terkoneksi langsung dengan head unitnya. Untuk keamanannya, keduanya berhasil dilengkapi immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

Bicara Wuling Confero DB, mobil ini hanya disematkan fitur keselamatan berupa seatbelt indicator serta seatbelt di semua joknya dan Emergency Stop Signal (ESS). Untuk sistem pengereman, pada bagian depan menggunakan disc brake, serta drum brake di roda belakangnya.

Wuling Confero Mengandalkan Mesin 1.5L dengan Penggerak RWD

Wuling Confero DB

Mesin N15 Wuling Confero DB

New Toyota Calya dibenamkan jantung pacu berkodekan 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i berkomubusi injeksi dengan kubikasi 1.197 cc. Menurut data di atas kertas, mesin yang digunakan mampu memeras tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Pada varian G MT, mobil ini dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Berbeda dengan Calya, Wuling Confero DB mengandalkan mesin N15 4-silinder segaris, DOHC natural Aspiration (NA) non-DVVT. Secara data, mesin jantung mekanisnya memiliki kapasitas 1.485 cc yang dapat merilis tenaga hingga 98 PS @5.800 rpm dengan angka torsi 135 Nm @3.800-4.400 rpm yang dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Guna membuatnya berjalan, tenaga yang dihasilkan Wuling Confero DB selanjutnya diarahkan ke penggerak roda belakangnya (RWD).

Kesimpulan

Lebih murah Rp1,9 juta dari Wuling Confero DB, New Toyota Calya memiliki head unit layar sentuh dengan konektivitas smartphone serta keselamatan lebih lengkap. Namun jika bicara dimensi, Confero jauh lebih besar sehingga mampu membawa penumpang lebih banyak tanpa mengurangi rasa nyaman.

Tak hanya itu, Confero juga terasa nyaman digunakan dibandingkan Calya berkat adanya AC double blower yang mampu mendistribusikan udara sejuk hingga baris paling belakang. Mengandalkan mesin dengan kubikasi lebih besar serta menggunakan penggerak RWD, Confero juga lebih bisa diandalkan ketimbang Calya ketika melewati jalan yang menanjak dan menurun.

Baca juga: Selisih Sampai Rp5 Jutaan, Perbedaan Fitur di New Toyota Calya Tipe E dan G Sedikit Banget!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil