7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush

Adit · 23 Nov, 2021 16:03

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 01

Kehadiran Toyota Avanza 2022 agaknya menandakan babak baru pengembangan mobil Toyota ke depannya di Indonesia yang lebih modern dan banyak fitur. Model yang selanjutnya berpotensi hadir dengan konsep serupa adalah Low SUV Toyota Rush, yang secara fitur rupanya perlu peningkatan juga seperti Avanza anyar.

Maklum keduanya hadir dikembangkan menggunakan platform yang sama. Khususnya pada generasi kedua. Pun dengan generasi ketiga Avanza, rancang bangunnya akan berbagai dengan model lain. Hanya saja Toyota Indonesia belum bersuara lebih lanjut agar tidak menimbulkan spekulasi. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 02

Toyota Rush GR Sport punya fitur Idling Stop

Baca Juga: Toyota Avanza FWD Hadir, Akankah Toyota Rush tak Diproduksi?

Bila membandingkan kedua model, sebenarnya masing-masing memiliki fitur unggulan. Ada berbagai peranti dan perangkat yang dimiliki Toyota Rush tapi tidak dimiliki Toyota Avanza, begitu pun sebaliknya. Namun berdasarkan pengamatan kami, fitur di Toyota Avanza terbaru lebih banyak ketimbang Toyota Rush.

Apa saja fitur dan perbedaan tersebut? Mari kita bahas bersama, semoga saja bisa menjawab rasa ingin tahu Anda saat hendak bingung memilih mau Low MPV terbaru atau Low SUV terlaris se-nusantara. 

1. Toyota Safety Sense (TSS)

Toyota Avanza merupakan MPV termurah pabrikan yang memiliki paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Semuanya bekerja memanfaatkan teknologi pencegah terjadinya tabrakan, sehingga juga akrab disebut sebagai asisten mengemudi. Dengan fitur ini, Avanza semakin naik kelas lagi bukan Low MPV biasa. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 01

TSS sudah ada di All New Avanza

Biasanya TSS dapat ditemukan di mobil-mobil mewah dan premium Toyota. Namun kini bisa ditemukan di produk yang harganya di bawah Rp300 juta. Toyota Raize, SUV mungil yang belum lama ini meluncur juga memilikinya. Namun TSS di Avanza tak selengkap Raize, minus Adaptive Cruise Control. Berikut selengkapnya: 

  • Lane Departure Assist
  • Pedal Misoperation Control
  • Front Departure Alert
  • Pre Collision System
  • Rear Crossing Traffic Alert
  • Blind Spot Monitoring

2. Transmisi Matic CVT

Yang satu ini juga kami masukkan sebagai fitur karena, merupakan perangkat keras yang ikut menunjang kemudahan dan kenyamanan berkendara. Ya, Toyota Avanza terbaru kini sudah menggunakan sistem penggerak matic CVT, tak lagi 4AT konvensional. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 02

Toyota Avanza generasi ketiga pakai matic CVT dan FWD

Selain itu pengemudi bisa menggantinya menjadi mode manual 7-percepatan, agar mobil lebih asyik dikendarai dan mudah mengejar torsi, serta meraih tenaga puncak. Distribusi tenaganya juga tidak lagi disalurkan ke roda belakang, melainkan kini ke roda depan, makanya akselerasinya terasa lebih responsif.

3. T Intouch

Biar unsur pembaruannya lebih banyak, pabrikan juga menyematkan fitur baru lagi yang disebut T Intouch pada Toyota Avanza 2022. Sederhananya sebagai perangkat lunak yang memungkinkan koneksi mobil ke penggunanya melalui mToyota. Fitur ini tak ada di Toyota Rush dan model lain selain Toyota Camry terbaru. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 03

Fitur T Intouch pada All New Avanza

Tujuan utamanya untuk meningkatkan aspek keamanan dan keselamatan para penggunanya. Karena dengan T Intouch bisa mengaktifkan fungsi Find My Car, Geofencing, pengingat perawatan berkala, koneksi langsung ke supoort center dan sistem darurat apabila butuh penanganan teknis yang cepat. 

Baca Juga: Jadi Model Terpisah, Ini Beda Toyota Avanza 2022 dan Veloz 2022

4. Pengaturan Setir Tilt dan Teleskopik

Pengguna Toyota Rush generasi awal tentu ingat bahwa pengaturan setirnya model statis tak bisa diubah. Lalu pada generasinya kedua akhirnya bisa diatur tilt alias naik atau turun, belum maju mundur atau teleskopik. Bagi Anda yang mendambakan pengaturan ini, maka harus pilih Toyota Avanza terbaru karena sudah memilikinya. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 04

Setir Toyota Avanza generasi ketiga kini bisa diatur tilt atau teleskopik

Dalam pengujian kami beberapa waktu lalu, pengaturannya tilt dan teleskopik kemudian ditambah joknya bisa diatur ketinggiannya, membuat postur berkendara mobil baru ini lebih bisa berkompromi. Lebih asyik dikendarai dan tak mudah lelah, sekali lagi membuatnya makin naik kelas bahkan mengungguli Toyota Rush.

5. MID TFT 

Siapa pun yang mengemudi Toyota Avanza 2022 juga bakal dimanjakan dengan pemandangan instrumen panel meter baru. Walaupun masih ada analog penunjuk putaran mesin dan kecepatan, tapi di tengahnya ada layar multi information display (MID) dengan format TFT. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 05

MID TFT di All New Avanza

Dengan begitu bukan cuma bisa menampilkan angka layaknya kalkulator, tapi bisa juga menampilkan animasi serta beberapa pengaturan yang dapat dikontrol melalui tombol di setir. Tampilannya bisa ganti menjadi penunjuk jam, animasi pintu yang terbuka, catatan konsumsi BBM, dan pengaturan lain seperti brightness, buzzer, hingga waktu.

6. Power Outlet dan Port USB di Semua Baris Jok

Kemudian ada fitur lagi di Toyota Avanza baru untuk menunjang kenyamanan siapa saja yang jadi penumpang. Yakni keberadaan fasilitas pengisian daya ponsel pintar yang tersedia dari baris pertama hingga belakang. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 06

Port USB untuk jok baris kedua

Untuk pertama bisa gunakan port USB atau power outlet, baris kedua full port USB, sedangkan bangku di belakang harus menambahkan adaptor tambahan lagi karena masih pakai socket lighter. Toyota Rush juga ada sebenarnya, namun untuk baris kedua masih berupa power outlet.

7. Long Sofa Mode

Terakhir yang menjadi andalan lagi di Toyota Avanza dibanding Toyota Rush adalah long sofa mode, atau jok yang dapat diubah menyerupai sofa. Sehingga bisa dijadikan tempat untuk bercengkerama bersama keluarga di kabin mobil, umpama saat melakukan perjalanan jauh. 

7 Fitur Andalan di Toyota Avanza 2022 yang Bikin Lebih Memikat Ketimbang Toyota Rush 07

Long Sofa Mode di All New Toyota Avanza

Baca Juga: Fiturnya Lebih Lengkap, Sanggupkah Toyota Avanza 2022 Dijungkalkan New Mitsubishi Xpander?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru